Black Forest Cake yang Harus Kamu Tahu ( Fakta )

Diposting pada

Asal Usul Nama Black Forest Cake

Black forest cake merupakan salah satu kue yang tak lekang oleh waktu. Kue tart ini sangat terkenal dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Banyak orang menilai black forest sebagai kue coklat terlezat dan cocok untuk suasana apapun. Cake ini paling cocok untuk kue tart dengan ke-khas-an irisan coklat yang melengkung sebagai topping. Rasa coklat sebagai dasar cake ditambah dengan krim dan buah cherry membuat setiap orang menginginkan kue ini. Tak hanya rasanya yang menarik, Black Forest juga memiliki sejarah yang unik.

Black forest cake bukanlah nama asli dari kue ini. Pada awalnya, roti coklat ini bernama Schwarzwald yang berarti hutan hitam. Nama tersebut diambil dari sebuah Provinsi di Baden-Württemberg, Jerman. Pada mulanya, balck forest hanyalah desert atau makanan penutup saja. Desert ini dibuat dengan  campuran krim, cherry danjuga air saribuah cherry. Air sari buah cherry ini disebut kirschwasser dan sebagian saribuah ini mengandung alcohol. Oleh karena komposisi bahannya, kue ini pada awalnya diberi nama Schwarzwälder Kirschtorte oleh orang Jerman. Dalam bahasa Indonesia, nama tersebut berarti kue cherry hutan hitam.

Dikarenakan daerah Baden-Württemberg tepatnya di hutan Schwarzwald memiliki banyak cherry dengan kualitas bagus, black forest hanya dapat ditemukan di sini. Di daerah ini buah cherry masam tumbuh dengan subur. Begitu pula dengan brandy cherry yang merupakan buah cherry tanpa biji yang disuling untuk dijadikan minuman. Dengan memanfaatkan keanekaragaman buah tersebut, maka terciptalah black forest dengan topping berbagai rasa buah cherry. Buah cherry ini digunakan sebagai lapisan luar kue, sedangkan isi dalam kue ini adalah adonan cake coklat yang lembut.

Black Forest Cake
Gambar : instagram.com Black Forest Cake

Baca Juga : Resep Cake Keju Bertekstur Lembut Tanpa Tepung

Koki Penemu:

Black Forest Cake – Awal mulanya orang Jerman  mengenal balck forest atau Schwarzwälder Kirschtorte adalah pada abad ke 16. Penemu dan pembuat resep awal black forest memang tidak diketahui. Namun, sekitar tahun 1915, seorang penjual manisan bernama Josef Keller mengaku telah menemukan Schwarzwälder Kirschtorte ini. Dia bekerja di  Café Agner dan menyajikan black forest. Kemudian kue ini menjadi sangat terkenal di daerah Bad Godesberg yang terletak di sebelah utara Hutan Hitam. Café ini terletak sejauh 500 km dari hutan tersebut dan berada di pinggiran koa Bonn, Jerman. Walaupun pada awalnya kue ini hanya dijadikan sebaai hidangan penutup, namun kue ini dapat bertahan hingga sekarang.

Pada tahun 1930, seorang pemilik café bernama Erwin Hilderbrand mengaku sebagai penemu resep dari kue black fores ini. Dia adalah pemilik café Walz yang berlokasi di daerah sekitar Tübingen. Pada tahun 1930-an, kue black forest ini sudah masuk ke dalam nominasi kuliner terfavorit. Sekitar tahun 1949,  balck forest mendapatkan urutan ke-13 pada ajang festical oleh presiden RI. Kemudian festival yang sama pun mulai digelar dengan rutin sejak tahun 2006 hingga saat ini.

Black forest cake memiliki identitasnya sendiri walaupun terdapat berbagai macam variasi. Di zaman sekarang, kue black forest sudah mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut merupakan modifikasi. Modifikasi ini dapat dilakukan dengan mengu meminta bah bentuk kue, mengubah bentuk coklat, dan sebagainya. Beberapa orang juga menambahkan beraneka jenis variasi di dalam balck forest ini. Namun, satu hal yang masik melekat pada kue ini dari dahulu hingga sekarang yakni potongan coklat melengkung dan cherry.

Baca Juga : Resep Cheese Cake Yang Lezat

Nilai Kualitas Konten