18 Makanan Penambah Darah Baik untuk Penderita Anemia

Banyak yang tidak tahu mengenai makanan penambah darah meskipun orang seringkali paham bahwa ia memiliki anemia atau sering merasa pusing dan lemah. Biasanya jika hal tersebut terjadi karena kurangnya zat besi pada tubuh serta asam folat dan darah. Nah untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya asupan makanan yang menambah darah untuk dikonsumsi secara rutin agar badan tidak lemas.

Berbagai makanan tersebut banyak diantaranya berupa buah-buahan, sayuran, dan daging. Ternyata selain kaya akan vitamin, buah-buahan juga bisa menjadi penambah darah. Berikut beberapa buah-buahan dan makanan penambah darah yang perlu Anda ketahui dan sangat baik untuk dikonsumsi karena kekayaan gizinya.

18 Makanan Penambah Darah Baik untuk Penderita Anemia

1. Jeruk

Kebanyakan orang hanya mengetahui jika jeruk kaya akan vitamin namun banyak yang tidak tahu jika jeruk ini juga bisa untuk menambah darah. Jeruk memiliki banyak kandungan misalnya asa folat yang tinggi sehingga bisa membantu untuk menambah pembentukan sel darah merah baru. Buah ini menjadi buah favorit di kalangan masyarakat Indonesia dari berbagai usia dan kalangan.

Buah berwarna oranye ini juga kaya akan vitamin C sehingga mampu membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Karena itu, banyak makanan atau jajanan yang diberi rasa jeruk karena banyak yang menyukainya,

2. Delima

Buah selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi penderita anemia yakni buah delima. Buah ini memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang diperlukan tubuh. Selain itu, kadar askorbat yang terdapat di buah delima ini juga dapat menaikkan zat besi dan juga membantu pemrosesan hemoglobin.

3. Kurma

Buah yang berasal dari Arab namun populer di Indonesia, yakni kurma juga bagus untuk dikonsumsi. Buah ini memiliki banyak khasiat yang kaya dan cukup untuk mengatasi anemia karena kandungan gizinya. Di Indonesia, dimana mayoritas merupakan muslim, kurma bukan lagi buah asing, karena hampir di setiap momen puasa dan lebaran setiap rumah menyediakan buah kurma ini.

4. Anggur

Selanjutnya, buah mungil dan manis ini juga bisa dimasukkan dalam kategori buah penambah darah. Buah Anggur sangat kecil namun memiliki banyak vitamin serta asam folat yang berguna untuk mencegah anemia. Sayangnya, buah ini tergolong dalam buah yang tidak ramah di kantong.

5. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat . Selain harganya yang cukup terjangkau. Biasanya orang-orang yang sedang melakukan program diet banyak mengkonsumsi apel, apalagi buah ini memiliki banyak varian sehingga menggoda kita untuk mengkonsumsinya. Buah ini baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan mampu membantu meningkatkan kadar darah.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh dan Rambut

6. Wortel

Wortel menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin A. Biasanya, selain di sayur, wortel juga banyak dikonsumsi untuk dijadikan juz. Vitamin A dalam wujud retinol ini sangat membantu tubuh untuk melakukan proses penyaluran oksigen dan memproduksi sel darah merah.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Akan lebih enak mengkonsumsi buah ini dengan cara di jus, lebih menyegarkan.

7. Persik

Buah ini memang tidak terlalu populer dibandingkan buah-buahan lainnya. Namun buah ini sangat baik untuk dikonsumsi dan kaya akan vitamin. Buah ini mengandung vitamin C dan zat besi yang berguna untuk regenerasi sel darah merah dan membantu meningkatkan proses hemoglobin.

8. Jambu biji

Biasanya pasien demam berdarah banyak yang mengkonsumsi jambu biji untuk membantu mempercepat proses pembuatan trombosit dan keping darah. Selain itu, buah ini juga bisa menambah kadar sel darah merah dan memiliki peran penting dalam pembuatan hemoglobin. Buah ini murah, enak dan banyak yang suka.

9. Mangga

Buah mangga sangat mudah didapatkan di Indonesia dengan harga yang cukup murah meskipun keberadaannya juga seringkali musiman. Ada banyak varian mangga dimana salah stau yang paling menjadi favorit yakni mangga arum manis. Buah ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B,C, E, dan K serta nutrisi lain.

