12 Makanan Khas Indonesia Wajib Anda Coba

Makanan Khas Indonesia dari berbagai wilayah tentu memiliki keunikan rasa yang berbeda-beda pula. Yang jelas makanan khas Indonesia memiliki rasa yang lezat dan menggoda lidah untuk mencicipinya. Hidangan tradisional dan warisan ikonik berbagai pulau perlu Anda coba. Berikut ini beberapa makanan khas Indonesia yang banyak diburu oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

12 Makanan Khas Indonesia Wajib Anda Coba

1. Bakso Sapi

Makanan Khas Indonesia Bakso Sapi
foto: https://www.instagram.com/bakwan.sowan/

Makanan Khas Indonesia yang menjadi jajanan terbaik dan ada dimana-mana yaitu Bakso Sapi. Bakso merupakan makanan khas yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang begitu lunak dan kenyal. Bakso disajikan dengan beberapa pelengkap lainnya seperti bihun, mie telur, telur rebus, tahu, dan beberapa bawang goreng.

Bakso Sapi akan semakin nikmat dengan tambahan sedikit kecap manis, saus dan sambal sesuai selera. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama pun mengklaim bahwa bakso adalah salah satu makanan favoritnya.

2. Otak-otak

foto: https://www.instagram.com/otakotaksidia/

Otak-otak menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari Kepulauan Riau seperti Tanjung Pinang, Pulau Penyengat, dan Batam. Ada dua bahan dasar membuat otak-otak yaitu ikan dan cumi. Otak-otak yang lebih pedas biasanya terbuat dari cumi. Cara menyajikannya yaitu otak-otak dibungkus dengan daun dan lidinya, kemudian dibakar dengan bara api.

3. Gado-gado

foto: https://www.instagram.com/kokobuncit/

Gado-gado adalah semacam salad sayuran khas Indonesia yang terdiri dari beberapa sayuran. Seperti wortel, kubis, kangkung, bayam dan pare. Sayuran-sayuran tersebut direbus hingga matang. Kemudian dihidangkan bersama tempe dan tahu goreng. Gado-gado biasanya tidak disuguhkan bersama nasi melainkan ketupat atau lontong.

Ketupat yang sudah dipotong-potong kemudian atasnya diberi sayuran-sayuran tersebut. Tidak lupa hidangan disiram dengan saus kacang pedas manis. Nah, jika Anda tidak menyukai beberapa sayuran tersebut, Anda dapat memilihnya sesuai selera.

Baca Juga : Makanan Penambah Darah Baik untuk Penderita Anemia

4. Sate

foto: https://www.instagram.com/franzeskayuli/

Daging tusuk yang dimasak diatas arang tentu sudah tidak asing di telinga Anda bukan? Sate tusuk berbahan kambing, ayam, atau kelinci ini biasa disajikan dengan saus kacang pedas. Beberapa daerah di Indonesia pun memiliki khasnya masing-masing. Sehingga tidak salah jika Anda mengunjungi suatu wilayah seperti madura atau padang.

Sebelum daging tusuk dimasak diatas arang, biasanya daging sudah dimasak terlebih dahulu. Sate dihidangkan bukan bersama nasi, melainkan dengan lontong. Lontong adalah beras yang dibungkus daun pisang kemudian direbus hingga matang.

5. Gulai Ikan Patin

foto: https://www.instagram.com/dapur_susmi/

Gulai Ikan Patin merupakan masakan khas Indonesia yang cukup populer. Masakan yang satu ini berasal dari Jambi. Ada yang unik dari gulai ikan patin yaitu gulai dimasak menggunakan tempoyak. Tempoyak adalah daging buah durian yang sudah difermentasi. Tetapi ada beberapa orang yang tidak menyukai tempoyak karena bau dan rasa begitu menyengat, sehingga banyak orang yang menggantinya dengan santan kelapa

6. Sop Buntut

foto: https://www.instagram.com/eunice_euston/

Sop Buntut merupakan sop daging yang sangat lezat. Anda akan mudah menemukan masakan khas ini di daerah Jawa Barat. Sop tersebut terdiri dari irisan ekor sapi yang dibakar atau digoreng dalam kuah yang jernih.

Irisan sapi tersebut dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cengkeh dan pala. Tidak ketinggalan sop buntut disajikan bersama kentang rebus, tomat, wortel, daun bawang, seledri dan bawang merah. Rasa segar sop dengan sedikit perasan jeruk nipis begitu menggoyangkan lidah Anda.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Bali Yang Berbahan Dasar Beras

7. Gohu Ikan

foto: https://www.instagram.com/kaum_jakarta/

Maluku juga memiliki makanan khas yang rasanya tidak kalah dengan makanan khas di tanah air lainnya. Sesuai dengan namanya, gohu ikan terbuat dari ikan yaitu jenis ikan tuna mentah. Orang-orang disana menyebut nya sashimi Ternate.

