Intip 8 Manfaat Bawang Merah Untuk Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat bawang merah yang bukan menjadi rahasia umum lagi adalah digunakan sebagai salah satu bumbu tabur favorit. Bawang merah yang telah diolah menjadi bawang goreng memiliki cita rasa yang gurih. Banyak orang yang memilih bawang goreng sebagai teman makan soto ayam, sop iga dan makanan berkuah lainnya. Rasa dan aroma makanan dijamin menjadi lebih mantap.

Selain manfaatnya sebagai penyedap rasa, tahukah Anda bahwa si merah mungil ini ternyata juga kaya akan zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada mulanya, tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Allium cepa ini berasal dari daerah Iran dan Pakistan. Seiring dengan berkembangnya zaman, tumbuhan kaya manfaat ini mulai dibudidayakan ke berbagai penjuru dunia, baik yang memiliki iklim tropis maupun subtropis.

Manfaat bawang merah untuk meredakan gejala penyakit yang timbul

Manfaat bawang merah sebagai obat tradisional alami dapat dirasakan khasiatnya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan zat yang bermanfaat pada bawang merah antara lain zat besi, vitamin C, Kalium, Kalsium, dan Asam Folat. Selain itu, terdapat dua hormon yang dapat mengatur pertumbuhan secara alami yaitu hormon auksin dan giberelin. Lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini tentang manfaat si merah untuk atasi masalah kesehatan.

Manfaat bawang merah
Gambar : www.instagram.com

1. Menstabilkan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit yang bersifat menurun atau degeneratif. Salah satu penyakit yang dapat dipicu oleh kadar gula berlebih adalah Diabetes Militus (DM). Berdasarkan hasil penelitian dari daerah Sudan, membuktikan bahwa para penderita DM type satu dan type dua yang rutin mengkonsumsi si merah  dalam keadaan mentah memiliki kadar gula darah yang normal dan stabil. Berlaku sebaliknya untuk penderita DM yang tidak rutin mengkonsumsinya. Hal ini secara medis dapat dibuktikan dengan meningkatnya kadar hormon insulin dalam tubuh. Selain itu, tubuh penderita DM akan terbantu dalam proses glikolisis sehingga kadar gula darah menjadi turun.

2. Redakan tenggorokan sakit dan panas dalam

Jika Anda menderita sakit tenggorokan yang diakibatkan karena batuk atau panas dalam, segeralah mencari bawang merah di dapur sebagai pertolongan pertama untuk atasi gejalanya. Ambil beberapa butir bawang merah mentah yang telah dibersihkan. Lalu olah menjadi minuman atau jus dengan cara diblender. Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa untuk menyamarkan rasa dan aroma yang pastinya kurang bersahabat. Minumlah 2 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu di tenggorokan.

3. Menguatkan stamina bagi pria dewasa

Bawang merah memiliki kandungan Fitokemikal yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun. Manfaaf vitamin C akan terdongkrak sehingga tubuh akan lebih berstamina dan tahan banting. Bagi pria dewasa yang loyo dan kurang bertenaga dalam bekerja wajib mengkonsumsi bawang merah yang masih mentah. Daya tahan tubuh akan meningkat dan tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Tingkatkan kesehatan dan kinerja otak

Kandungan zat besi dan folat yang ada pada tumbuhan umbi ini memiliki manfaat yang sangat penting yaitu untuk meningkatkan kesehatan otak dan mengatur tingkat emosional seseorang. Selain itu, folat juga mampu melindungi DNA dan RNA yang ada di dalam tubuh. Senyawa pyrithione pada bawang juga mampu mencegah peradangan pada daerah otak. Sifat anti peradangan ini membantu mencegah timbulnya gangguan daya ingat seperti pikun dan alzheimer. Rutin mengkonsumsi bawang mentah juga mampu menenangkan syaraf dan gangguan iritasi pada syaraf.

5. Mampu turunkan gejala tekanan darah tinggi

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Pharmacological reports pada tahun 2009, mengungkapkan bahwa bawang merah merupakan jenis umbi-umbian yang dapat menurunkan gejala tekanan darah tinggi. Kandungan zat quercetin yang tinggi inilah yang terbukti mampu untuk mengontrol tekanan darah. Sebagai metode pencegahan, Anda bisa rutin memakan bawang merah yang mentah seminggu sekali. Orang yang memiliki tekanan darah normal tidak akan terkena penyakit degeneratif yang mematikan. Beberapa penyakit yang bisa diturunkan ke anak cucu diantara diabetes militus, gagal ginjal, stroke, dan jantung koroner.

6. Sebagai antiseptik alami

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah mempunyai efek antiseptik pada bawang merah disebabkan karena adanya kandungan senyawa alliin. Senyawa ini kemudian akan dirubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin oleh enzim alliinase. Selanjutnya, zat asam tersebut akan bekerja sebagai anti mikroba yang memiliki sifat bakterisida. Kandungan vitamin C pada bawang dibutuhkan tubuh untuk pembetukan kolagen yang tak lain adalah protein yang membantu dalam mempercepat pembentukan jaringan yang baru. Jadi, bila Anda mengalami luka ringan akibat sayatan atau benturan, segera oleskan bawang merah yang sudah dihaluskan ke bagian luka yang sebelumnya telah dibersihkan. Betangsur-angsur luka akan segera sembuh dan tidak meninggalkan infeksi.

7. Membantu program diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi bawang merah pada makanannya. Zat antioksidan dan juga zat aktif lainnya pada bawang merah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jumlah lemak total pada tubuh akan turun ketika kadar kolesterol berkurang. Bagi penderita kegemukan dan obesitas wajib mengkonsumsi bawang merah sebagai menu pendamping diet.

8. Penurun demam yang aman bagi anak balita

Balita memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga rentan terkena sakit. Demam dan suhu badan tinggi yang seringkali terjadi pada balita tentu akan membuat sang ibu merasa bimbang. Anak balita umumnya susah untuk minum obat dari dokter. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah melumuri badan anak dengan tumbukan bawang merah yang dihaluskan. Cairan bawang akan memberikan rasa hangat pada tubuh dan dapat menurunkan panas anak dengan cepat. Oleh karena itu, jadikan bawang merah sebagai pertolongan pertama saat anak Anda demam.

Tahukah Anda kenapa bawang merah yang diiris dapat menyebabkan rasa pedih dimata? Hal ini disebabkan oleh senyawa syn-propanethial-s-oxide yang terbentuk pada saat jaringan di daging bawang merah diiris. Hal ini dipicu oleh pembentukan enzim lachrymatory-factor synthase. Enzim jenis ini keluar ketika tumbuhan dilukai yang akhirnya menyebabkan mata Anda berair karena kelenjar air mata menjadi terangsang.

Manfaat bawang merah begitu besar dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan bumbu dapur jenis umbi-umbian ini sebagai bahan pokok yang tidak boleh absen di dapur. Rasakan khasiat yang luar biasa ketika ada sanak saudara atau Anda sendiri mengalami keluhan di atas. Selain info kesehatan, ada tambahan informasi yang tidak kalah penting bagi Anda yang masih suka membuang limbah kulit bawang. Kulit bawang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami tekstil. Pemanfaatan limbah kulit bawang merah dapat mengurangi sampah rumah tangga. Kulit bawang dapat diekstrak sehingga menghasilkan cairan warna merah yang siap digunakan sebagai bahan celupan kain khususnya yang berbahan satin.

Nilai Kualitas Konten