Clarified Butter, Brown Butter dan Ghee Apa sih Bedanya?

Tips dan Trik– Sudah mengenal (Clarified Butter, Brown Butter dan Ghee) kan bunda? Bahasa Inggris nya adalah butter. Ada artikel yang menjelaskan apa itu mentega di artikel sebelumnya ya Ini dia artikelnya. Mentega biasanya digunakan untuk membuar kue (cake) basah maupun kue kering dan bisa juga untuk olesan pada steak ataupun daging-daging bakar lainnya.

Mirip dengan mentega sih bunda, butter atau mentega ini bisa juga untuk menumis, tapi tidak bisa untuk menggoreng ya bunda. Karena mentega akan berbau menyengat dan gosong pada rasa masakan serta akan terasa pahit. Kalau menggoreng ya pakai minyak goreng aja.

Kenapa sih mentega ini tidak cocok untuk menggoreng? Ya karena mentega ini mempunya 3 komponen utama yaitu air, lemak dan padatan susu yang mengandung protein. Pada saat mentega mencair, maka air akan menguap dan padatan tersebut tidak bisa berubah, jadilah terbakar. Nah untuk menghilangkan masalah nih bunda, ada caranya yaitu menghilangkan padatan susu yang ada pada mentega.

Ada 3 proses yang bisa menghilangkan protein dan menghasilkan nama mentega yang berbeda. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini:

Clarified Butter

Clarified Butter
Clarified Butter

Clarified butter adalah mentega yang padatan susu dan airnya dibuang. Cara membuatnya pun mudah bunda, siapkan mentega dan lelehkan ke dalam panci dengan menggunakan api kecil. Busa yang muncul menandakan kalau airnya sudah menguap. Lemak yang berwarna kuning  dan padatan susu pada mentega yang akan dihilangkan sudah mulai terlihat.

Ambil dan buang bagian atas padatan susu lalu tuang dan saring lemak kuning (clarified butter) ke wadah lain. Ini akan lebih tahan panas dan lebih stabil dari mentega biasanya. Gunakan seperti minyak goreng biasa dan uniknya rasanya pun masih ada rasa menteganya dan anda bisa masak apapun dari menggoreng ayam sampai untuk menumis.

Baca Juga: Resep Mentega Berbumbu (Compound Butter) Alla Resto

Ghee

Ghee
Ghee

Ghee bisa disebut juga dengan minyak samin, sering tahu kan minyak samin bisa digunakan untuk apa? biasanya untuk campuran sop kaki kambing yang menggunakan santan atau soto betawi, paling sering digunakan ya dimasakan India.

Ghee ini mirip dengan clarified butter, tapi memasaknya lebih lama. Setelah padatan susu terpisah, teruskan memasaknya sampai padatan tersebut menjadi coklat dan mengendap sampai ke dasar panci. Lalu campuran tersebut siap untuk disaring.

Fungsinya sama dengan clarified butter, tetapi akan ada rasa seperti kacang yang gosong.

Baca Juga: Apakah Butter dan Roombutter kiloan TBK itu sama?

Brown Butter

Brown Butter
Brown Butter

Brown butter cara memasaknya sama dengan cara memasak butter yang ada diatas tersebut, tapi brown butter ini caranya memasak lagi padatan susu tersebut sampai menjadi coklat dan mempunyai rasa kacang. Ini juga tidak perlu disaring lagi dan brown butter ini cocok sekali dimasak menggunakan panas yang sedang atau tinggi dan hanya sebentar saja. Seringnya sih brown butter ini digunakan sebagai penyedap saja saat memasak sayuran. Mentega ini juga bisa dibekukan dan bisa juga dipakai sebagai mentega biasa lho, rasanya juga lebih lezat.

Anda tertarik untuk mencobanya? yuk buat sendiri di rumah.

Baca Juga: Apa Sih, Bedanya Margarin vs Mentega (Butter)?

Nilai Kualitas Konten

4 thoughts on “Clarified Butter, Brown Butter dan Ghee Apa sih Bedanya?”

Leave a Comment