Lasagna atau Lasagne berikut Pengertiannya

Lasagna/Lasagne
Lasagna/Lasagne

Resep Mami–  Lasagna / Lasagne adalah jenis pasta lebar, berbentuk persegi panjang, rata, mungkin salah satu jenis pasta tertua. Lasagna, atau lasagna tunggal, biasanya mengacu pada hidangan kuliner yang dibuat dengan lapisan-lapisan pasta bergantian dengan saus dan bahan-bahan seperti daging, sayuran dan keju, dan kadang-kadang atasnya ditaburi dengan keju parut yang meleleh.

Biasanya, pasta yang dimasak disusun dengan bahan-bahan lain dan kemudian dipanggang dalam oven. Casserole lasagna yang dihasilkan akan dipotong persegi untuk setiap porsinya.

Lasagna berasal di Italia selama Abad Pertengahan dan secara tradisional dianggap berasal dari kota Naples. Resep yang ditulis dan disimpan pertama kali ditetapkan pada awal abad ke-14 Liber de Coquina (Buku Masak). Itu hanya memiliki sedikit kemiripan dengan bentuk lasagna tradisional, menampilkan adonan yang difermentasi diratakan menjadi lembaran tipis, direbus, ditaburi keju dan rempah-rempah, dan kemudian dimakan dengan menggunakan tongkat runcing kecil.

Resep yang ditulis pada abad setelah Liber de Coquina merekomendasikan merebus pasta dalam kaldu ayam dan membalutnya dengan keju dan lemak ayam. Dalam resep yang disesuaikan dengan puasa Prapaskah, kacang walnut direkomendasikan dalam resep ini.

Lasagna

asli Napoli yang disebut dan terkenal dengan nama lasagne di carnevale, diisi dengan sosis lokal, bakso goreng dengan ukuran kecil, telur ayam yang direbus, keju ricotta dan keju mozzarella setelah itu dihidangkan dengan Neapolitan ragù (saus daging khas Napoli).

Lalu kalau Lasagna al forno, lapisannya ini diisi dengan saus yang lebih tebal seperti Ragu Bolognese dan saus Béchamel (yang sering disebut dengan saus putih) dan sesuai dengan bentuk sajian yang sudah umum sekalidi luar Italia, secara tradisional dikaitkan dengan wilayah Emilia-Romagna di Italia. Yang lebih sering kita lakukan adalah lasagna tersebut dipanggang (al forno).

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Secara tradisional, adonan pasta yang disiapkan di Italia Selatan menggunakan semolina dan air, di daerah utara, di mana semolina tidak tersedia, tepung dan telur digunakan. Di Italia modern, karena satu-satunya jenis gandum yang diizinkan untuk pasta yang dijual secara komersial adalah gandum durum, lasagna komersial terbuat dari campuran semolina dari gandum durum.

Ekonomi pertanian intensif Emilia-Romagna di wilayah utara Italia menghasilkan banyak produk susu dan daging, dan kesamaan dalam masakan daerah – lebih daripada minyak zaitun yang ditemukan di daerah selatan Italia. Pasta dari Emilia-Romagna dan ibukotanya, Bologna, hampir selalu disajikan dengan saus ragu, saus kental yang terbuat dari bahan-bahan seperti bawang, wortel, daging babi dan sapi, seledri, mentega, dan tomat.

Untuk kita sendiri terkadang belum tahu saus apa saja yang digunakan untuk membuat lasagna bukan? terutama untuk saus putihnya (bechamel)

Ini dia resepnya Lasagna:

Bahan-bahan:

  • 40 gram mentega tawar (unsalted butter) bisa juga menggunakan margarin jika tidak suka menggunakan mentega
  • 4 sdm tepung terigu
  • 350 ml susu sapi cair yang full cream atau rendah lemak juga bisa
  • Pala bubuk secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya
  • Kaldu ayam atau sapi secukupnya (optional)

Cara membuatnya:

  1. Panaskan semua bahan tersebut pada api kecil sampai mendidih.
  2. Saus siap digunakan.

Baca Juga: Fettuccine Itu Pasta Apa Sih? Simak Penjelasannya

Nilai Kualitas Konten