Cara Membuat Cilok telor, Jajanan Hits Anak Sekolah

Cara Membuat Cilok telor - Siapa yang tidak kenal cilor? Cilor atau cilok telur merupakan jajanan kaki lima yang sering kita temui dijalan bukan? Terutama jika moms berdomisili di Jawa barat, Jakarta dan sekitarnya.

Cara Membuat Cilok telor

Teksturnya yang kenyal namun garing dan rasanya yang gurih menjadi alasan yang membuat jajanan ini memiliki banyak penggemar.

Siapa sangka bahwa jajanan yang digemari oleh anak sekolah ini sangat mudah dibuat loh moms. Selain mudah, bahan yang digunakan pun murah.

Cilor bisa dijadikan salah satu alternatif ide bisnis yang sangat menguntungkan jika moms tertarik untuk berbisnis dengan target pembeli anak sekolah.

Selain dijadikan ide bisnis, cilor juga bisa dijadikan pilihan cemilan dirumah ya moms, tentunya dengan cara pembuatan yang lebih bersih dan higienis. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak artikel berikut ini!

Resep dan Cara Membuat Cilok telor

SajianCamilan
MasakanIndonesia
KeywordMembuat Cilor / Cara membuat Cilok Telor
Waktu persiapan10 menit
Waktu memasak30 Menit
Porsi25-30 Tusuk
Kalori40 kalori / tusuk

Bahan bahan yang dibutuhkan :

  • 3 Telur Ayam Negeri
  • 120 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung tapioka (tepung kanji)
  • 3 siung bawang putih
  • Garam
  • Lada bubuk
  • Penyedap rasa atau kaldu bubuk
  • Air
  • Tusuk sate
  • Saus Cabe/cabe bubuk/ bumbu kacang

Cara membuat Cilok Telor (Cilor) :

  1. Pertama tama, siapkan cobek atau ulekan kemudian haluskan bawang putih ya moms.
  2. Kemudian siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, tambahkan garam kurang lebih 4 sendok teh garam (dapat disesuaikan), ½ sendok teh lada bubuk dan penyedap rasa sesuai dengan selera ya moms. Aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya siapkan air panas yang mendidih. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit kedalam adunan tepung sambil diaduk dengan menggunakan sendok. Air jangan diberikan terlalu banyak ya moms. Jika adonan mulai mendingin, uleni dengan menggunakan tangan. Uleni hingga adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk.
  4. Langkah berikutnya, bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil. Lakukan hingga semua adonan dibentuk menjadi bulatan bulatan kecil
  5. Siapkan panci, tuangkan air lalu didihkan. Setelah air mendidih, masukkan 2 sendok minyak sayur kedalam panci (hal ini dilakukan agar cilok tidak menempel). Selanjutnya masukkan adonan cilok perlahan lahan kedalam panci. Tunggu sekitar 5 menit, hingga cilok matang. Cilok yang matang ditandai dengan mengapung diatas permukaan air.
  6. Jika cilok telah matang, angkat dan tiriskan
  7. Siapakan tusuk sate, tusuk 3 cilok yang telah di dinginkan pada tusuk sate. Jika moms ingin menghemat tusuk sate, ujung tiap tusukan dapat dibagi menjadi 3 bagian, sehingga setiap tusuk sate dapat ditusukkan hingga 9 cilok. Namun, cara penyajian ini dikembalikan kepada selera ya moms. Lakukan hingga semua cilok tertusuk pada tusuk sate.
  8. Selanjutnya siapkan mangkuk dan pecahkan telur. Tambahkan sedikit garam kedalam telur lalu kocok.
  9. Kemudian, olesi setiap cilok yang telah di tusuk dengan telur.
  10. Siapkan wajan lalu panaskan minyak. Goreng cilok yang telah dibaluri dengan telur ya moms. Goreng dengan api sedang dan jangan terlalu besar, agar telur tidak gosong. Jika cilok telah berwarna keemasan, segera angkat lalu tiriskan
  11. Siapkan piring saji, tuangkan cilok diatas piring. Tambahkan saus sesuai dengan selera. Saus bisa berupa saus cabe, cabe bubuk ataupun bumbu kacang ya moms
  12. Cilok telur telah siap untuk dihidangkan dan dinimkati.

Cara membuat Cilok telor ternyata mudah sekali kan moms? Selamat mencobanya dirumah!