Fettuccine Itu Pasta Apa Sih? Simak Penjelasannya

Fettuccine Itu Pasta Apa Sih? Simak Penjelasannya

Resep Mami– Fettuccine (pengucapan bahasa Italia: [fettutˈtʃiːne]; secara harfiah “pita kecil” dalam bahasa Italia; bernyanyi. Fettuccina) adalah jenis pasta yang terkenal dalam masakan Romawi dan Tuscan. Ini adalah pasta tebal yang terbuat dari telur dan tepung (biasanya satu telur untuk setiap 100 g tepung), mirip dengan tagliatelle yang khas dari Bologna.

Sering dimakan dengan sugo d’umido (daging sapi) dan ragù di pollo (daging ayam). Fettuccine secara tradisional dibuat segar (baik di rumah atau secara komersial) tetapi fettuccine kering juga dapat dibeli di toko, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah kok.

Fettuccine hijau terbuat dari bayam, tepung, dan telur. Salah satu hidangan terkenal yang dibuat dengan fettuccine adalah Fettuccine Alfredo.
Karena ini adalah pasta yang lebih tebal, fettuccine umumnya disajikan dengan saus berbasis daging yang lebih “berat”. Pasta Fettuccine paling baik dipadukan dengan saus yang kurang tebal, karena potongan daging atau sayuran yang lebih besar akhirnya terpisah dari untaian pasta saat menikmatinya disetiap gigitan. Saus krim dan saus tomat sangat cocok untuk fettuccine.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Bagaimana Pasta Fettuccine dibuat?

Fettuccine terbuat dari telur dan tepung dan sangat mudah dibuat di rumah, terutama dengan mesin pasta. Fettuccine sering digambarkan sebagai salah satu jenis pasta pertama yang dibuat, dengan mie panjang digulung dan dipotong dengan tangan. Bahan pembuatannya sih mirip dengan kalau kita membuat mie telur ya.
Untuk membuat adonan, tepung dan telur dicampur bersama-sama, dengan sedikit air jika diperlukan. Kemudian diuleni, baik dengan tangan atau dengan menggunakan alat pasta yang dioperasikan dengan manual atau secara otomatis, dengan ketebalan yang diinginkan dan dipotong menjadi potongan-potongan pipih. Beberapa pembuat pasta dengan mesin otomatis akan melakukan operasi lengkap dari pencampuran melalui ekstrusi dan pemotongan.

Fettuccine artisanal dapat mencakup bahan-bahan lain seperti bayam, jamur, bawang putih, dan herbal untuk membuat pasta fettuccine yang beraroma atau berwarna. Anda dapat menemukan fettuccine dalam berbagai warna dan rasa.
Karena tepung terigu adalah salah satu bahan dasar pasta, mereka yang menginginkan diet bebas gluten dapat mencari pasta bebas gluten yang dibuat dengan tepung beras atau tepung bebas gluten lainnya. Vegan perlu mencari fettuccine yang dibuat tanpa telur.

Fetuccine Kering dan Fettuccine Basah

 Fettuccine Kering

Fettuccine Basah

Fettuccine kering membutuhkan 10 hingga 12 menit untuk dimasak dalam air dan garam yang mendidih. Fettuccine segar akan matang hanya dalam beberapa menit. Fettuccine segar memiliki umur simpan terbatas empat hingga lima hari setelah tanggal “baik digunakan”, sementara fettuccine kering dapat disimpan selama satu hingga dua tahun setelah tanggal “tbaik digunakan”. Pasta segar dapat dibekukan dan disimpan selama enam hingga delapan bulan.
Sajian Menggunakan Pasta Fettuccine

Di Amerika Serikat, fettuccine alfredo adalah salah satu resep pasta yang paling terkenal. Dibuat dengan saus krim alfredo, alfredo fettuccine dapat disajikan polos atau kadang-kadang dengan ayam atau udang. Saus krim alfredo ini dibuat dengan krim, mentega, keju parmesan, dan lada hitam segar. Ada banyak variasi yang dibuat dengan mengurangi kalori dan menghilangkan bahan-bahan dari susu.
Fettuccine carbonara adalah resep fettuccine populer lainnya, dibuat dengan bacon, krim, telur, peterseli Italia, keju, dan lada hitam.

Baca Juga: Jenis Pasta Apa Sih, Spaghetti itu? Simak Ulasannya

Nilai Kualitas Konten

4 thoughts on “Fettuccine Itu Pasta Apa Sih? Simak Penjelasannya”

Leave a Comment