Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang dibutuhkan oleh manusia di segala usia. Manusia membutuhkan beragam nutrisi untuk menjalani hidup yang sehat dan aktif. Untuk menyediakan nutrisi ini, maka harus ada asupan makanan yang tepat sehubungan dengan kebutuhan manusia yang diperlukan.

Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan berkurangnya kekebalan, meningkatnya kerentanan terhadap penyakit, gangguan perkembangan fisik dan mental, dan berkurangnya produktivitas. Pola makan sehat yang dikonsumsi sepanjang masa hidup membantu mencegah malnutrisi dalam segala bentuknya serta beragam penyakit. Apa sajakah makanan yang termasuk dalam 4 sehat lima sempurna itu sendiri?

Daftar Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pola makanan yang  seimbang adalah dengan mengkonsumsi  makanan yang mengandung semua nutrisi kebutuhan sehingga semuanya bisa terpakai. Salah satu masalah gizi paling umum adalah berat badan lahir rendah, malnutrisi energi protein pada anak-anak, defisiensi energi kronis pada orang dewasa, malnutrisi mikronutrien, dan penyakit tidak menular terkait pola makan.  Lalu apa sajakah makanan yang baik untuk dikonsumsi manusia?

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah kebutuhan utama yang perlu dikonsumsi oleh manusia. Beberapa makanan di bawah ini mengandung karbohidrat yakni :

  •  Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum

Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia dan mengandung gula yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien yang dibutuhkan tubuh manusia setiap hari.

Ada dua jenis utama karbohidrat: serat pati dan gula. Pati sering disebut sebagai karbohidrat kompleks. Mereka ditemukan dalam kacang-kacangan biji-bijian dan sayuran bertepung seperti kentang dan jagung. Gula dikenal sebagai karbohidrat sederhana. Ada gula alami dalam sayuran, buah-buahan, susu dan madu. Gula ditambahkan ditemukan dalam makanan olahan sirup minuman manis dan permen.

Mengapa Anda membutuhkan karbohidrat? Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh Anda. Karbohidrat membantu bahan bakar otot-otot jantung dan sistem saraf pusat otak Anda. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat membantu pencernaan Anda dan membantu Anda merasa kenyang dan menjaga kadar kolesterol darah.

Tubuh Anda dapat menyimpan karbohidrat ekstra di otot dan hati untuk digunakan saat Anda tidak mendapatkan cukup karbohidrat dalam makanan. Diet yang kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, sulit berkonsentrasi, sembelit, bau mulut, kekurangan vitamin, dan mineral.

Makanan kaya karbohidrat sehat (mengandung 12 gram karbohidrat atau lebih per porsi) termasuk

  • Serealia utuh: quinoa, beras merah, oatmeal, pasta gandum dan sereal sarapan gandum
  • Buah-buahan: beri, buah jeruk, melon, apel, pir, pisang dan buah Kiwi
  • Umbi-umbian : ubi, jagung. kacang polong dan wortel
  • Kacang-kacangan : kacang hitam, kacang pinto, kacang navy, kacang polong dan kacang kedelai
  • Produk susu: susu rendah lemak, yogurt tawar dan yogurt kedelai

2. Lauk pauk

Kategori makanan 4 sehat 5 lauk berikutnya adalah lauk pauk seperti daging yang mengandung protein hewani seperti ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek. Selain itu kebutuhan lauk pauk juga bisa dipadukan dengan protein nabati seperti tahu dan tempe. Protein adalah bagian penting dari makanan.

Protein membantu membangun, memperbaiki, dan memelihara struktur tubuh. Makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan dapat memberikan protein. Protein ada di seluruh tubuh, dalam segala hal mulai dari otot dan organ hingga tulang, kulit, dan rambut. Tubuh tidak menyimpan protein seperti halnya makronutrien lain, jadi protein ini harus berasal dari makanan.

Protein terdiri dari asam amino. Tubuh seseorang membutuhkan keseimbangan dari 22 jenis asam amino agar berfungsi dengan benar. Beberapa produk hewani yang menghasilkan sumber protein lengkap, adalah

  • Ikan
  • Berbagai jenis telur
  • Produk susu, seperti keju, susu, dan whey
  • Daging merah dari sapi, kambing, dan rusa
  • Unggas dari sumber seperti ayam, kalkun, dan burung puyuh
  • Daging dari sumber yang kurang umum, termasuk kelinci, dan kuda

Sementara sumber protein lengkap yang bisa Anda konsumsi adalah :

  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Gila
  • Kacang polong
  • Polong-polongan
  • Buah-buahan tertentu, seperti alpukat
  • Kedelai
  • Rami
  • Kacang polong

3. Sayur-sayuran

Menu 4 sehat 5 sempurna yang penting untuk dikonsumsi oleh tubuh manusia selanjutnya adalah sayur-sayuran. Manfaat dari mengkonsumsi sayur-sayuran sendiri sangatlah banyak. Sayuran adalah bagian penting dari makanan sehat dan menyediakan banyak sumber nutrisi, termasuk kalium, serat, folat (asam folat) dan vitamin A, E dan C.

Anda bisa memilih untuk makan brokoli, bayam, tomat dan bawang putih karena mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Makanan yang terbuat dari sayuran juga membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Kemudian sayuran juga membantu tubuh membentuk sel darah merah yang sehat. Wanita usia muda dan sedang hamil di trimester pertama membutuhkan folat yang cukup untuk mengurangi resiko cacat tabung saraf dan spina bifida selama perkembangan janin.

4. Buah-buahan

Buah-buahan sangat penting untuk menjaga kesehatan manusia. Makan buah memberikan manfaat kesehatan karena bisa terhindar dari risiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh Anda. Sebagian besar buah-buahan secara alami rendah lemak, sodium, dan kalori. Tidak ada buah yang memiliki kolesterol.

Buah-buahan adalah sumber dari banyak nutrisi penting yang kurang dikonsumsi, termasuk kalium, serat makanan, vitamin C, dan folat (asam folat). Diet kaya potasium dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Sumber buah kalium yang baik untuk tubuh dan perlu Anda konsumsi adalah :

  •  Pisang
  • Blewah
  • Melon
  • Jeruk

Serat makanan dari buah-buahan juga baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Serat penting untuk fungsi usus yang baik karena membantu mengurangi sembelit dan diverticulosis. Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan membantu memberikan rasa kenyang dengan kalori lebih sedikit.

5. Susu

Sebagai penyempurna dalam pola konsumsi makanan Anda, maka minumlah susu. Susu baik untuk tulang karena menawarkan sumber kalsium yang kaya, mineral yang penting untuk tulang dan menguatkan gigi.

Susu yang baik bisa berasal dari sapi karena diperkaya dengan vitamin D, yang juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kalsium dan vitamin D membantu mencegah osteoporosis.

Vitamin D juga berperan dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ada risiko kematian akibat kanker kolorektal yang lebih tinggi di lokasi geografis yang menerima sinar matahari paling sedikit. Susu juga mengandung vitamin D yang dapat menawarkan perlindungan yang serupa. Susu sapi adalah minuman yang telah diperkaya dengan vitamin D.

Jadi agar tubuh Anda selalu sehat, konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang telah dijelaskan di atas, ya!

Nilai Kualitas Konten

1 thought on “Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna”

Leave a Comment