Baca Selengkapnya, Ini Adalah Arti Chef Yang Benar!

Arti Chef
Gambar : Chef memasak

Resep Mami– Banyak yang masih bingung atau bahkan hanya sekedar tahu saja bahwa Chef itu adalah tukang masak atau juru masak. Ya ada benarnya juga sih, tapi secara profesional ternyata artinya berbeda. Nah, ingin tahu lebih dalam kan? simak ulasannya berikut ini ya.

Jadi, Chef atau juru masak (koki) adalah bertugas untuk menyiapkan hidangan untuk disantap. Nah, Chef ini adalah kepala masak nya. Jadi kalau di restoran gitu kan pasti ada tim untuk menyiapkan hidangan di dapur restoran tersebut. Ada tugas-tugas yang dibagi untuk keseluruhan tim dan pasti ada kepala tim nya, nah Chef itu ya kepala tim nya (kepala Koki). Kalau koki pada suatu dapur restoran ini tidak berpengaruh pada kreatfitas hidangan dan tanpa ada pengaruh apapun pada dapur tersebut, tapi bos yang otomatis berpengaruh penting di dapur itu adalah Chef (kepala Koki). Nah, kalau restoran cepat saji biasanya tidak membutuhkan Chef karena menu mereka yang hanya dijasikan dengan secara cepat dan konsisten, restoran cepat saji seperti ini hanya membutuhkan koki.

Kata Chef sendiri adalah berasal dari bahasa Perancis (Chef de cuisine) yang artinya adalah kitchen director atau orang yang bertugas mengepalai dapur. Seorang kepala koki (chef) ini bertugas mengatur segala sesuatu yang terjadi di dapur. Dari kreasi menu, penentu makanan, memilih bahan-bahan yang berkualitas, mempersiapkan memasak sampai dengan hasil akhir yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: Macam-Macam Teknik Dalam Memasak

Untung jenjang karir yang ditempuh, biasanya akan menempuh dari yang paling bawah dulu yaitu:

Arti Chef  Yang Benar!

Cook Helper atau bisa disebut juga dengan kitchen assistants yang membantu menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak. Lalu ada commis yang pekerjaannya mirip dengan kitchen assistants tapi posisi pekerjaannya lebih tinggi gitu. Lalu ada demi chef dan chef de partie yang kerjaannya mengawasi pekerjaan anak buah dan sambil turun tangan langsung juga dan memberi laporan ke atasnya lagi, ya bisa disebut dengan supervisornya gitu.

Nah demi chef dan chef de partie ini melaporkan kepada sous chef  yang bertanggung jawab pada seluruh resep yang dimasak. Lalu sous chef ini melaporkan kepada executive chef yang bertanggung jawaba atas semua urusan yang ada di dapur (ini adalah posisi paling atas). Kalau koki ini pekerjaannya bagus, dalam satu tahun bisa naik satu tingkatan lho. Cepet juga ya jenjang karirnya.

Dijabarkan lebih luas lagi ya sepertinya ada yang masih kurang puas dengan penjelasannya kan? yang akan dijabarkan berikut ini adalah tugas-tugas yang bekerja di dapur ya bunda dan tidak semua dapur restoran memiliki posisi seperti yang disebutkan  di bawah ini:

EXECUTIVE CHEF

Bertanggung jawab atas semua dan segalanya yang berada di dapur, termasuk membuat menu-menu kreatif yang akan dihidangkan kepada pelanggan restoran, lalu juga bertanggung jawab atas managemen staff yang dipakai dan termasuk dengan jasa catering yang ditawarkan oleh resrotan tersebut. Nah posisi seperti ini akan butuh orang yang berpengalaman tentunya butuh chef yang akan bertanggung jawab kesemuanya dan tidak ragu juga untuk terjun langsung dan dalam arti tetap yang disebut dengan juru masak.

CHEF DE CUISINE

Hampir mirip dengan executive chef sih tugasnya, hanya ini adalah penamaan untuk restoran-restoran yang bergaya Amerika atau Eropa saja. Nah contohnya kalau restoran tersebut buka cabang (buka di tempat yang berbeda) nih di suatu daerah, biasanya chef de cuisine ini yang bertanggung jawab untuk keseluruhannya.

