Manfaat Daun pandan Bagi Bagi Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

Diposting pada

Manfaat daun pandan bagi kesehatan sangat beragam, meskipun belum banyak diketahui oleh masyarakat. saat ini masih banyak masyarakat yang mengenal daun pandan sebagai aroma makanan maupun pewarna alami. Namun sebenarnya kandungan glikosida dan tannin pada  daun pandan sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan untuk melawan penyakit berbahaya seperti kanker.

Daun pandan banyak kita temukan dengan mudah di negara kita. Dengan aroma yang yang harum daun pandan banyak digunakan sebagai pengharum makanan atau pewarna makanan alami. Pada makanan jenis kue, biasanya daun pandan digunakan sebagai pewarna dan penambah rasa makanan. Sayangnya kandungan yang terdapat dalam daun pandan ini banyak dilewatkan begitu saja. Anda bisa mempelajari manfaat daun pandan bagi kesehatan yang akan kami sampaikan berikut ini.

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan yang terdapat dalam daun pandan dapat menurunkan kadar postprandial dan gula darah dalam tubuh. Selain itu daun pandan juga berfungsi untuk untuk meningkatkan produksi insulin sel pankreas sehingga mampu mencegah terjadinya diabetes. Menurut penelitian, ekstrak pandan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa glukosa plasma mengalami penurunan selama proses penelitian.

2. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun pandan selanjutnya adalah meningkatkan nafsu makan. Aroma yang terdapat dalam daun pandan dapat dapat merangsang nafsu makan anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menambahkannya pada menu makan anda sehari-hari. Bagi anda yang memiliki masalah serius dengan nafsu makan, bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun pandan dan diminum dua kali sehari.

3. Menetralisir Racun Negatif dalam Tubuh

Untuk memanfaatkan daun pandan sebagai penetralisir racun, dapat dilakukan dengan cara membuat teh daun pandan. Kandungan yang terdapat dalam daun pandan dapat mendetoksifikasi racun berbahaya yang ada dalam tubuh, terutama bagi organ hati. Dengan mengkonsumsi daun pandan, dapat membantu mengeluarkan racun serta zat-zat yang tidak baik bagi hati. Daun pandan juga bisa pencahar ringan yang aman untuk mengatasi sembelit pada anak.

4. Menjaga kondisi saraf

Bagi  anda  yang rutin mengkonsumsi rebusan daun pandan selama 2 kali sehari dapat mengobati beberapa masalah saraf. Anda hanya perlu merebus 3 daun pandan dengan 3 gelas air kemudian masak air tersebut hingga menjadi 2 gelas.

5. Mengobati sakit nyeri

Daun pandan memiliki sifat analgetik yang dapat mengatasi rasa nyeri pada dada, kepala, kram perut atau nyeri lain yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi keluhan tersebut, anda bisa mengkonsumsi teh daun pandan selama dua kali sehari.

6. Mengobati rematik

Anda penderita rematik dan belum menemukan obat alami yang cocok? Jika begitu anda bisa menggunakan ekstrak daun pandan sebagai solusi nya. Langkah pertama adalah dengan merebus daun pandan kemudian air rebusan digunakan sebagai minyak gosok. Anda bisa mencampurkan air tersebut dengan minyak kelapa dan dioleskan pada bagian yang terkena rematik. Biasa Nya  bagian tubuh yang mudah terserang rematik adalah bagian lutut, kaki serta pergelangan tangan.

7. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Masalah kepala menjadi masalah kulit kepala yang hampir dialami oleh semua orang. Jika anda sudah berganti produk shampo namun belum bisa mengatasi masalah kulit kepala anda, bisa beralih menggunakan daun pandan sebagai solusi. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan dijadikan masker dan dioleskan pada rambut dan kulit kepala anda. gunakan masker tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Rambut rontok banyak disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya nutrisi pada rambut sehingga mudah rontok. Kandungan yang terdapat dalam daun pandan dapat menyehatkan dan melembabkan rambut sehingga menjadikan rambut anda lebih kuat. Oleh karenanya, menyuburkan rambut dengan menggunakan daun pandan menjadikan rambut lebih sempurna.

8. Melawan kanker

Salah satu manfaat daun pandan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat adalah dapat melawan penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa daun pandan dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit kanker. Kandungan pandan yang bersifat  apoptosis, antimitotic, antiproliferatif, dan efek sitotoksik dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.

9. Menyembuhkan diare

Selain dapat disembuhkan dengan menggunakan daun jambu merah, diare juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun pandan.  Daun pandan memiliki kandungan sifat antijamur, antibakteri, serta antimikroba. Secara keseluruhan, kandungan tersebut dipercaya mampu membersihkan mikroba berbahaya yang terdapat di dalam usus. Jika anda mengalami gangguan diare yang disebabkan oleh bakteri atau keracunan makanan dapat diatasi dengan menggunakan daun pandan ini. caranya juga terbilang mudah karena anda hanya perlu mengkonsumsi teh daun pandan untuk menenangkan rasa sakit dan menghilangkan penyakit tersebut.

10. Meredakan perut kram

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, daun pandan memiiki efek terapiutik yang dalat meredakan kram dan sakit perut lainnya. Sakit kram dapat terjadi sebagai gejala dari beberapa penyakit seperti pencernaan, penyakit radang usus, dan keracunan makanan. Dengan mengkonsumsi daun pandan ini dipercaya dapat mengatasi gejala sakit tersebut. cara yang dilakukan juga cukup mudah karena anda hanya perlu merebus daun pandan tersebut kemudian memanfaatkan air daun pandan tersebut. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut sebagai teh dan dikonsumsi selama dua kali sehari.

11. Mengatasi masalah tidur

Perlu anda ketahui daun pandan memiliki kandungan tannin sehingga dapat dijadikan sebagai obat penenang. Oleh karenanya, mengkonsumsi nabati-nabati dapat digunakan unrik menenangkan saraf serta dapat meningkat kualitas tidur yang nyenyak.

Secara tradisional daun pandan banyak digunakan sebagai bahan minuman herbal yang dapat mempromosikan relaksasi. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang benar  karena mengkonsumsi daun pandan teh herbal berfungsi sebagai pemecah masalah gangguan tidur. Dengan begitu anda yang terkena gangguan masalah insomnia atau yang lainnya dapat mengkonsumsi teh daun pandan tersebut.

12. Meredakan stres

Siapa sangka daun pandan juga dapat berfungsi untuk menurunkan atau meredakan stres. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa daun ini memiliki beberapa sifat penenang sehingga daun pandan dapat mengurangi stres dan kecemasan secara alami. Ketika anda membutuhkan waktu untuk sedikit mengurangi stres atau  menghilangkan kepenatan anda, dapat ditambah dengan mengkonsumsi segelas teh daun pandan.

Dengan beberapa manfaat di atas dapat kita ketahui bersama bahwa daun pandan tidak hanya berfungsi sebagai aroma pada makanan saja. jika selama ini kita hanya menggunakan daun pandan dan ekstrak daun pandan sebagai bahan makanan saja, mulai saat ini daun pandan bisa dijadikan obat alami. Dengan menggunakan obat-obat alami, maka akan lebih aman bagi kemajuan kesehatan anda.

Manfaat daun pandan nyatanya bisa bermanfaat bagi kesehatan. Sekarang saatnya bagi anda untuk membuktikan khasiat daun pandan untuk menjaga kesehatan anda.

Nilai Kualitas Konten