Jenis Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Tips dan trik– Pasti sudah sering mendengar pasta, kan? Pasta adalah makanan olahan yang berasal dari Negara Italia dan sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Pasta terbuat dari tepung gandum ataupun semolina, minyak zaitun, garam dan telur yang menjadi adonan dan bermacam-macam jenis. Pasta hanya disajikan setelah direbus terlebih dahulu, dan diolah lagi bersama bahan-bahan yang menjadikan nya semakin nikmat untuk disantap.

Untuk pasta sendiri ada yang dijual dalam bentuk yang masih basah (masih segar) dan dalam bentuk yang sudah kering. Biasanya yang sudah kering ini yang dikirimkan ke berbagai macam Negara di seluruh dunia. Dan bentuknya pun juga ada ratusan pasta. Tapi Resep mami akan membahas yang sudah terkenal saja ya, di Indonesia terutama. Ini dia jenis-jenis pasta yang wajib kamu tahu dan terkenal di Indonesia:

Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Spaghetti

 

Spaghetti
Gambar:christinascucina

Spaghetti (dalam bahasa Italia)  atau spageti (dalam bahasa Indonesia) adalah pasta yang berbentuk panjang, silindris dan padat serta bentuknya ini mirip sekali dengan bentuk mie pada umumnya. Terbuat dari semolina dan air.

Fettuccine

Fettuccine
Gambar:ROEcaviar

Fettuccinie dalam bahasa Italia berarti pita kecil, memang mirip sekali dengan pita sih. Kalau di Indonesia sih bentuknya lebih mirip dengan kwetiau tapi lebih kecilan gitu. Cocok dimasak carbonara atau dicampur dengan saus tomat.

Lasagna/Lasagne

Lasagna/Lasagne
Gambar:Sanremo

Lasagna adalah jenis pasta yang berwujud lembaran tipis dengan cara measaknya dipanggang bersama saus ragù, saus béchamel (saus putih) ada juga yang menggunakan campuran keju ricotta dan menggunakan keju parmesan serta mozzarella.

Macaroni

Macaroni/makaroni
Gambar:writtenreality

Macaroni/makaroni adalah pasta berbentuk elbow dan pendek, biasanya kalau di Indonesia dimasak untuk campuran sop. Nah kalau di Italia, macaroni ini memasaknya dicampur dengan saus krim ataupun saus ragu.

Penne

Penne
Gambar:hellofresh

Penne adalah pasta Italia yang berbentuk tabung dan biasanya untuk memasaknya dicampur dengan saus krim dan kacang polong, bisa dicampur juga dengan daging dan sayur-sayuran sesuai selera. Penne biasanya dibuat dari tepung terigu.

Fusilli

Fusilli
Gambar:happyhealthymama

Fusilli adalah pasta Italia yang berbentuk spiral. Dapat dioalah dengan saus krim, pesto ataupun saus tomat.

Farfalle

Farfalle
Gambar:foodnetwork

Farfelle adalah jenis pasta Italia yang berbentuk dasi kupu-kupu. Namanya berasal dari bahasa Italia Farfalla yang artinya kupu-kupu. Di kota Modena Italia, pasta ini dikenal juga dengan sebutan strichetti. Ada juga beberapa variasinya yang lebih besar juga disebut dengan farfalloni, sedangkan untuk versi mininya disebut dengan farfalline.

Ravioli

Ravioli
Gambar:bbc

Ravioli atau raviolo adalah pasta jenis pangsit yang diisi dengan keju ricotta dan bayam cincang berbentuk kotak. Sekarang sih lebih bervariasi isinya ya dengan bentuk yang berbeda-beda pula.

Gnocchi

 

Gnocchi
Gambar:realgoodtesco

Gnocchi adalah adonan pangsit yang padat berbentuk lonjong, dibuat dari semolina, tepung gandum biasa, telur, kentang dan lain lain sebagainya.

Cannelloni

Cannelloni
Gambar:sanremo

Cannelloni adalah jenis pasta lasagna yang digulung dengan isian bayam, keju ricotta atau daging sapi yang dicincang halus. Lalu disiran dengan saus tomat dan saus Béchamel.

Vermicelli

Vermicelli
Gambar:tasteofhome

Vermicelli adalah pasta yang mirip dengan spaghetti tetapi berbentuk lebih tipis menyerupai mie.

Cavatelli

Gambar:plated.com

Cavatelli kalau diartikan dalam bahasa Italia adalah lubang kecil. Ini adalah jenis pasta dengan adonan semolina tanpa telur.

Conchiglie

Conchiglie
Gambar:diabetes.org

Conchiglie adalah jenis pasta dengan bentuk “kerang”. Dibuat dari tepung gandum biasa dengan bermacam-macam warna. Dengan bentuknya yang mirip seperti cangkang “kerang” ini membuat saus akan menempel pada pasta tersebut.

Masih banyak lagi sih ini jenis jenis pasta, seperti yang sudah dibilang tadi ada ratusan. Masih ada Malloreddus (gnocchetti sardi), Lorighittas, Cencioni, Capunti, Strascinati, Culurgionis, Sagne Incannulate, Tagliatelle, Bucatini, Pappardelle, Linguine, Rigatoni, Orecchiette, Rotelle, Stelline, Orzo dan lain-lain.

Baca Juga: Spaghetti Bolognese Tidak Ada Di Italia? Simak Sejarahnya

Nilai Kualitas Konten