7 Macam Manfaat Baking Powder

Manfaat Baking Powder – Baking Powder biasa digunakan untuk berbagai macam makanan. Namun, tahukah kamu jika Baking Powder juga banyak digunakan untuk hal lain? Seperti digunakan untuk kecantikan. Sudah menjadi hal yang wajar dalam menggunakan bahan makanan untuk kebutuhan lain. Selama tidak merasa dirugikan, orang-orang akan tetap melanjutkan apa yang mereka lakukan.

Sebenarnya apa itu Baking Powder? Baking Powder adalah salah satu bahan makanan yang berfungsi untuk mengembangkan makanan, atau lebih dikenal dengan “Pengembang makanan”. benda bubuk berwarna putih ini tidak bisa sembarang digunakan untuk semua jenis makanan. Karena mengandung tartar, Baking Powder memiliki sedikit sifat asam. Lalu bagaimana mana dengan Baking Soda?

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Manfaat baking powder
Gambar : www.instagram.com

Dua bahan makanan ini memang sering dikatakan kembar identik. Bentuk yang serupa, membuat orang sulit untuk membedakan. Nah, hal ini juga yang sering membuat hasil makanan gagal, terutama untuk penggunaan kue. Lalu, apa saja perbedaan dari Baking Powder dan Baking Soda?

  • Baking Soda atau Soda kue terbuat dari 100% Natrium Bikarbonat atau Sodium Bikarbonat bersifat basa. Sedangkan Baking Powder juga terbuat dari bahan yang sama, yaitu Natriun Bikarbonat. Yang membedakan adalah, pembuatan Natriun Bikarbonat pada Baking Powder dikombinasi dengan krim tartar.
  • Pada penggunaan Baking Soda dibutuhkan bahan asam, atau pengembang ini akan bereaksi jika dicampur dengan bahan makanan yang mengandung asam, seperti cuka, madu, yogurt, coklat, dan telur. Berbeda dengan Baking Powder yang tidak membutuhkan bahan asam untuk dapat bereaksi.
  • Sehingga, sangat penting untuk mengetahui bahan makanan yang akan digunakan. Jika membuat makanan tanpa telur atau bahan asam lainnya, kamu bisa menggunakan Baking Powder untuk hasil yang maksimal.
  • Dari segi rasa, Baking Soda memiliki rasa cukup pahit jika tidak diimbangi dengan bahan sifat asam. Namun tidak untuk Baking Powder yang memiliki rasa Netral.
  • Penggunaan Baking Soda berlebih atau tidak sesuai dengan takaran, dapat membuat rasa makanan menjadi getir dan kurang enak dimakan. Sedangkan untuk penggunaan Baking Powder dengan takaran berlebih tidak akan merusak makanan karena kandungan krim tartar dengan rasa netral sehingga tidak menciptakan rasa pahit pada cita rasa.

Setelah mengetahui perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, sekarang kamu tahu bagaimana menggunakan Baking Powder dengan resep yang tepat. Nah, fungsi dan manfaat Baking Powder untuk makanan adalah dapat merenyahkan makanan sehingga banyak digunakan untuk adonan makanan kering atau kue kering.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh dan Rambut

Macam Manfaat Baking Powder

Jika mendengar kata Baking Powder, Auto terbayang makanan. Memang benar fungsi untama dari Baking Powder adalah sebagai pengembang, namun saat ini banyak penemuan dan pengalaman orang yang menggunakannya untuk kebutuhan lain. Bahkan perusahaan laundry kecil atau menengah keatas sudah tak asing dengan benda ini. Tidak untuk membuat makanan untuk karyawan, tetapi digunakan untuk penghilang noda.

Selain perusahaan laundry, beberapa pakar kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan pengembang ini sebagai alat kecantikan. Wah, siapa lagi yang juga memanfaatkan kelebihan dari pengembang warna putih bersih ini? Berikut beberapa manfaat baking powder :

1. Manfaat untuk kecantikan

Dari segi kecantikan, Baking Powder digunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Kamu juga bisa menggunakan pengembang ini untuk lulur. Bisa dicampur dengan lemon yang kemudian diusap pada bagian tubuh yang diinginkan. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran seperti daki, dan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Beberapa orang juga menggunakannya untuk masker wajah. Hal ini cukup aman untuk kulit karena Baking Powder tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hasil dari masker ini yaitu kulit tampak bersih dan putih, serta komedo mudah diangkat. Untuk cara penggunaannya sangat mudah, cukup campur 1/2 sendok Baking Powder dengan satu sendok air. Aduk hingga seperti pasta, lalu usapkan pada wajah.