SOUS CHEF

Sous chef ini adalah asisten dari executive chef dan bidangnya pun sama. Bisa dikatakan juga, sous chef ini adalah wakil dari Executive Chef, selain itu dia bisa bertanggun jawab untuk memberikan atau membuat jadwal atau membuat record yang diperlukan oleh executive chef saat sedang libur bekerja.

EXPEDITER OR ANNOUNCER (ABOYEUR)

Tugasnya  untuk mengantarkan makanan dari tempat makan ke dapur dan posisi ini biasanya bisa juga untuk memberikan sentuhan terakhir pada suatu hidangan sebelum dibawa ke meja pelanggan. Meskipun pekerjaan ini juga biasanya dihandle oleh executive chef atau sous chef.

CHEF DE PARTIE

Disebut juga dengan station chef atau line cook, bertanggung jawab di area tertentu yang sudah ditunjuk dan diatur sebelumnya. Dan station chef ini juga bisa mempuanya juru masak atau asisten lain nya juga untuk membantu memasak makanan.

SAUTE CHEF (SUCIER)

Posisi ini adalah posisi dimana seorang juru masak bertugas untuk menumis (saute) berserta saus-saus yang melengkapinya.

FISH CHEF (POISSONIER)

Tugasnya adalah untuk menyiapkan hidangan berupa ikan dan seafood dengan pelengkapnya, bisa juga posisi ini disebut dengan sucier.

ROAST CHEF (ROTISSEUR)

Juru masak ini bertugas khusus untuk memanggang dan mengukus bersama dengan pelengkapnya.

GRILL CHEF (GRILLARDIN)

Posisinya mirip dengan rotisseur yang bertanggung jawab pada masakan barbekyu dan pelengkapnya.

FRY CHEF (FRITURIER)

Biasanya posisi ini bertanggung jawab pada hidangan yang digoreng dan bisa juga dikombinasikan dengan pekerjaan Rotisseur.

VEGETABLE CHEF (ENTREMETIER)

Juru masak ini bertugas untuk menyiapkan hidangan berupa soup dan salad.

ROUNDSMAN ( TOURNANT)

Posisi ini dibutuhkan saat bagian yang kosong yang membutuhkan juru masak di station suatu dapur.

COLD FOOD CHEF ( GARDE MANGER )

Bisa disebut dengan pantry chef, tugasnya adalah untuk menyiapkan makanan dingin seperti salad, appertizer dingin dan semuanya yang dingin deh pokoknya.

BUTCHER (BOUCHER)

Tugasnya ada pada bagian station daging dan ikan, yang memotong-motong.

PASTRY CHEF (PATISSIER)

Bertugas untuk menyiapkan pastry dan hidangan pencuci mulut yang bervariasi. Dan terkadang atau seringnya, posisi ini memiliki dapur tersendiri.

Nah, itu tadi berbagai macam posisi dalam dunia perdapuran disebuah restoran besar. Jadi, untuk menjadi Chef pun itu harus sekolah dulu. Terutama yang ingin masuk ke restoran berbintang dan hotel berbintang. Untuk jejang karirnya pun juga bagus lho, gajinya pun besar. Untuk bekesempatan bekerja di luar negeri pun juga terbuka lebar, tentunya dengan gaji yang lebih tinggi dan pengalaman yang tinggi pula.

Biasanya  kalau sudah sekolah memasak ini, akan ada pilihan. Akan menjadi chef atau untuk usaha?

Nah biasanya kalau untuk menjadi Chef, nanti juga akan magang diberbagai restoran yang ada di Hotel-hotel Bintang  Lima di Indonesia. Biasanya magang selama tiga bulan dan itu lumayan kan, sudah “mencicipi” dapur nya Hotel Berbintang Lima dengan standrad International.

Merasakan bekerjasama dengan tim dan merasakan menjadi bagian dari Hotel Berbintang Lima atau Restoran besar adalah kebanggaan tersendiri bagi seorang Chef. Apalagi berada di Luar Negeri, bisa jadi sampai ke Indonesia lagi bisa jadi Executive Chef. Atau malah bisa buka usaha sendiri seperti restoran atau membuka sekolah memasak.

Jadi, untuk menjadi chef itu harus belajar dulu ya. Tidak bisa asal sebut anda adalah chef. Kalau ingin disebut chef ya belajar dulu.

Baca Juga: 4 Resep Menu Soup Chef Julia Child

Nilai Kualitas Konten

Leave a Comment