Beda Baking Soda (Soda Kue) dan Baking Powder

Tips dan Trik- Mungkin ada beberapa buntik yang masih asing dan ga tau bedanya baking soda (soda kue) dan baking powder kan? Kedua bahan ini memang penting sekali dalam pembuatan kue dan penting untuk sebagai pengembang kue. Cara kerja mereka adalah dengan memberikan gelembung-gelembung seperti soda (karbondioksida) jadi volume kue jadi semakin mengembang.

Kadang juga bisa salah satu dipakai atau bahkan bisa keduanya dipakai dalam saru resep pembuatan cake. Walaupun kedua bahan ini memiliki fungsi yang sama, tapi ternyata berbeda lho kandungannya. Dan ternyata juga penggunaanya juga berbeda disetiap resep kue.

Resep Mami  sekarang akan kasih tahu nih perbedaan dari kedua bahan tersebut.

Baking Soda
Baking Soda

KANDUNGAN BAHAN

Baking soda atau soda kue adalah pengembang kue yang memiliki kandungan 100% zat kimia yang diberi nama sodium/natrium bikarbonat, nah kalau baking powder ada bahan tambahan lainnya seperti cream of tartar yang bersifat asam dan bahan pengering.

FUNGSI BAHAN

Meskipun nih ya fungsinya sama sebagai pengembang kue, tapi ga bisa sembarangan mengikut sertakan kedua bahan ini ke dalam resep kue ya buntik. Kalau baking soda nih paling cocok dipakai untuk resep kue yang dioleh dengan cara dikukus atau dipanggang. Nah kalau baking powder lebih cocok dengan resep kue yang tidak mengandung asam dan lebih baik digunakan untuk kue kering.

PENGGUNAAN PADA ADONAN KUE

Baking Powder
Baking Powder

Kalau buntik membuat kue dengan menggunakan bahan yang mengandung asam seperti susu, coklat, yogurt dan buttermilk atau jenis bahan lainnya yang mengandung asam, sebaiknya sih gunakan baking soda aja sebagai pengembangnya. Baking soda atau soda kue tidak akan bereaksi dengan sendirinya tanpa senyawa asam yang terkandung dalam bahan-bahan kue.

Kalau baking soda ini ditambahkan ke dalam adonan kue, maka reaksi kimianya akan segera terjadi seiring dengan kenaikan suhu. Jadi itulah sebabnya buntik harus segera memanggang atau mengukus adonan tersebut ya. Kalau didiamkan terlalu lama, yang akan terjadi adalah adonan kue tidak mau mengembang alias bantat.

Untuk adonan yang tidak menggunakan bahan asam akan lebih cocok menggunakan baking powder. Ada 2 jenis baking powder yang bisa dipakai untuk mengembangkan kue, double acting dan single acting. Lalu adonan kue yang mengandung double acting akan tetap mengembang jika dikukus atau dipanggang dan bisa tahan lama diruangan. Kalau untuk yang single acting nya akan bisa menghasilkan kue yang bantat kalau tidak segera dikukus atau dipanggang.

PERBEDAAN PENGARUH PADA RASA KUE

Kue yang mengandung baking soda, biasanya mempunyai rasa yang lebih getir. Itulah kenapa baking soda tidak digunakan terlalu banyak. Tapi biasanya sih rasa getirnya itu akan tertupi dengan bahan asam seperti yogurt.

Kalau baking powder tidak akan menimbulkan rasa getir pada kue, meskipun penggunaanya cukup banyak. Karena ya tadi itu, baking powder sudah memiliki kandungan asam.

Kira-kira begitulah buntik beda antara Baking Soda (Soda Kue) dan Baking Powder.

Baca Juga: Resep Ayam Saus Jeruk Versi Mami

Nilai Kualitas Konten