Apa Sih, Bedanya Margarin vs Mentega (Butter)?

Diposting pada

Peredaan Margarin vs Mentega (Butter)?  Sebenarnya masih banyak orang-orang yang menganggap mentega itu adalah margarin padahal itu beda sekali. Terutama ketika saya membeli bahan kue di toko kue, banyak sekali diantara mereka itu menyebut margarin dengan ” mentega”, lalu mereka sebut mentega adalah butter, berbeda juga dengan roombutter.

Nah, agar tidak “tersesat” ketika berbelanja di toko bahan kue kenali dulu perbedaan antara margarin dan mentega (butter).

Untuk penampakanan nya nih, kalau margarin itu berwarna kuning yang terang, tidak mudah meleleh juga ketika disimpan pada suhu ruangan dan aromanya kurang. Sedangkan mentega (butter) mempunyai warna kuning yang pucat, gampang sekali meleleh saat disuhu ruangan dan mempunyai aroma “creamy” gitu.

Untuk komposisinya, mentega biasanya mengandung lemak nabati, garam dan air. Nah kalau butter mengandung lemak hewani, sering lihat kan kalau ke supermarket ketika membeli mentega (butter)akan selalu disimpan dilemari pendingin. Tujuan nya agar tidak cepat meleleh ketika di simpan disuhu ruangan.

Untuk penggunaan nya sama juga sih, margarin bisa untuk membuat kue kering, menumis maupun membuat kue basah. Mentega juga bisa untuk menumis, membuat kue basah dan kue kering. Kalau orang luar negeri pasti akan sering menggunakan mentega (butter) karena di sana mentega lebih murah dari pada margarin. Kebalikan nya di negara kita, akan banyak sekali menemukan margarin dan lebih murah juga harganya dibandingkan dengan mentega (butter).

Baca Juga: Clarified Butter, Brown Butter dan Ghee Apa sih Bedanya?

Perbedaan Komposisi Dan Fisik

Gambar:bukalapak

Kalau dilihat dari bahan dasarnya, mentega mengandung lemak nabati dengan campuran pengemulsi yang menjadikan tekstur nya ini setengah padat. Dibandingkan dengan mentega, margarin ini mempunyai sedikit lemak tak jenuh dari pada mentega itu artinya mentega lebih sehat.

Secara fisik juga perebedaan warna margarin kuningnya akan lebih terang dibanding dengan mentega yang mempunyai warna yang lebih pucat. Tidak cepat meleleh disuhu ruangan dengan rasa yang lebih asin.

Mentega atau bahasa Inggris nya adalah butter mengandung lemak hewani yang berasal dari krim susu. Itulah sebabnya mentega lebih banyak mengandung kalori dan lemak tak jenuh. Kalau untuk saya pribadi, lebih suka dengan aromanya yang wangi susu. Dan jangan terlalu lama disimpan diluar terlalu lama, biasanya sih mudah berubah rasanya menjadi tengik.

Baca Juga: Resep Mentega Berbumbu (Compound Butter) Alla Resto

Perbedaan Untuk Penggunaan

Sumber: dudeforfood

Untuk menumis biasanya kita sering menggunakan margarin karena beraroma dan lebih gurih. Tapi sebenarnya sih tidak terlalu berbeda dengan margarin. Kalau di luar negeri biasanya menumis, membuat kue basah ataupun kering menggunakan mentega karena di luar negeri mentega (butter) itu murah banget, jadi mereka lebih sering mengkonsumsi mentega daripada margarin. Berbeda dengan negara kita margarin akan lebih murah sekali dibanding dengan harga mentega. Bahkan di luar negeri untuk membuat “butter cream”, menggunakan 100% mentega dicampur dengan gula bubuk dan susu cair. Mentega bisa juga untuk buttercream lho, menggunakan 100% margarin dicampur dengan gula bubuk dan susu cair.

Contoh merk margarin yang terkenal di negara kita adalah : blue band, filma, forvita dan palmia.

Contoh merk mentega (butter) yang terkenal di negara kita adalah : anchor, orchid, elle & vire, wijsman dan golden churn.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk bunda sekalian.

Baca Juga: Resep Ayam Kodok, Sajian Untuk Natal Dan Acara Penting

Nilai Kualitas Konten