11 Makanan Khas Semarang yang Murah Meriah dan Lezat

Makanan khas Semarang sebenarnya ada banyak macamnya. Tidak hanya makanan berat saja, Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah ini juga menyimpan segudang jajanan khas yang tak kalah populer. Untuk makanan khas, tersedia mulai dari masakan hangat hingga dingin. Semua menu tersebut akan bisa Anda jumpai dengan mudah di jalanan kota Semarang.

Tidak perlu khawatir soal harga, karena harga yang dibanderol untuk masing-masing menu terbilang cukup murah dan pas untuk para traveller lho. Untuk bisa menemukan makanan-makanan khas tersebut juga cukup mudah, sebab warung-warung di pinggir jalan selalu siap sedia.

Nah, apa saja sih makanan asli Semarang yang terkenal dengan kekhasan sebagai masakan jawa ini? Mari kita ulas  10 diantaranya berikut ini.

11 Jajanan dan Makanan Khas Semarang Terpopuler

1. Nasi Ayam Semarang

makanan khas semarang
foto : https://www.instagram.com/e_ndro

Ini adalah salah satu makanan khas Semarang terenak dan patut dicoba, nasi ayam Semarang. Makanan yang satu ini berupa nasi liwet dengan tambahan telur rebus plus sewiran daging ayam yang disiram kuah opor serta sambal goreng jipan. Kuahnya yang gurih dijamin akan membuat Anda ketagihan untuk terus mencobanya berkali-kali.

Yang membedakan nasi ayam Semarang dan nasi liwet Solo atau lainnya ialah nasi ayam semarang disajikan bersama sate telur puyuh, usus, dan tambahan teh hangat sebagai minuman pelengkapnya. Pastikan Anda mampir untuk mencicipi nasi ayam khas Semarang yang satu ini saat berkunjung ke kota Semarang ya.

2. Mie Kopyok/teng-teng

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/okytan/

Mie kopyok di buat dari bahan utama berupa mie yang ditambahkan dengan tetelan daging dan beberapa tambahan lauk lainnya. Mie kopyok sudah cukup lama menjadi salah satu makanan terenak dan terpopuler di Semarang. Yang membuat mie kopyok ini berbeda dari masakan mie sejenisnya adalah tambahan kerupuk gendar yang gurih.

Sebagian masyarakat memberi nama mie kopyok dengan sebutan mie teng-teng atau mie lontong. Dinamai mie teng-teng karena para penjual sering menjajakan mie kopyok dengan membunyikan suara teng-teng. Sementara ada yang menamai mie lontong karena sering ditambahi irisan lontong di atasnya.

Baca Juga : Makanan Penambah Darah Baik untuk Penderita Anemia

3. Nasi Goreng Babat Gongso

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/depotmarumisby/

Ini adalah nasi goreng spesial dengan tambahan kulit sapi/babat yang dipotong kecil-kecil. Selain itu tambahan bumbu bawang merah dan putih, terasi, kecap dan cabai merah, akan membuatnya semakin gurih. Nasi goreng babat yang sudah siap saji akan berwarna kecoklatan dengan aroma gurih yang menggoda.

Kuliner ini akan semakin nikmat apabila ditambahkan dengan irisan telur goreng di atas hidangan nasi goreng babat gongso yang sudah siap santap.

4. Bandeng Presto

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/jekardahbandengpresto/

Selanjutnya, ada bandeng presto yang juga menjadi salah satu varian kuliner terbaik khas kota Semarang. Bandeng presto terbuat dari bahan dasar dan olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara dipresto guna melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang cukup banyak.

Kita tahu, presto merupakan sebuah teknik memasak yang memanfaatkan tekanan uap air yang tinggi, dan biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Bandeng presto akan sangat gurih jika dinikmati saat masih hangat.

5. Soto Bangkong

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/djengwoelan/

Menu populer khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Untuk Anda yang tertarik mencoba sensasi makanan ini bisa datang ke rumah makan di jalan Brigjen Katamso.

Soto bangkong sendiri disajikan dalam mangkuk kecil berisi suwiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang merah putih. Jika disajikan saat masih hangat, dijamin rasanya akan membuat lidah Anda ketagihan terus.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Bali Yang Berbahan Dasar Beras

6. Tahu Gimbal

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/jajanguyon/

Namanya memang cukup unik untuk sebuah nama makanan. Tahu gimbal ternyata salah satu makanan khas Semarang yang cukup terkenal. Tambahan potongan kol yang disiram bumbu kacang dan petis semakin menggugah selera penikmatnya.

