Kandungan Dan Manfaat Daun Salam

Ada berbagai manfaat daun salam dalam kecantikan maupun kesehatan. Daun salam ini bukan hanya sekedar salah satu bumbu masakan, namun juga dimanfaatkan sebagai obat – obatan sejak dahulu hingga kini.

Kandungan Dalam Daun Salam

Daun salam mempunyai beberapa kandungan zat yang mempunyai peran penting bagi tubuh. Karena itulah, kini terdapat berbagai macam produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan daun salam sebagai bahan baku.

Di bawah ini merupakan zat yang terkandung di dalam daun salam :

1. Zat antioksidan

Kandungan zat antioksidan ini bermanfaat untuk regenerasi, baik itu kulit, syarat dan lain – lain. Zat inilah yang menjadi zat utama dalam dunia kecantikan sebagai anti aging.

2. Salisilat, Rutin, Fitonutrien dan Asam caffeic

Zat ini sangat berguna untuk memperlancar kinerja jantung dalam kondisi normal.

3. Flavonoid

Sedangkan manfaat dari flavonoid adalah untuk melancarkan sistem peredaran darah tubuh.

4. Asam laurat

Zat ini biasanya digunakan sebagai anti hama, khususnya serangga.

5. Vitamin A dan C

Jika vitamin A sangat baik bagi menjaga kesehatan mata. Sementara vitamin C sangat berguna bagi imunitas.

6. Linalool

Kandungan yang satu berfungsi hampir sama dengan aroma bunga yang dapat menenangkan pikiran.

7. Partenolida

Partenolida mempunyai peran penting dalam mengurangi rasa sakit kepala.

Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan

Pemanfaatan daun salam untuk kecantikan masih jarang digunakan. Padahal kandungan yang terdapat di daun salam sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit dan senantiasa lebih fresh serta sehat. Kondisi kulit tersebut yang menjadi standar kecantikan.

Untuk manfaat dari daun salam dalam dunia kecantikan, selengkapnya sebagai berikut ini :

1. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang dalam program diet, dapat memasukkan daun salam ke daftar menu. Daun salam ini dapat membantu untuk meluruhkan lemak. Meskipun manfaatnya tidak dapat dilihat dalam jangka pendek, jika mengkonsumsi air daun salam dengan rutin akan terlihat dengan jelas hasilnya.

Cara membuat rebusan air daun salam harus ditambah dengan bahan lain, seperti madu dan kayu manis. Cara tersebut untuk mengimbangi kadar gula darah yang akan turun secara drastis yang disebabkan oleh daun salam.

2. Membuat rambut menjadi lebih sehat

Manfaat dari daun salam yang satu ini mungkin cukup langka. Karena beberapa produk rambut jarang memanfaatkan daun salam. Padahal daun salam dapat membuat rambut menjadi lebih sehat.

Pemanfaatan daun salam untuk rambut cukup simple dan hanya digunakan sebagai vitamin rambut. Langkah pertama untuk membuat vitamin rambut daun salam adalah rebus daun salam terlebih dahulu. Kemudian masukkan beberapa butir kemiri dan minyak zaitun. Setelah mengental, angkat dan dinginkan.

Vitamin dari daun salam tersebut sangat aman digunakan kapan pun. Jadi tidak perlu khawatir atas resiko dari berbagai hair styling yang mempunyai dampak buruk bagi rambut.

3. Memutihkan gigi

Sedangkan untuk manfaat daun salam untuk kecantikan ini merupakan hal yang paling istimewa dari daun salam. Telah banyak beredar brand kesehatan / kecantikan gigi yang mempunyai kandungan daun salam.

Selain itu, para orang tua zaman dahulu sering menggunakan daun salam untuk menginang. Meskipun saat ini kebiasaan menginang telah ditinggalkan dan diganti dengan perawatan gigi yang mengandung daun salam.

Bukan hanya dengan menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung daun salam saja, tetapi dapat menjadi lebih baik jika membuat ramuan daun salam alami.

Langkah pertama siapkan 6 lembar daun salam dan jemur hingga kering. Lalu haluskan daun salam yang telah mengering tersebut dan tambahkan jeruk lemon bubuk. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur.

