Cara Membuat Bubur Sumsum Mudah Murah dan Enak

Diposting pada

Cara Membuat Bubur Sumsum cukup mudah yaitu Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Bubur sumsum menjadi salah satu makanan untuk mengisi perut yang seharian menahan makan dan minum. Jadi tidak heran jika bubur sumsum sering ditemukan ketika bulan Ramadhan datang. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur sumsum yang enak.

Bahan-bahan Membuat Bubur Sumsum

cara membuat bubur sumsum
Gambar : instagram.com
  1. Siapkan 100 gram tepung beras yang berkualitas bagus. Tepung beras yang berkualitas bagus yaitu berwarna putih bersih dan tidak bau apek.
  2. Santan kental kurang lebih 650 ml untuk membuat adonan bubur sumsum. Agar memperoleh bubur sum-sum yang enak, sebaiknya gunakan santan alami dari perasan 1 buah kelapa.
  3. Selanjutnya yaitu siapkan garam dapur secukupnya dan daun pandan sebanyak 6 lembar. 4 daun pandan untuk campuran adonan, 1 daun pandan untuk saus santan, dan 1 daun pandan untuk larutan gula jawa. Kedua bahan tersebut digunakan agar bubur sumsum gurih dan beraroma wangi.
  4. Gula jawa kurang lebih 250 gram yang sudah diiris tipis-tipis.
  5. Santan kental yang digunakan untuk membuat saus santan kurang lebih 200 ml.
  6. Sedikit garam dapur untuk campuran kuah santan.

Baca Juga : Resep Bubur Ayam Ala Thailand

Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak dan Mudah

mebuat bubur sumsum
Bubur sumsum
  1. Langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat bubur sumsumnya terlebih dahulu. Anda perlu membagi 650 santan kental tersebut menjadi dua bagian. Satu bagian dimasukkan ke dalam panci beserta daun pandan agar bubur yang akan dibuat beraroma harum. Aduklah terus menerus agar santan yang dibuat tidak pecah.
  2. Selanjutnya yaitu santan yang lainnya dicampur dengan tepung beras 100 gram dan garam secukupnya. Pastikan adonan tersebut tidak ada yang menggumpal.
  3. Setelah adonan tercampur merata, masukan adonan tersebut ke dalam panci santan yang sedang direbus tersebut. Aduk semua bahan yang ada di dalam panci secara terus menerus. Jangan sampai ada adonan yang menggumpal dan seluruh bahan tercampur rata.
  4. Masaklah bubur sumsum hingga benar-benar matang dan tanak. Tanda bubur sumsum sudah tanak yaitu tidak tercium aroma tepung beras. Pada proses ini, bubur sumsum tetap harus diaduk terus menerus agar bubur dapat mengental dan ada letupan-letupan pada bubur tersebut. Tunggulah bubur sumsum hingga matang.
  5. Langkah selanjutnya yaitu membuat saus santan untuk bubur sumsum tersebut. Saus santan terbuat dari gula jawa yang sudah dipanaskan hingga mencair.
  6. Ambillah satu panci kecil dan masukkan santan kental kurang lebih 200 ml tersebut. Tambahkan satu daun pandan yang sudah dicuci dan di simpul. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar rasanya tidak hambar. Aduk-aduk hingga seluruh bahan tercampur dan matang.
  7. Selanjutnya yaitu memasak gula jawa atau gula merah. Sebelum air dan gula jawa dimasukkan ke panci, pastikan gula sudah diiris kecil-kecil agar cepat mencair. Anda juga bisa menambahkan daun pandan agar larutan gula beraroma harum. Aduk-aduk hingga gula telah larut seluruhnya. Selain bisa menambahkan daun pandan, Anda juga bisa menambahkan kayu manis agar rasanya semakin manis.

Itulah Cara Membuat Bubur Sumsum sangat mudah dan sederhana.

Anda bisa membuatnya sendiri di dapur tanpa harus membelinya. Bubur sumsum pun sangat cocok dihidangkan sebagai salah satu menu buka puasa. Anda hanya memerlukan beberapa menit saja untuk membuat hidangan enak yang sederhana ini.

Baca Juga : 4 Resep Bubur Sumsum Paling Recommended

Nilai Kualitas Konten