10 Tips Memasak Enak dan Praktis Bagi Para Pemula

Tips dan Trik– Hallo bunda, terutama bagi para bunda yang akan belajar memasak. Memasak adalah kegiatan untuk menyiapkan makanan, dengan memanaskan dahulu bahan-bahan tersebut sebelum siap untuk diamakan.

Awal mula memasak pasti bingung, asal memasukan bahan tanpa kira-kira, kadang terlalu asin juga, kadang kelembekan. Pokoknya masih sulit untuk mengatur dan menentukan rasa yang pas. Tenang bunda, Resep mami akan memberikan 10 Tips Memasak Enak Dan Praktis Bagi Para Pemula. Simak kesepuluh tipsnya ya bunda.

 

Sumber: Zoewithhallen

10 Tips Memasak Enak dan Praktis Bagi Para Pemula

  • JANGAN TAKUT UNTUK MEMULAI

Pertama, yang harus diperhatikan adalah jangan takut apalagi malas untuk memulai mencoba. Coba saja perhatikan resep yang akan dimasak secara baik-baik dan ikuti petunjuknya. Jadi, jangan kalau hasilnya tidak sesuai, belajar terus sampai rasanya pas.

  • LAKUKAN PENGAMATAN

Kalau ada Ibu, saudara atau teman sedang memasak, perhatikan baik-baik cara mereka memasak. Jangan malu juga untuk bertanya ya bunda. Dari situ bunda bisa langsung praktekan di rumah, lihat dan rasakan hasil masakan bunda sendiri.

  • LIHAT ACARA MEMASAK

Cara ini juga penting bunda, banyak kan sekarang acara-acara memasak di TV. Cobalah untuk ikuti acara tersebut dan perhatikan baik-baik ketika sang Chef tersebut mengolah bahan. Bisa deh abis itu dipraktekan.

  • MULAILAH DENGAN RESEP YANG SEDERHANA

Mulai aja dulu dengan resep yang sederhana alias gampang, pelan-pelan aja belajarnya. Kalau yang sederhana aja sudah berhasil, baru deh lanjut ke resep selanjutnya. Contohnya adalah merebus telur, kelihatannya gampang ya? Tapi, merebus telur pun juga ada waktunya, disitu juga bisa belajar tentang waktu, jadi bisa kira-kira deh sudah matang atau belum dan ini juga ga bisa diremehkan ya. Karena penting.

  • SIAPKAN SELURUH BAHAN DAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Kalau bunda sudah siap memilih resep, siapkan bahannya dan peralatannya sesuai dengan resep tersebut ya bunda. Jadi, hasilnya ga melenceng jauh gitu deh, dan bahan serta peralatan nya pun ga bingung lagi nanti. Yang penting juga, tidak akan keluar kalimat ” ini bisa diganti dengan itu ga ya?” kalau ingin berhasil dan sama, sesuaikan dengan resep ya bunda.

  • BACA RESEP DENGAN TELITI

Gimana coba kalau bacanya buru-buru? Lalu baru ingat ada yang kelewat saat semua udah mau mateng. Pasti bisa merubah rasa kan? Nah, perlu banget diperhatikan dan dibaca dengan teliti ketika membaca resep. Kalau perlu dihafal dah… hihihihihi… Ini baru awal ya bunda, jangan kebayang ribetnya dulu. Bayangannya harus selalu asyik kalau masak. Biar cepet bisa.

  • PERHATIKAN GARAM

Bunda, ini penting sekali ya, hati-hati kalau memberi garam ke masakan, sedikit dulu. Lalu kalau kurang asin bisa ditambah. Kalau saya sih, masukan garamnya agak akhir-akhir  selesai masak gitu, biar nanti rasanya pas. Nah kalau memang dibutuhkan cara ungkep, ya dikira-kira dulu garam nya, jangan langsung banyak. Takutnya kalau meresap ke daging bisa keasinan dagingnya.

  • JANGAN LUPA CICIPI MASAKAN

Gimana atuh ya kalu ga dicicipi, emangnya dukun?hahahaha. Jadi biar yang makan tidak terkejut nih, gunakan indera perasa kita untuk mencicipinya. Kalau kurang garam atau gula bisa langsung ditambahkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat

  • GUNAKAN BAHAN YANG SEGAR

Selalu gunakan bahan-bahan yang segar agar hasil masakan selalu enak dan tidak perlu menggunakan bumbu yang banyak. Biasanya bahan yang segar, meski dimakan mentah pun sudah terasa enak.

  • AKTIVITAS MEMASAK YANG MENYENANGKAN

Memasak harus menyenangkan, jadi bunda tidak akan terbebani dengan memasak. Contohnya bisa dengan mendengarkan music dangdut sambil goyang-goyang. Asyik kan bunti?? hahahhaha. Karena sesuatu yang dilakukan dengan hati yang gembira itu akan berpengarung pada cita rasa yang akan dihidangkan nanti.

Bonus ya bunda :

  • SABAR

Memasak itu butuh kesabaran, agar masakan terasa enak, jangan tergesa-gesa. Nikmati saja, maka dari itu dapur harus nyaman buat senyaman mungkin meski kecil. Dan sekali lagi ya bunda, pengaturan api dan waktu itu penting.

Selamat mencoba bunda, semoga cepat pinter ya masaknya.

Happy Cooking!

Nilai Kualitas Konten