Bagaimana Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat

Semua orang sepertinya punya pendapat sendiri terhadap kopi. Mencium harumnya kopi saja sudah membuat semangat muncul kembali. Saat meeting pun juga ada jam minum kopi, itu membuat seluruh badan serasa segar. Sesekali membuat secangkir kopi buatan sendiri itu lebih nikmat lho… Bagaimana Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat?

Pertama yang perlu disiapkan adalah:

Percolator

Percolator
Percolator

Percolator ini adalah alat dari Italia sudah sejak zaman dulu (klasik), sebelum metode drip ditemukan. Alat ini bisa membuat espresso yang nikmat yang bisa digunakan untuk latte, capuccino dan flat white. Alat ini bisa digunakan untuk membuat 1-2 cangkir. Bagaimana cara pemakaiannya?

  1. Mulai dengan mengisi bilik bawah dengan air panas sampai tepat dibawah katup uap.
  2. Setelah itu masukan kopi bubuk yang kasar pada tempat yang berbentuk seperti saringan sampai penuh dan ditekan-tekan pelan.
  3. Letakan percolator diatas api sedang, biarkan sampai 5 menit atau tunggu sampai kopi mencapai permukaan.
  4. Matikan api, kopi siap dituang ke dalam cangkir.

Tips: Gunakan air yang baru saja direbus untuk mengisi percolator, kalau tidak percolator akan menjadi sangat panas karena mendidihkan air dingin terlebih dahulu. Itu bisa membuat kopi terlalu panas dan merusak rasa kopi.

Aeropress

Aeropress
Aeropress

Aeropress adalah alat untuk membuat kopi yang bisa dibawa kemana-mana dan tidak mudah pecah. Alat ini mengandalkan tekanan pada proses ekstrasinya dan menggunakan penyaring yang berbasis kertas. Meskipun alatnya sederhana dan menggunakannya dengan cara manual, tapi espresso yang dihasilnya juga rasanya menjanjikan. Sempat juga ada lomba membuat kopi dari alat ini lho, itu diseluruh dunia. Bagaimana cara membuat kopi dengan aeropress ini?

  1. Taruh aeropress secara terbalik.
  2. Letakan kertas filter pada alat yang seperti saringan lalu basahi dengan air panas (bilas) biar kertas filter bisa mengunci lebih rapat.
  3. Masukan 1 sdm kopi bubuk ke dalam aeropress dan tambahkan air panas 1 cangkir, aduk dan biarkan sekitar 1 menit.
  4. Lalu tutupkan alat yang berbentuk seperti saringan yang sudah ada kertas filter basahnya ke aeropress, putar sampai rapat. Letakkan cangkir diatasnya, lalu balik cangkir dan aeropressnya.
  5. lalu tekan aeropress  perlahan-lahan sampai tinggal ampas kopinya saja. Dan kopi espresso siap dinikmati.

Tips: Kalau mendengar suara mendesis, berhenti menekan alatnya.

Baca Juga : Membuat Cappuccino Di Rumah Tanpa Mesin Kopi

French Press

French Press
French Press

French press ini juga dikenal sebagai cafetiere, adalah seperangkat peralatan pembuatan beer yang terkenal. French press ini adalah alat terbaik untuk membuat kopi dengan cara yang cepat dan bisa untuk 5-6 cangkir. Alat ini juga bisa untuk membuat minuman teh tapi dengan menggunakan teh tubruk ya. Kesalahan orang menggunakan french press ini adalah banyak yang menggunakannya salah dan karena itulah tidak mendapatkan  ekstraksi dengan tepat. Jadi jangan menyalahkan alatnya ya karena kopi yang dihasilkan tidak enak. Mungkin karena caranya yang salah.

Lalu, bagaimana cara membuat kopi dengan alat ini?

  1. Isi french press dengan 6 sdm kopi bubuk kasar (jumlahnya tergantung berapa ukuran french press yang dipunya gunakan rasio air-kopi 10:1 sebagai panduan).
  2. Tambahkan air panas (96 derajat C) lalu aduk.
  3. Lalu seduh kopi selama 4 menit, jangan ditutup.
  4. Setelah itu ambil kopi yang mengapung dengan sendok, lalu pasang penutupnya.
  5. Tekan perlahan-lahan, setelah itu sajikan.

Tips: mengambil kopi dan busa yang mengapung dipermukaan akan menghasilkan kopi yang bersih.

Drip Filter

Drip Filter
Drip Filter

Pernah tahu kan alat yang ada digambar? itu adalah drip filter cara klasik, kalau yang lebih modern biasanya sering kita jumpai ada di kantor, cafe ataupun di rumah pribadi. Orang-orang Amerika biasanya yang menggunakan alat modern tersebut. Menggukan alat sederhana yang ada digambar tersebut menghasilkan rasa kopi yang lebih mantab. Caranya bagaimana?

  1. Tempatkan kerucut diatas wadah dan masukan filter kertas ke dalam kerucut.
  2. Masukan air mendidih keatas saringan dan biarkan airnya menetes ke dalam wadah, ini akan menghilangkan rasa tepung dan membantu kopi menetes dengan mudah.
  3. Buang airnya dan posisikan kembali kerucut diatas wadah.
  4. Masukan kopi bubuk kasar ke dalam saringan kertas.
  5. Perlahan-lahan tuangkan air panas (30 ml atau lebih) dengan gerakan memutar, mulai dari tengah, belakang, ke depan.
  6. Sekitar 1 menit, tuangkan lebih banyak air panas dengan gerakan memutar seperti tadi, tambahkan air sampai dengan yang diinginkan.
  7. Setelah itu biarkan proses menyeduh dan menyaring ini sampai sekitar 1-2 menit (sampai tetesannya habis)
  8. Setelah itu, lepaskan kerucut dan siap dinikmati.

Cold Brew

Cold Brew
Cold Brew

Cara yang satu ini adalah cara menyeduh kopi yang paling lama, tapi jangan salah. Kopi yang dihasilkan mantab dan kandungan asamnya rendah. Setelah jadi, bisa ditambahkan air panas atau air biasa dan es. Istilah ini mengacu pada cara menyeduh bubuk kopi dan air matang (air suhu normal) dalam suhu ruangan selama 12 jam atau lebih. Caranya bagaimana?

  1. 250 gram biji kopi digiling tapi jangan terlalu lembut, masih kasar-kasar dikit gitu.
  2. Tempatkan ke dalam mangkuk besar, dan tuangkan air (yang filter) 1 L.
  3. Tutupi mangkuk dengan handuk dan biarkan selama 20-24 jam.
  4. Setelah itu, saring kopi 2 kali. Proses pertama saring kopi menggunakan saringan, setelah itu saring lagi menggunakan kain yang khusus untuk menyaring yang sudah bersih.
  5. Setelah itu pindahkan ke dalam botol yang ditutup dengan rapat(bisa bertahan 2 minggu).

Nah, gimana pecinta kopi? tertarik mencoba semuanya?

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat”

Leave a Comment