Penamaan gimbal sendiri bukan istilah yang asal-asalan. Gimbal adalah sejenis makanan olahan udang yang telah di beri tepung sehingga menyerupai bakwan udang. Yang pasti, akan ada tambahan kerupuk udang jika Anda jadi  memesan satu porsi tahu gimbal.

7. Garang Asem

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/dad_dish/

Garang asem adalah salah satu kuliner khas kota Semarang yang berisi ayam dan  kuah santan yang dimasak hingga mengeluarkan aroma harum. Makan khas semarang ini berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang hingga kemudian ditutup dengan lidi.

Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, biasanya garang asem ini dimasak dengan tambahan jeroan ayam, tempe goreng, dan juga perkedel. Tambahan nasi hangat semakin melengkapi sajian makanan ini untuk siapa Anda santap.

8. Tahu Petis

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/sbykulinerinfo/

Hampir mirip dengan tahu gimbal, menu kuliner yang satu ini terbuat dari tahu dan petis. Sebelumnya, tahu yang akan diolah biasanya akan disayat-sayat terlebih dahulu untuk diisi dengan petis. Setelah itu, tahu petis kemudian akan digoreng hingga garing dan siap disantap.

Sensasi makanan ini akan semakin nikmat jika ada tambahan cabai rawit apalagi untuk Anda yang menyukai makanan pedas. Kabar baiknya, Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di sepanjang jalanan kota Semarang.

Baca Juga : 12 Informasi Lengkap Seputar Makanan Khas Sunda

9. Lumpia Semarang

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper/

Lumpia sudah cukup terkenal sejak dulu sebagai jajanan khas Semarang yang jadi sasaran para wisatawan.Bentuknya bundar dan menggulung menyerupai roll. Lumpia sendiri terbuat dari adonan tepung yang diberi isian lalu digulung dan dicelupkan ke dalam minyak panas alias digoreng.

Untuk isian lumpia sangat bervariasi, mulai dari daging ayam, sewiran telur goreng, bawang putih, hingga potongan sayur. Perpaduan bahan dan bumbu isian yang enak tersebut semakin membuat cita rasa lumpia Semarang ini semakin nikmat saja.

10. Pisang Plenet

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/dietkok/

Menu makanan/jajanan dari bahan dasar pisang ini bernama pisang plenet. Sudah cukup lama dikenal sebagai salah satu makanan khas Semarang, pisang plenet menghadirkan rasa yang lezat. Kuliner ini memiliki ciri khas yaitu manis dan berbentuk pipih karena memang dalam proses pembuatanya diplenet (dipipihkan).

Proses pembuatannya sendiri jika diurutkan dimulai dengan memotong pisang kapok matang lalu dibakar menggunakan api kecil sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu pisang ditiriskan dan dibaluri olesan mentega dengan tambahan meises, coklat, selai nanas, gula bubuk atau penambah rasa lainnya. Tahap terakhir, pisang plenet akan ditutupi lagi dengan daun pisang dan dimasak hingga matang.

11. Tahu Pong

makanan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/naelun_sukarelawati/

Tahu pong sendiri berarti tahu yang dalamnya tidak berisi tambahan apapun alias kopong. Tahu pong sudah cukup populer sejak dulu sebagai jajanan khas Semarang. Untuk menambah kenikmatan santap tahu pong, biasanya disajikan cabai rawit. Untuk Anda pecinta makanan pedas, rasa hot chilli-nya akan membuat Anda terus ketagihan menikmatinya.

Menu-menu makanan khas Semarang di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah karena sudah banyak toko makanan dan oleh-oleh yang menyebar di seluruh wilayah kota. Anda tidak perlu bingung jika ingin menikmati sajian bandeng presto atau pisang plenet, tinggal keluar rumah dan cari warung terdekat. Semoga Anda berkesempatan mencicipi semua makanan di atas ya.

Baca Juga : 7 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

Nilai Kualitas Konten

4 thoughts on “11 Makanan Khas Semarang yang Murah Meriah dan Lezat”

Leave a Comment