Cara membuat Gohu Ikan yaitu daging tuna segar dipotong kecil-kecil, dicuci kemudian dilumuri dengan perasan lemon cui dan garam. Setelah itu, adonan dicampur dengan rajangan kasar daun kemangi (balakama). Minyak kelapa panas dengan cabe rawit dan bawang merah dituangkan ke adonan ikan tuna mentah tersebut. Tidak ketinggalan taburi adonan dengan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

8. Pempek

foto: https://www.instagram.com/gerobakcorina/

Siapa yang tidak kenal Pempek makanan khas Palembang ini? Konon pempek sendiri berasal dari seorang pria Tionghoa yang menyajikan makanan pertama kali di Palembang, Sumatera Selatan. Makanan khas ini berbahan dasar ikan dan tepung tapioka.Makanan enak dan murah dapat Anda pilih dengan berbagai rasa, bentuk dan ukuran.

Varian pempek yang paling populer yaitu kapal selam. Pempek kapal selam di dalamnya ada telurnya. Pempek akan semakin nikmat dengan taburan beberapa bubuk udang di atasnya dan mencelupkannya ke dalam saus pempek. Saus pempek terbuat dari cabe, cuka dan gula yang khas. Nah, bagi Anda yang yang pergi ke Palembang, tentu wajib mencicipi pempek di tanah kelahirannya.

9. Gudeg

foto: https://www.instagram.com/furrybratzz/

Makanan khas Indonesia selanjutnya yaitu Gudeg dimana makanan yang satu ini asli dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika gudeg tidak berasa manis, tentu makanan tersebut bukanlah gudeg. Rasa manis dari gudeg tidak hanya berasal dari gula saja melainkan buah nangka muda yang mempengaruhi gudeg menjadi manis.

Cara membuat gudeg yaitu buah nangka direbus selama beberapa jam dengan gula aren, santan dan bumbu khas Yogyakarta. Untuk membuat rasa gudeg semakin nikmat, Anda perlu memasak beberapa jam agar menghasilkan hidangan yang sangat lembut. Gudeg dapat disajikan dengan kulit sapi goreng, daging ayam atau telur rebus.

Baca Juga : 12 Informasi Lengkap Seputar Makanan Khas Sunda

10. Ayam Taliwang

foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Ayam Taliwang merupakan makanan khas yang berasal dari Lombok. Makanan terpopuler di Lombok ini berbahan dasar ayam kampung yang masih muda. Ayam kampung muda tentu menjadikan masakan semakin lezat. Cara membuatnya yaitu ayam diolah dan dimasak dengan berbagai pilihan. Anda dapat memanggang, menggoreng maupun membakarnya. Bumbu yang digunakan pun sangat lezat dan pedas.

11. Kerak Telor

foto: https://www.instagram.com/p_aswarasy/

Kerak Telor menjadi hidangan andalan masyarakat Betawi. Betawi merupakan kelompok etnis asli Jakarta dan sekitarnya. Anda dapat dengan mudah menemukan Kerak Telor terutama di daerah Kota Tua dan Monas.

Makanan tradisional ini semacam nasi goreng yang dimasak diatas arang. Bahan dasar pembuatan kerak telor sendiri yaitu ketan dan telur. Hidangan berbentuk omelet yang biasanya diisi dengan parutan kelapa dan bawang goreng.

Kerak telur pun memiliki dua varian yaitu menggunakan telur bebek atau telur ayam. Untuk rasa yang lebih lezat dan lebih berlemak, Anda dapat memilih telur bebek sebagai bahan dasarnya.

Baca Juga : 7 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

12. Rendang

foto: https://www.instagram.com/rendanguniadek/

Rendang yang merupakan makanan khas Indonesia ini biasanya rendang daging sapi. Makanan yang satu ini mirip dengan kari daging sapi, hanya saja rendang tidak ada kaldunya. Rendang menjadi makanan yang jarang ditemukan karena memerlukan waktu yang lama dan keterampilan yang handal dalam membuatnya. Cara membuatnya dengan memasak daging sapi kedalam saus santan dan rempah-rempah selama berjam-jam.

Makanan Khas Indonesia memiliki keunikan rasa masing-masing. Jika Anda datang mengunjungi wilayah tanah air, alangkah baiknya mencicipi makanan-makanan khasnya. Rasanya akan jauh lebih enak dan lezat ketika Anda menikmati di tempat asalnya.

Baca Juga : Makanan Khas Semarang yang Murah Meriah dan Lezat

Nilai Kualitas Konten

1 thought on “12 Makanan Khas Indonesia Wajib Anda Coba”

Leave a Comment