9 Makanan Khas Jakarta Yang Rekomended

Makanan Khas Jakarta – Setiap daerah memiliki berbagai keunikan masing-masing. Salah satu keunikan terdapat pada makanan yang menjadikan kekhasan dari wilayah tersebut. seperti halnya dengan kota metropolitan ini, Jakarta memiliki segudang makanan khas yang lezat dan menggoyang lidah. Tidak lengkap rasanya jika Anda pergi ke Ibu Kota namun melewatkan beberapa makanan berikut ini.

9 Makanan Khas Jakarta Lezat Menggoyangkan Lidah

1. Soto Betawi

makanan khas jakarta soto betawi
foto: https://www.instagram.com/inovpelawi/

Salah satu Makanan Khas Jakarta yang banyak diburu oleh para wisatawan maupun penduduk lokal adalah soto betawi. Soto ini sangat populer dan cukup mudah untuk Anda temukan. Rasa Soto tentu nikmati dibanding Anda mencicipi soto betawi bukan di ibu kota.

Perbedaaan Soto asli Betawi dengan soto yang lainnya yaitu menggunakan aneka jeroan sapi pada penyajiannya. Misalnya hati dan torpedo, bahkan ada juga yang menggunakan mata sapi. Jeroan tersebut dicampur kedalam soto. Kuah yang digunakan adalah campuran santan dan susu serta bumbu-bumbu khas betawi lainnya.

2. Kerak Telor

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/sevenmarpaung/

Mungkin Anda juga dapat mencicipi kerak telor di wilayah lain di tanah air. Tetapi ketika Anda berkunjung ke jakarta, tidak ada salahnya jika Anda mencicipi makanan khas Jakarta ini. Tentu rasanya berbeda dengan kerak telor di tempat lain, karena makanan ini memiliki keunikan dan kekhasan sendiri.

Bahan utama untuk membuat kerak telor yaitu nasi yang dicampur dengan telur dan bumbu-bumbu lain. Telur yang digunakan untuk membuatnya terdiri dari dua jenis yaitu telur bebek dan telur ayam. Anda dapat memilih telur bebek sebagai bahan pembuatannya agar rasa lebih lezat dan tidak terlalu amis.

Cara memasaknya dengan memanggang bahan-bahan tersebut di atas kuali. Api yang digunakan untuk memasaknya pun tidak menggunakan kompor. Melainkan tungku arang. Setelah nasi matang, kemudian nais dibalik menghadap bara api. Bukan dibali di atas kuali tersebut. Cara memasak tersebut yang menjadi salah satu keunikan dari kerak telor ini. Setelah matang, kerak telor ditaburi dengan bawang goreng dan serundeng agar rasa semakin nikmat.

3. Nasi Kebuli

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/alahapjkt/

Nasi Kebuli merupakan makanan khas Betawi yang sangat populer di kalangan warga Betawi keturunan arab. Jika Anda melihatnya sekilas, makanan ini mirip dengan nasi Biryani di Arab. Makanan ini merupakan nasi yang ditanak bersama kadu kambing dan susu kambing. Seiring dengan perkembangan zaman, bagi masyarakat yang kurang menyukai susu kambing biasanya menggantinya dengan santan.

Nasi kebuli biasanya dihidangkan bersama tumisan daging kambing. Rempah-rempah yang digunakan dalam meracik Nasi Kebuli pun sangat beraneka ragam seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, lada hitam dan sebagainya. Nasi semakin nikmat jika dihidangkan bersama asinan nanas.

Baca Juga : 7 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

4. Sayur Babanci

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/terasaculinary/

Makanan khas Jakarta selanjutnya yaitu Sayu Babanci. Sayur babanci atau sering disebut ketupat babanci ini agak sulit ditemukan di Jakarta. Karena rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatannya sulit untuk ditemukan di Jakarta.

Sayur yang dinamakan babanci ini tidak jelas jenis sayur apa. Meskipun dinamakan sayur babanci, namun makanan ini sama sekali tidak terdapat sayurannya. Sangat unik bukan? Rasa dari sayur babanci memiliki rasa yang mirip dengan gulai.

Aroma dan rasa rempah yang kuat membuat masakan ini banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Sayur babanci membutuhkan sekitar 21 jenis bahan, bumbu, dan rempah untuk mengolahnya. Ada beberapa rempah yang kini sulit ditemukan seperti tai angin, botor, kedaung, temu mangga, temu kunci, bangle dan lempuyang.

5. Laksa

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/winzax/

Mungkin masakan khas Jakarta ini masih begitu aneh di telinga Anda yaitu Laksa. Laksa merupakan makanan yang populer di negara tetangga seperti Thailand, Singapura dan Malaysia. Ternyata betawi sendiri memiliki laksa dengan kekhasannya sendiri.