2. Manfaat untuk pakaian

Selain pemutih dan bahan kimia lain, Baking Powder dapat membersihkan noda yang aman tanpa merusak pakaian. Cara penggunaan juga cukup mudah. Taburkan Baking Powder pada noda, kemudian rendam pakaian. Tunggu hingga noda memudar. Penggunaan ini sangat efektif untuk pakaian putih tanpa membuat pakaian berubah menjadi kuning.

3. Manfaat untuk Sepatu

Manfaat lain yaitu untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Sangat mengganggu dan mengurangi tingkat rasa percaya diri ketika sepatu tidak nyaman dipakai karena bau yang berlebih. Nah, agar lebih hemat, kamu bisa menyikat sepatu dengan campuran air dan Baking Powder.

Cara lain untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan menaburkan langsung pengembang tersebut kedalam sepatu. Goyang-goyang sepatu dan tunggu hingga satu hari. Keesokan hari, buang sisa Baking Powder.

4. Manfaat untuk Bau mulut

Banyak penyebab dari bau mulut, diantaranya karena kuman yang bersarang di sela-sela gigi. Sikat gigi saja tidak cukup, terkadang butuh obat kumur sebagai tambahan. Nah, kamu bisa menggunakan Baking Powder sebagai pengganti obat kumur biasanya.

Caranya mudah, cukup larutkan Baking Powder kedalam air, lalu gunakan untuk berkumur-kumur sekitar 30 detik. Lakukan jangan hanya sekali, setidaknya beberapa kali untuk tahu hasilnya.

5. Manfaat untuk Pembersih Perabotan Rumah Tangga

Selain dapat digunakan untuk membersihkan buah dan sayur, Baking Powder juga bisa membantu kamu untuk meringankan mencuci kerak bandel pada kompor, panci, dan perabotan dapur lainnya.

Memang menyebalkan ketika mencuci kerak hitam yang menyulitkan. Cukup mencuci menggunakan Baking Powder terlebih dahulu, kemudian bilas cucian dengan sabun biasa, perabotan dapur kembali bersih.

6. Manfaat untuk Wastafel Mampet

Wastafel mampet memang sering menjadi masalah besar. Terburuknya kita harus memanggil jasa pembersih, dan itu butuh waktu untuk menunggu. Jadi, jangan sampai membuang waktu, kamu bisa melakukannya sendiri.

Cukup dengan memasukan Baking Powder kedalam lubang wastafel. Masukan juga cuka dan air hangat. Tunggu dalam waktu beberapa saat wastafel tidak mampet lagi.

7. Manfaat untuk Membersihkan Krayon pada tembok

Melihat anak tumbuh kembang dan memiliki jiwa yang aktif serta kreatif adalah kebahagiaan untuk orang tua. Terkadang anak menuangkan dunianya pada semua benda disekitarnya, termasuk mencoret-coret tembok.

Sekarang kamu tidak usah khawatir atau mengekang bakat mereka. Serahkan semua pada si bubuk putih, semua akan beres. Basahi lap yang sudah ditaburi Baking Powder. Bersihkan pada bagian krayon hingga noda hilang dan bersih. Jadi sekarang orang tua tidak perlu lagi marah atau melarang anak untuk berkreasi.

Baking Powder ternyata menjadi benda yang multi fungsi. Dengan satu jenis benda, kamu bisa membereskan beberapa masalah, mengurangi rasa khawatir yang berpengaruh dengan rasa percaya diri, dan tidak ada lagi salah penggunaan bahan makanan. Karena Baking Powder dan Baking Soda yang sering keliru.

Ketika menggunakan Baking Powder untuk bahan makanan, disarankan untuk tidak melarutkan kedalam bahan cair, sebaiknya dicampur kedalam bahan yang bersifat kering dulu. Karena gas karbon dioksida bisa langsung terlepas sebelum masuk di panggangan. Tentunya itu bisa berpengaruh pada hasil makanan. Nah itu dia beberapa manfaat baking powder yang telah di jelas kan di artikel ini Selamat berkreasi 🙂

Baca Juga : Berbagai Manfaat Ketumbar yang Berguna untuk Kesehatan Anda

Nilai Kualitas Konten

6 thoughts on “7 Macam Manfaat Baking Powder”

Leave a Comment