Macam-Macam Teknik Dalam Memasak

Tips dan Trik– Kalau sering baca resep-resep dibuku resep ataupun secara online, banyak istilah-istilah dalam memasak terutama masakan luar yang kita sendiri kadang belum tahu artinya. Saya akan sebutkan beberapa istilah dalam memasak menurut chef legendaris Julia Child.

Baste (arroser)

Teknik ini biasanya digunakan pada saat membuat steak dengan cara memasaknya menggunakan teflon. Jadi nanti akan ditambahkan butter atau minyak untuk disiramkan ke daging. Dioles atau dituang pakai sendok kedagingnya itu sama aja, intinya biar daging selalu basah.

Beat (fouetter)

Adalah tenik mencampur makanan atau cairan secara merata menggunakan sendok, garpu ataupun mixer dengan cepat.

BLANCH ( blanchir)

Teknik memasak dengan cara merebus sayuran atau buah kedalam air yang sudah mendidih dengan waktu cepat, biasanya sih 1-2 menit gitu. Contohnya seperti kalau mau bikin Nasi ayam hainan. Nah proses pertama masak ayamnya itu dengan cara diblanching dulu.

BLEND (melanger)

Teknik mencampurkan semua bahan secara bersamaan dengan kecepatan rendah ,seperti kalau mencampur coklat bubuk ke adonan cake memakai sendok,pakai blender dan garpu. Hampir mirip dengan beat, tapi kalau beat lebih cepet.

BOIL (bouillir)

Teknik ini sepertinya teknik yang paling gampang ya, artinya merebus bahan-bahan sampai matang yang sesuai.

BRAISE (braiser)

Ini adalah teknik memasak dengan cara memasak diwajan datar dengan panas tinggi, jadi bahannya dikaramelisasikan dulu gitu sampai warnanya coklat, nah setelah coklat ni trus diberi kaldu cair atau air biasa aja jangan sampai menutupi bahan, lalu dioven dalam keadaan wadah tertutup dengan waktu lama. contohnya memasak beef bourguignon.

COAT A SPOON (napper la cuillere)

Teknik ini digunakan untuk menguji kematangan saus, biasanya kalau bikin yang semacam custard gitu.

DEGLAZE (deglacer)

Teknik ini adalah teknik memasak untuk menghilangkan dan melarutkan residu. Setelah daging disaute atau dipanggang kan pasti ada yang nempel-nempel diwajan atau loyang gitu kan? nah residu ini dituang dengan sedikit air untuk bisa larut dan hilang. Biasanya nanti akan digunakan untuk sauce.

FOLD (incorporer)

Teknik Mencampur bahan yang ringan seperti mengkocok putih telur sampai menjadi kaku (berat).

GRATINE

Biasanya digunakan untuk membuat bagian atas saus agar terlihat coklat, biasanya memakai oven broiler. Dan biasanya diatas bahan tersebut ditaburi remahan roti, parutan keju dan butter agar warna coklatnya lebih terlihat lebih menarik.

MARINATE (mariner)

Merendam makanan ke cairan yang berumbu, biasanya semalaman atau memakan waktu lebih dari 2 jam, agar rasa dari bumbu meresap sampai kedalam bahan makanan.

SAUTE (sauter)

Teknik ini adalah cara memasak makanan dengan menggunakan sedikit minyak atau butter. Contohnya menumis bahan.

POACH (pocher)

Teknik memasak bahan makanan dalam cairan yang sedikit dan tidak mendidih, biasanya menggunakan api yang kecil( contohnya egg benedict). Dan butter juga bisa untuk poach lho, biasanya udang atau ayam.

PUREE (reduire en puree)

Makanan yang dilembutkan menggunakan blender, tumbukan, garpu, gilingan. Seperti kalau kita mau bikin mashed potato.

REFRESH (rafraichir)

mencelupkan makanan yang panas ke dalam wadah berisih air dingin tujuannya agar cepat dingin dan menjaga makanan agar tetap segar dan menghentikan panasnya agar proses masaknya tidak berlanjut. Karena meski sudah dimatikan apinya dan suhunya masih panas, proses mematangkan makanan akan tetap berlanjut, jadinya nanti terlalu lunak. Atau juga bisa langsung dicuci diair yang mengalir.

REDUCE (reduire)

ini adalah proses pengentalan bahan cair (biasanya cairan ini akan menyusut) dan meningkatkan rasa. Ini digunakan dalam membuat saus, wine, sup atau jus.

STEAMING

Teknik Steaming merupakan teknik mengolah makanan dengan cara penguapan air secara langsung.

AU BAIN MARIE 

Memasak bahan makanan dengan menggunakan 2 panci, yang satu pancinya lebih besar dengan diisi air, dan yang satunya lagi pancinya lebih kecil sehingga bisa dimasukan ke panci yang berisi air. Contohnya seperti kalau akan melelehkan cokelat batangan. Nah ada juga yang digunakan dalam memanggang makanan dengan menggunakan teknik ini, jadi nanti teksturnya itu lebih lembut dan tidak kering. Contohnya seperti membuat puding karamel atau membuat cheese cake.

BARDING 

Teknik membungkus bahan menggunakan lemak, ini biasanya menggunakan bacon. Tujuannya agar bahannya tidak kering saat dimasak. Teknik ini sering digunakan saat memanggang unggas.

Itu tadi beberapa teknik dalam memasak, jadi kalau mendapatkan resep dengan bahasa Asing, sudah tidak bingung lagi ya bunda. Karena sudah ada di sini.

Baca juga: 4 Resep Menu Soup Chef Julia Child

Nilai Kualitas Konten