Cara Membuat Tempe Mudah Di Rumah

Cara membuat tempe seringkali membuat para bunda mencobanya. Tempe sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sarat akan protein yang tinggi. Makanan asli Indonesia ini sangat populer dan merambah semua kalangan. Dari kalangan masyarakat bawah, menengah dan atas tempe sangat digemari.

Rasanya yang khas dan gurih, membuat tempe menjadi favorit semua usia. Baik anak-anak hingga orang dewasa, menjadikan tempe sebagai konsumsi sehari-hari. Meskipun murah, namun kandungan gizinya tidak kalah dengan daging atau ikan. Sangat cocok dikonsumsi sehari-hari untuk berhemat.

Meskipun dikonsumsi setiap hari, banyak orang yang tidak pernah bosan dengan makanan tradisional satu ini. Berbagai olahan berbahan dasar tempe pun menyeruak di mana saja. Keripik tempe, tempe mendoan, gorengan tempe sampai steak tempe. Wah, ternyata banyak sekali makanan dari tempe ya?

Bahkan di luar negeri, tempe masih menjadi makan yang diburu warga Indonesia yang tengah merantau di sana. Entah dalam rangka studi atau bekerja. Dengan harga yang tentunya sangat jauh selisihnya dibandingkan di negeri sendiri. Namun tidak menyurutkan hasrat untuk menikmati makanan tercinta satu ini.

Tak heran, jika pengusaha restoran tempe mendapatkan untung banyak dari hanya berjualan  menu  olahan tempe. Yuk, belajar cara membuat tempe di rumah dengan mudah!

Cara Membuat Tempe

cara membuat tempe
Sumber : www.instagram.com

Peralatan Membuat Tempe:

  •  Baskom atau ember
  •  Dandang atau panci
  •  Kipas angin
  •  Tampah (nampan bundar dari bambu)
  •  Saringan atau kain katun bersih
  •  Sodet atau sotel berbahan kayu

Bahan Membuat Tempe:

  •  ½ kilogram kacang kedelai
  •  1 sdt ragi tempe
  •  Plastik/daun pisang untuk pembungkus

Langkah Membuat Tempe:

  1.  Setelah menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan, cuci hingga bersih seluruh peralatan yang akan digunakan terlebih dahulu.
  2.  Kemudian keringkan.
  3.  Cuci juga kacang kedelai dengan air bersih dan mengalir.
  4.  Lalu rendam kacang kedelai selama 2 hari
  5.  Ganti air rendaman kedelai setiap 12-18 jam.
  6.  Kelupaslah kulitnya setelah kedelai lunak.
  7.  Kemudian bilas menggunakan air bersih.
  8.  Setelah bersih, rebus kedelai selama kurang lebih 1-2 jam.
  9.  Angkat dan tiriskan menggunkan tampah bundar.
  10.  Agar tidak panas dan mempercepat penguapan, nyalakan kipas angin untuk mendinginkan.
  11.  Campurkan ragi tempe dengan kacang kedelai matang aduk hingga merata.
  12.  Bungkus tempe dengan daun pisang atau plastik dengan ketebalan sesuai selera.
  13.  Biarkan tempe pada suhu kamar untuk proses fermentasi. Hindari menyusun tempe dengan menumpuknya.
  14.  Simpan tempe selama kurang lebih 1-2 hari.
  15.  Setelah seluruh permukaan kedelai tertutupi jamur (berwarna putih) tempe siap diolah menjadi berbagai menu camilan dan masakan keluarga.

Nah, bagaimana, mudah sekali bukan? Dengan mengetahui cara membuat tempe tentu akan memudahkan anda untuk membuatnya di rumah. Tentu dengan kualitas yang terjamin aman dan sehat. Tidak perlu lagi takut akan kandungan dan bahan-bahan yang ada dalam tempe seperti yang dijual di pasar.

Membuatnya sendiri sesuai selera dan jauh lebih higienis dan bersih. Selain untuk konsumsi pribadi, anda juga bisa memproduksi untuk usaha dan dijual ke orang lain. Tentu menarik bukan, belajar cara membuat tempe, lalu menggunakannya untuk berwirausaha. Selain sehat dan bergizi, bisnis tempe sangat diminati oleh masyarakat. karena penikmat tempe hampir merata ada di seluruh Indonesia.

Bahan-bahan dan peralatannya pun mudah dan tidak ribet. Tidak perlu memiliki pabrik tempe dulu untuk berwirausaha. Dengan peralatan seadanya anda bisa memproduksi tempe dalam skala kecil. Bagaimana, berani mencoba?

Leave a Comment