Resep Keripik Appel khas Malang (Apple Chips)

Keripik Appel - Chips atau keripik biasanya berasal dari singkong atau kentang. Kali ini keripiknya agak berbeda karena berasal dari buah appel.

Keripik Appel khas malang

Daerah Malang terkenal dengan produksi buah appel. Appel malang berwarna hijau, bukan karena belum matang tetapi memang jenisnya berwarna hijau.

Apel malang sering juga dikenal dengan nama apel manalagi atau apel batu. Dinamakan apel batu bukan karena seperti batu tetapi terkait dengan sejarah kemunculannya.

Konon pada tahun 1930, apel ini dibawa oleh orang-orang Belanda dari Australia ke Indonesia. Kemudian pada 1960, apel ini banyak ditanam di daerah Malang dan Batu.

Apel malang ini seperti apel-apel lainnya mengandung antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Selain itu, dapat membantu sistem pencernaan karena kandungan serat di dalamnya.

Apel malang juga mengandung beragam vitamin seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin K yang bisa menyehatkan pertumbuhan gigi.

Apel Malang bisa dimakan langsung dan banyak juga yang mengolahnya menjadi minuman, dodol, asinan, dan juga keripik apel.

Biasanya keripik appel dibuat dengan alat penggoreng khusus yang bersuhu di bawah 100 derajat Celsius. Alat penggoreng khusus tersebut biasanya merupakan jenis penggoreng hampa.

Berikut ini cara membuat keripik apel yang praktis dan bisa moms coba di rumah. Cara ini akan berguna apalagi jika moms mendapatkan banyak apel malang.

Apel yang banyak tentu tidak akan cepat habis. Sedangkan menyimpannya terlalu lama akan membuat apel tidak lagi segar juga bisa membusuk.

Dengan merubah apel menjadi keripik akan membuat lebih tahan lama untuk disimpan. Tentunya menjadi cara yang asyik menyantap apel.

Resep dan Cara Membuat Keripik Appel

SajianCamilan
MasakanIndonesia
Keywordkeripik appel, apple chips
Waktu persiapan50 menit
Waktu memasak20 menit
Porsi1 toples
Kalori53 kalori/porsi

Bahan-bahan membuat Keripik Appel:

  • 1 kg buah apel malang (yang berwarna hijau dan berukuran kecil)
  • ½ buah jeruk nipis
  • 1 sdm garam
  • Tepung terigu dan tepung terigu secukupnya

Cara Membuat Keripik Appel:

  1. Cuci terlebih dahulu buah apel untuk menghilangkan kotoran-kotoran dan dimungkinkan juga masih mengandung pestisida
  2. Kupas kulit apel. Agar lebih mudah gunakan pengupas buah.
  3. Setiap apel yang sudah dikupas segera masukkan ke dalam air bersih supaya apel tidak menghitam
  4. Siapkan air dalam wadah dan campurkan dengan garam juga perasan jeruk nipis
  5. Iris tipis-tipis apel, kira-kira sekitar 1 sampai 2 mm. Moms bisa menggunakan parutan khusus untuk mengirisnya agar lebih mudah
  6. Masukkan apel yang telah diiris ke air garam lalu rendam selama kurang lebih 30 menit
  7. Campurkan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 1:1. Berikan sedikit garam
  8. Tiriskan apel dan lumuri seluruh permukaannya dengan tepung
  9. Siapkan wajan dan panaskan minyak
  10. Goreng apel dengan api sedang. Sebelum dimasukkan ke minyak, tepuk-tepuk terlebih dahulu untuk menghilangkan tepung  yang tidak menempel dengan sempurna. Tepung-tepung yang tidak menempel pada apel akan berjatuhan ke dalam minyak dan menjadi penyebab gosong
  11. Tiriskan keripik apel yang sudah matang dan biarkan minyaknya turun. Moms bisa menggunakan kertas yang bersih atau tisu khusus untuk makan agar minyaknya terserap
  12. Keripik apel siap untuk santap

Nah, sekarang moms bisa mempraktekkan untuk menyulap apel menjadi keripik di rumah.

Selamat mencoba keripik appel di rumah ya moms 🙂