Laksa asli Ibu Kota ini memiliki cita rasa yang berbeda dari tempat-tempat lain. Tentu rasa laksa sangat cocok di lidah Anda. Keunikan dari laksa yaitu kuahnya berwarna kuning yang biasanya ditambahkan udang rebon.

Selain rasanya unik, laksa juga disajikan dengan cara yang berbeda. Laksa betawi disajikan bersama potongan kupat, telur, tauge, kucai dan daun kemangi. Agar memakan laksa dapat mengenyangkan, masyarakat biasanya menambahkan bihun dan perkedel sebagai pelengkapnya.

6. Gado-gado

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/rockingaussie/

Gado-gado menjadi makanan khas Jakarta yang harus Anda cicipi ketika menginjakkan kaki di ibu Kota. Makanan ini mirip seperti karedok maupun lotek yang berasal dari daerah lain. Gado-gado khas Jakarta terdiri dari berbagai sayuran seperti nangka, tauge, kacang panjang, dan beberapa pelengkap lain. Pelengkap lain seperti kentang, tahu, tempe dan telur.

Sebelum segala bahan disatukan, gado-gado dilengkapi dengan sambal kacang. Sambal kacang terdiri dari kacang tanah, gula, bawang putih, dan garam yang dihaluskan (diuleg). Nah, bahan-bahan dijadikan satu kemudian tuangkan sambal kacang diatasnya.

7. Nasi Ulam

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/sibungbung/

Nasi ulam merupakan nasi ramesnya orang Betawi. Makanan ini terdiri dari berbagai lauk yang sangat banyak. Nasi ulam biasanya dicampur dengan serundeng kelapa dan tumbukan kacang tanah. Nasi dapat disajikan dalam keadaan kering maupun basah. Anda dapat memesannya sesuai selera.

Nasi Ulam yang basah lebih mudah Anda dapatkan di daerah perkotaan. Nasi ulam basah menggunakan kuah semur untuk guyuarnnya dan lauk berupa bihun goreng, tempe tahu goreng, irisan telur dadar, cumi goreng, dendeng sapi, dan perkedel kentang.

Sedangkan nasi ulam kering lebih mudah ditemukan di daerah pinggiran. Nasi ulam kering tidak menggunakan kuah semur tetapi nasi hanya dicampur dengan taburan kacang dan serundeng. Tambahan lainnya yaitu bihun goreng, kemangi, dan potongan mentimun.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Semarang yang Murah Meriah dan Lezat

8. Soto Tangkar

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/cookingwithsheila/

Makanan khas Jakarta selanjutnya yaitu Soto Tangkar yang bahan utamanya menggunakan potongan iga sapi. Penamaan dari soto ini berasal dari bahan yang digunakan. Zaman Belanda dulu, orang-orang hanya dapat membeli iga sapi yang dagingnya hanya sedikit (tangkar).

Nah, kekreatifan orang betawi menyulap iga sapi tersebut menjadi soto yang lezat dan enak. Kuah yang digunakan pada soto yaitu santan tetapi rasa dari soto tidak terlalu berat. Seiring dengan perkembangan zaman, soto tangkar kini ditambahkan dengan isian seperti jeroan sapi atau kikil. Sehingga rasa soto semakin nikmat.

9. Pindang Bandeng Betawi

foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Pindang memang identik dengan kota Palembang, tetapi apakah Anda tahu jika pindang juga terdapat di Betawi. Makanan asli Betawi ini mudah Anda temukan di daerah Tugu. Masyarakat menyebut makanan ini dengan nama Pindang Serani. Makanan dinamakan Pindang Serani karena dulu banyak digemari oleh kaum Nasrani

Pindang Serani sangat lezat ketika disantap sebagai menu sarapan. Pembuatan dari pindang ini pun sehari sebelumnya. Perbedaan dengan bandeng di tempat lain yaitu penggunaan rempah yang sangat terasa dan penambahan kecap sebagai pemanis membuat pindang begitu nikmat.

Makanan Khas Jakarta tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda menginjakkan kaki di Kota Metropolitan ini. Rasa yang khas dan unik akan membuat Anda ketagihan untuk melahap makanan tersebut. Apalagi jika Anda menikmati makanan bersama teman atau orang tersayang, tentu rasanya semakin nikmat.

Baca Juga : Ikan Bakar Cianjur, Makanan Khas Sunda yang Melegenda

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “9 Makanan Khas Jakarta Yang Rekomended”

Leave a Comment