Cara Memasak Steak Yang Benar dan Sempurna

Diposting pada
Sumber: recipegeek

Resep daging– Sebagian besar teman-teman saya bertanya, bagaimana sih cara memasak steak yang benar? bumbunya apa saja? apakah susah?

Jawabannya adalah cara memasak steak bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu bakar (grill), pan fry (goreng tanpa menggunakan minyak yang banyak) dan panggang (dipanggang dalam oven). Bumbu dasarnya hanya menggunakan garam dan lada saja. Tapi biasanya sih ditambah dengan rosemarry dan bawang putih, ada juga yang direndam ke dalam bumbu dulu selama beberapa jam dengan bumbu kesukaan masing-masing. Untuk membuat steak yang lezat hal yang harus diperhatikan adalah kesegaran dari daging tersebut. Daging harus berwarna segar, dan kering atau tidak mengandung air agar nanti setelah dimasak warnanya tidak menjadi abu-abu.

Apa saja yang bisa dijadikan steak? Daging sapi atau daging merah lain nya, daging ayam dan ikan. Untuk steak, bagian yang paling disukai adalah sirloin, fillet, iga dan bagian pantat. Jangan pernah memasak steak dari daging yang masih dingin baru keluar dari freezer.

Karena akan merubah rasa dan tekstur daging tersebut, ini penting sekali untuk diperhatikan ketika daging yang akan kita masak menjadi steak harus benar-benar berada pada suhu ruangan dan tidak boleh direndam ke dalam air agar cepat mencair. Harus benar-benar dilelehkan dalam suhu ruangan agar tekstur dan cita rasanya tidak banyak berubah, ya kira-kira selama 1 jam lah.

Kalau dalam keadaan masih dingin dan dipaksa untuk dibakar atau digoreng, panasnya dalam proses memasak itu tidak akan menembus sampai ke tengah dengan efisien, dingin nya itu akan menghentikan panas. Jadi luar nya sudah matang dan menuju gosong tapi tengahnya masih dingin.

Baca Juga: Resep Mentega Berbumbu (Compound Butter) Alla Resto

Lalu ketika memasak menggunakan wajan teflon, alat bakar dan oven pastikan alat tersebut itu benar-benar sudah panas agar nanti proses karamelisasi pada daging tersebut sempurna. Steak yang baik adalah steak yang lembut, empuk dan juicy, jadi memasaknya dari medium ke medium rare. Jarang sekali orang memasak atau memesan steak di restoran dengan tingkat kematangan well done. Karena bagi para pecinta steak tingkat kematang tersebut daging akan menjadi keras.

Cara Memasak Steak Yang Benar

  • Gosok daging steak mentah dengan minyak zaitun, garam dan lada.
Sumber:jammie oliver
  • Masukan daging ke dalam wajan teflon panas, masak selama 6 menit untuk medium rare, atau masak sesuai kematangan yang diinginkan. Bolak-balik per menitnya. Pastikan dagingnya berkontak langsung dengan wajan, jadi sambil ditekan-tekan ya dagingnya.
Sumber:jammieoliver
  • Untuk menambahkan rasa dan ini jika suka, gosokan bawang putih, setiap membalik steak nya.
Sumber:jammieoliver

Baca Juga: Kenali Dulu 6 Jenis Lemak Ini Sebelum Membuat Kue

  • Untuk menjadikannya lebih gurih dan nikmat bisa menambahkan butter atau margarin dengan cara digosokan ke daging steak nya.
Sumber:jammieoliver

Baca Juga: Clarified Butter, Brown Butter dan Ghee Apa sih Bedanya?

  •  Setelah itu gosokan rosemarry atau thyme yang sudah dimasukan ke dalam minyak zaitun dengan rata.
Sumber:jammieoliver
  • Setelah matang yang sesuai dengan selera. Angkat steak dan diamkan dulu selama 5-10 menit sebelum disajikan atau dipotong-potong.
Sumber:jammieoliver
  •  Sajikan steak bersama pelengkap.
Sumber:jammieoliver

Itu tadi cara memasak steak yang benar ya bunda, semoga enak hasil bikinan bunda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kaldu dan Cara Membuatnya

Nilai Kualitas Konten