10. Stroberi

Buah berwarna merah banyak digemari oleh masyarakat Indonesia apalagi anak-anak. Rasanya yang manis asam juga banyak dijadikan hiasan, dijus, atau dijadikan selai untuk olahan kue. Selain itu, buah ini memiliki kandungan antioksidan dan bagus untuk pembentukan sel darah merah untuk perlindungan sel tubuh dari terpaan radikal bebas.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Ketumbar yang Berguna untuk Kesehatan Anda

11. Pisang

makanan penambah darah
Gambar : www.instagram.com

Pisang ini bagus untuk kesehatan karena bisa membantu menjaga jumlah darah serta meningkatkan jumlah darah. Buah ini mudah sekali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan ragam varian bentuk dan rasa. Buah ini kaya akan zat besi sehingga cukup membantu mencegah anemia serta kandungan asam folatnya membantu proses pembentukan sel darah merah.

12. Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat, misalnya untuk dijadikan sambal tomat, atau untuk campuran sayuran sehari-hari, di jus atau dikonsumsi secara langsung. Buah ini cukup bagus untuk dikonsumsi penderita anemia karena kandungan vitaminnya yang melimpah termasuk vitamin C dan zat besi.

13. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang memiliki lemak tinggi namun berupa lemak jenuh dengan sifat alami sehingga baik untuk tubuh. Alpukat memiliki banyak kandungan vitamin misalnya fosfor, zat besi, vitamin B1, Vitamin A, dan Vitamin C untuk kebaikan tubuh. Karena itu bagi Anda yang menderita anemia, mengkonsumsi buah ini sangat dianjurkan.

14. Daging

Selain buah-buahan dan sayuran, ang masuk dalam kategori makanan penambah darah yakni daging. Daging ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, makanan ini juga umum dikonsumsi masyarakat Indonesia karena kandungan zat besi dan protein yang sangat tinggi.

Baca Juga : Manfaat Daun Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

15. Bayam

Kalian ingat film popeye pecinta bayam? Nah memang, bayam ini adalah sayuran yang sangat memabntu untuk menambah darah karena kandungannya. Biasanya bayam di sayur menjadi sayur bening kalau di Jawa. Selain itu, bayam kaya akan serat, protein nabati, vitamin A dan E serta kalsium. Semua kandungan yang terdapat di bayam sangat membantu proses pembentukan hemoglobin.

16. Daun singkong

Daun singkong adalah sayuran lain yang juga bagus untuk dikonsumsi. Bagi orang Indonesia, sayur ini sangat mudah ditemui dan merupakan sayuran yang umum dikonsumsi masyarakat. Apalagi bagi masyarakat Minang, sayuran ini menjadi konsumsi sehari-hari. Jenis sayuran ini baik untuk mengatasi kekurangan darah. Selain mudah ditemui, sayuran ini juga sangat murah secara harga.

Berbagai kandungan yang terdapat dalam daun singkong ini diantaranya yakni Vitamin B1, Vitamin C, zat besi, fosfor, karbohidrat serta protein.

17. Kacang hijau

Selain daging, buah dan sayur, makanan penambah darah lainnya yakni kacang hijau. Kacang hijau sangat terkenal sebagai makanan yang kaya antioksidan dan bisa mencegah adanya radikal bebas serta membantu pembentukan sel darah merah.

Kandungan zat besi yang ada di dalam kacang hijau bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

18. Cokelat

Nah makanan yang satu ini merupakan jenis makanan yang hampir digemari oleh semua orang. Namun siapa sangka bahwa coklat memiliki kandungan gizi yang baik dan mampu mengatasi kekurangan darah. Bahkan, setiap 100 gram coklat di dalamnya terkandung 17 mg zat besi, untuk menambah sel darah merah.

Jadi, mulai dari sekarang makanan penambah darah yang mana yang akan dikonsumsi secara rutin?

Baca Juga : Beragam Manfaat Serai Bagi Kesehatan Dan Aromaterapi

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “18 Makanan Penambah Darah Baik untuk Penderita Anemia”

Leave a Comment