Cara Membuat Pentol Cilok Daging Sapi Anti Gagal

Pentol Cilok Daging - Halo moms! Moms memiliki daging sapi tapi bingung ingin diolah menjadi sajian apa? Atau moms ingin membuat camilan keluarga sehat yang terbuat dari daging sapi? Moms berada di artikel yang tepat! Moms wajib mencoba resep yang satu ini, Pentol Cilok Daging Sapi!

Cara Membuat Pentol Cilok Daging Sapi

Pentol Cilok Daging Sapi memiliki cita rasa yang mirip dengan bakso sapi, namun memiliki sedikit perbedaan pada tekstur, pentol cilok memiliki tekstur yang lebih kenyal dari bakso karna mengandung tepung kanji/tapioka sedangkan bakso tidak.

Karna kandungan tepung tapioka inilah sajian ini memiliki nama ‘cilok’. Untuk itu Pentol Cilok Daging Sapi memiliki rasa seperti bakso namun memiliki tekstur seperti cilok.

Rasanya yang lezat dan teksturnya kenyal membuat pentol cilok daging memiliki banyak penggemar. Sajian ini biasanya dihidangkan dengan kuah sambal yang nikmat dan pedas.

Untuk membuatnya pun ternyata sangat mudah loh moms! Penasaran bagaimana cara membuatnya? Ini dia resep membuat Pentol Cilok Daging Sapi ala Resep mami yang anti gagal!

Resep dan Cara Membuat Pentol Cilok Daging Sapi

Sajian Makanan
Masakan Indonesia
Keyword Resep Pentol Cilok Daging Sapi
Waktu persiapan 15 Menit
Waktu memasak 30 Menit
Porsi 4-5 Porsi
Kalori 214 Kalori/Porsi

Bahan Membuat Pentol

  • 200 gram daging sapi
  • 100 gram tepung tapioka / tepung kanji
  • 3-4 siung bawang putih
  • Merica / Lada bubuk
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • 1 butir putih telur
  • 2 buah es batu (ukuran kecil)

Bahan Membuat Kuah / Bumbu Petol :

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 6 cabe rawit (disesuaikan dengan selera)
  • 5 cabe merah
  • Minyak sayur
  • 150 ml air

Cara Membuat Pentol Cilok Daging Sapi :

  1. Pertama tama, iris daging dengan potongan kecil. Siapkan blender kemudian masukkan daging yang telah di iris dan 1 buah es batu kedalam blender. Giling hingga daging setegah halus.
  2. Setelah daging setengah halus, matikan mesin blender. Kupas bawang putih kemudian cicang dan masukkan kedalam blender bersama tepung tapioka, merica / lada bubuk, garam, dan penyedap rasa. Kemudian, pecahkan telur, pisahkan putih dan kuningnya lalu masukkan putih telur kedalam blender. Sebelum blender ditutup, masukkan juga 1 buah es batu ya moms. Kemudian adona digiling kembali hingga memiliki tekstur yang halus dan lembut.
  3. Jika adonan telah halus, keluarkan adonan dari blender. Selanjutnya jika adonan dirasa belum merata, moms bisa menguleninya dengan tangan ya moms
  4. Selanjutnya, siapkan panci dan didihkan air. Setelah air mendidih, cetak adonan pentol menggunakan sendok (agar berbentuk bulat) lalu masukkan kedalam panci dan tunggu hingga matang. Pentol yang matang ditandai dengan mengapung di permukaan air.
  5. Berikutnya, waktunya membuat sambal atau kuah pentol! Kupas bawang putih dan bawang merah kemudian tumbuk dengan menggunakan ulekan. Cabe rawit dan cabe merah juga ikut di tumbuk ya moms.
  6. Siapkan wajan / teflon kemudian tuangkan 1 sendok minyak sayur, tumis bumbu yang telah ditumbuk hingga harum. Tuangkan 150 ml air kedalam wajar. Tunggu hingga mendidih kemudian bumbui dengan garam, gula, merica bubuk dan penyedap rasa.
  7. Siapkan mangkok, kemudian tuangkan pentol kedalam mangkok dan guyur dengan kuah pedas! Pentol telah siap dihidangkan dan dinikmati.

Untuk membuat pentol daging sapi mudah sekali ya moms? Moms bisa mencobanya sendiri di rumah. Pentol Cilok Daging Sapi ini sangat nikmat jika disantap selagi hangat. Selamat mencoba moms!