4. Menghilangkan bekas luka

Beberapa orang mungkin pernah terjatuh dan lukanya masih membekas, bahkan menjadi bekas luka permanen. Terkadang luka tersebut mungkin cukup mengganggu penampilan.

Kandungan antioksidan pada daun salam dapat meregenerasi kulit. Sehingga mampu untuk memudarkan bekas luka.

Untuk menghilangkan bekas luka, dapat memanfaatkan daun salam. Caranya dengan menumbuk daun salam, lalu olesi bekas luka dengan tumbukan daun salam.

5. Menghilangkan kutu rambut

Kutu merupakan permasalahan rambut yang paling mengerikan. Sebab kutu merupakan hama yang dapat merusak rambut dan juga kepala. Karena itulah jika dalam rambut ditemukan kutu, segera usir kutu tersebut dengan daun salam.

Cara mengusir kutu dengan daun salam cukup dengan keramas dengan air rebusannya. Langkah pertama, siapkan daun salam dan rebus. Setelah itu, saring daun salam dan dinginkan.

Kemudian basuh rambut dengan air rebusan tersebut secara merata. Lalu tutup dengan handuk dan diamkan selama ±3 – 4 jam. Kemudian keramas rambut hingga bersih.

Manfaat Daun Salam Sebagai Terapi Pengobatan

Ada berbagai jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun salam, daftar penyakit tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Flu dan batuk

Daun salam dapat menjadi pertolongan pertama saat terkena batuk dan flu. Jadi jika merasa terkena gejala flu maupun batuk, segera buat rebusan daun salam.

Untuk penyakit flu hanya dengan menghirup uap dari rebusan daun salam. Sedangkan untuk batuk rebus daun salam dengan air lemon / jeruk nipis. Kemudian tambahkan cinnamon atau madu. Lalu minum air rebusan tersebut dalam kondisi hangat.

2. Migrain

Dalam daun salam terdapat kandungan partenolida. Zat tersebut sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit kepala, khususnya migrain. Penyakit migrain sendiri merupakan penyakit yang mempunyai sifat seperti magh dan dapat menyerang secara mendadak. Penyakit yang satu ini juga sulit untuk disembuhkan secara total.

Tetapi dapat menggunakan daun salam untuk terapi migrain. Minum air rebusan daun salam secara rutin.

3. Mata perih dan kering

Penggunaan gadget dan polusi dapat merupakan penyebab utama mata kering. Hal tersebut dapat menyebabkan miopi / rabun jauh. Oleh karena itu, untuk mengurangi resiko miopi dapat memanfaatkan daun salam.

Caranya cukup dengan merendam mata ke dalam air rebusan daun salam selama beberapa detik. Untuk rebusan daun salam ini, tidak ditambahkan dengan bahan lain.

Selain dengan merendam mata ke dalam rebusan air daun salam, dengan minum air daun salam secara tidak langsung juga dapat membuat mata menjadi sehat. Karena dalam daun salam terdapat kandungan vitamin A.

4. Relaksasi stress

Rasa lelah, gelisah, penat, stress adalah hal yang sangat wajar dan pasti terjadi pada setiap orang. Dinamika hidup yang penuh dengan drama sangat berpengaruh terhadap kondisi jiwa dan mental. Satu – satunya cara untuk menenangkan pikiran adalah dengan refreshing. Setiap orang mempunyai cara refreshing tersendiri, ada yang dengan pergi ke tempat spa, traveling, shopping dan lain – lain.

Tetapi ada cara yang lebih mudah dalam refreshing, cara tersebut adalah dengan menggunakan daun salam. Hanya dengan menyeduh daun salam bersama dengan teh dan meminumnya. Sebelum meminum, cobalah untuk menghirup aroma seduhan teh.

Itulah manfaat daun salam yang sangat berguna bagi tubuh. Manfaat tersebut dapat dijadikan sebagai referensi dalam pencegahan berbagai masalah mulai dari kecantikan hingga penyakit.

Nilai Kualitas Konten

3 thoughts on “Kandungan Dan Manfaat Daun Salam”

Leave a Comment