Resep Mudah Gurame Asam Manis Pedas

Gurame asam manis adalah masakan yang sangat populer. Olahan gurame yang satu ini banyak diminati banyak orang karena rasanya yang lengkap. Selain itu, olahan gurame dengan bumbu asam manis membuatnya lebih segar. Bumbu ini memang banyak disukai dan cocok bagi lidah orang Indonesia.

Gurame adalah ikan tawar yang paling banyak disukai karena bentuknya besar. Rasanya pun lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Misalnya saja, gurame saus tiram, gurame tepung, dan gurame bakar. Jadi, ikan gurame ini adalah ikan yang dapat dimasak dengan cara apapun, bakar, goreng, maupun rebus.

Cara Memasak Gurame Asam Manis

Gurame asam manis dapat diolah dengan cara digoreng dan direbus. Ikan gurame digoreng terlebih dahulu agar tidak hancur saat dimasak. Kemudian ikan tersebut direbus bersama dengan bumbu supaya lebih meresap dan terasa kuat bumbu asam manis. Cara ini membuat gurame lebih lezat dan dagingnya pun lebih empuk.

Beberapa orang sering gagal dan mendapati daging ikan yang dimasak terlalu keras. Hal ini tentunya akan mengurangi cita rasa gurame tersebut. Ikan gurame tidak perlu digoreng terlalu lama sehingga tidak menghasilkan daging yang keras. Selain itu, pembersihan kulit gurame juga harus benar. Agar bumbu yang nantinya dimasak bisa meresap dengan sempurna.

Hidangan gurame bisa diolah dengan berbagai varian dan tambahan. Sebagian orang menambahkan sosis ataupun nanas.

Resep Gurame Asam Manis

Untuk memasak ikan gurame dengan bumbu asam manis, pilihlah ikan yang berukuran sedang. Cuci bersih ikan gurame tersebut dan jangan lupa untuk mengeluarkan isi perut dari ikan gurame.

Untuk bumbu yang dibutuhkan yaitu bawang putih, garam, daun bawang, daun Bombay, cabai merah keriting, dan jahe. Kemudian, untuk mendapatkan saus asam manis, bahan yang dibutuhkan yaitu tepung maizena, saus tomat, air, dan cuka. Untuk tambahan topping sayuran bisa digunakan mentimun dan wortel sesuai selera.

Pertama-tama, haluskan bawang putih, garam, dan merica. Kemudian, lumuri ikan gurame yang telah bersih dengan bumbu tersebut. Lalu, masukkan gurame ke dalam tepung maizena dan lumuri hingga seluruh permukaan ikan tertutup. Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang, dan goreng gurame tersebut.

Pastikan seluruh bagian ikan terendam dalam minyak goreng. Tidak perlu digoreng terlalu lama, balik ikan gurame tersebut lalu angkat dan tiriskan.  Setelah selesai menggoreng ikan gurame, saatnya menyiapkan saus.

Siapkan wajan dengan sedikit margarine untuk menumis. Nyalakan api yang kecil, kemudian masukkan bawang putih dan bawang Bombay yang sudah diiris. Tambahkan merica dan garam sesuai selera, lalu masukkan gula dan saus tomat. Aduk seluruh bumbu hingga merata dan kemudian masukkan timun dan wortel yang telah disiapkan.

Aduk kembali seluruh bahan hingga tercampur. Selagi memasak saus, campurkan tepung maizena dengan sedikit air, aduk hingga rata. Lalu, masukkan tepung maizena cair tersebut ke dalam wajan saus. Masak sebentar saus tersebut hingga mengental, lalu masukkan ikan gurame yang sudah digoreng. Aduk sebentar dan biarkan bumbu meresap ke dalam ikan.

Beberapa orang tidak memasak gurame dengan sausnya. Mereka menyajikan gurame dan menyiramkan saus di atas ikan gurame tersebut. Namun, jika kita memasaknya bersama dengan saus, maka rasanya akan berbeda dan lebih lezat.

Gurame asam manis ini bisa diolah menjadi lebih pedas dengan tambahan irisan cabai rawit. Kemudian penambahan nanas akan menambah cita rasa asam dan segar yang menyatu dengan manisnya gurame.

Nilai Kualitas Konten

Leave a Comment