15 Manfaat Ketumbar yang Berguna untuk Kesehatan Anda

Manfaat Ketumbar – Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat ketika digunakan sebagai obat tradisional. Bumbu dapur ini dapat mengatasi berbagai masalah penyakit mulai dari pencernaan hingga kanker sekalipun. Tidak hanya bijinya saja yang bermanfaat, tetapi daunnya pun kaya akan vitamin yang berguna untuk tubuh.

15 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Anda

Manfaat Ketumbar
Gambar : www.instagram.com

1. Menyembuhkan Keputihan

Salah satu Manfaat Ketumbar yaitu dapat menyembuhkan keputihan yang dialami oleh para wanita. Cara mengkonsumsi yaitu rendam biji ketumbar dalam air dalam waktu semalam. Kemudian keesokan harinya rendaman tersebut disaring dan airnya diminum. Maka, keputihan Anda perlahan-lahan akan berkurang dan hilang.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ketumbar juga mampu mengatasi gangguan yang terjadi pada pencernaan pada usus besar yang mengalami sindrom iritasi. Bumbu dapur ini dapat mengatasi cacingan, diare, perut kembung dan sembelit.

Antioksidan yang ada dimiliki ketumbar mampu membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengurangi nyeri akibat IBS (Irritable Bowel Syndrome).

Cara mengkonsumsinya yaitu rebus ketumbar dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian air ketumbar yang telah dingin disaring dan minum air saringan tersebut.

3. Mengatasi Wasir

Ketumbar bermanfaat untuk mengatasi wasir. Ketumbar tidak hanya ampuh untuk mengatasi sembelit atau konsipasi dimana salah satu penyebab dari wasir. Sifat analgesik dari ketumbar juga mampu meredakan nyeri akibat wasir.

Cara mengkonsumsinya yaitu dengan meminum air ketumbar tersebut seperti dalam penyembuhan penyakit lainnya. Pertama rebus ketumbar dengan air secukupnya kemudian disaring dan diminum.

4. Mengobati Mata Merah

Antioksidan didalam ketumbar juga dapat membantu mengobati mata merah. Selain itu, ketumbar juga dapat membantu mencegah infeksi mata lainnya. Cara menggunakannya yaitu rebus ketumbar hingga mendidih. Kemudian rebusan ketumbar yang telah dingin digunakan untuk mencuci mata.

5. Mencegah Anemia

Ketumbar memiliki kandungan berupa zat besi dimana dapat membantu penderita anemia. Zat besi berguna untuk meningkatkan energi, kekuatan dan kesehatan tulang. Minumlah air ketumbar secara rutin, maka anda akan merasakan khasiatnya.

6. Mengatasi Flu

Selain zat besi, ketumbar juga memiliki kandungan lain yaitu vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan kolagen yang dapat menyembuhkan flu. Vitamin C yang ada dalam ketumbar adalah antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk tubuh.

Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus ketumbar 1 hingga 2 sendok teh bersama air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan dinginkan. Setelah itu, saring ketumbar tersebut dan minumlah air ketumbarnya.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ketumbar juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena ketumbar memiliki sidat anagetik yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Ketumbar juga memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penyebab utama terjadinya masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

8. Menyembuhkan Jantung Bengkak

Jantung bengkak sebenarnya bukan sebuah penyakit, tetapi gejala dari masalah kesehatan yang lain. Jantung yang bengkak disebabkan oleh jantung yang memompa lebih keras dari biasanya atau menyebabkan kerusakan otot jantung.

Mengkonsumsi ketumbar menjadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke jantung. Cara mengkonsumsinya yaitu menyeduh ketumbar bersama air panas. Tuangkan ketumbar 1 hingga 2 sendok teh kedalam air panas dan tunggu selama kurang lebih  15 –20 menit. Setelah itu saring dan minum air ketumbar tersebut.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Ketumbar berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah dapat membentuk plak dimana nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung

10. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi ketumbar juga dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi. Ketumbar dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bumbu masak ini mampu meredakan tegangan pada pembuluh darah agar tekanan darah menjadi normal kembali.

Didikan ketumbar bersama dengan air secukupnya. Setelah air ketumbar mendidih, dinginkan air tersebut kemudian saring. Minumlah air saringan ketumbar tersebut sesuai dengan kebutuhan.

11. Mencegah Diabetes

Ketumbar dapat membantu mengobati maupun mencegah penyakit diabetes. Kandungan serat tinggi yang ada dalam ketumbar mampu membantu menurunkan kadar gula. Biji ketumbar yang dapat merangsang produksi insulin dalam tubuh yang mampu mencegah penumpukan gula dalam darah. Sehingga ketumbar sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Meskipun begitu, namun penderita diabetes tetap disarankan untuk memeriksa kadar gula darah secara rutin.

12. Mencegah Peradangan

Antioksidan yang terkandung dalam biji ketumbar mampu mencegah peradangan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh manusia. Efektivitas dari ketumbar dalam menghambat sel kanker masih diteliti lebih lanjut.

13. Meringankan Nyeri Sendi

Ketumbar yang bersifat analgesik dan adanya kandungan asam linoleat dipercaya mampu meringankan nyeri sendi pada tulang manusia. Selain mampu meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dapat meringankan sakit akibat hernia. Tetapi manfaat dari ketumbar ini hanya sekedar meringankan gejalanya saja, bukan mengatasi penyebab utama dari penyakit hernia tersebut.

Cara mengkonsumsinya yaitu panaskan ketumbar dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah air ketumbar mendidih, tunggu 15 hingga 30 menit hingga air ketumbar menjadi dingin. Setelah dingin, Anda dapat menyaringnya terlebih dulu dan meminum air ketumbar tersebut.

14. Melebatkan Rambut

Manfaat ketumbar yang selanjutnya, Ketumbar ternyata juga mampu membantu melebatkan rambut. Ketumbar bisa membantu menguatkan akar rambut. Selan itu, ketumbar juga dapat merangsang pertumbuhannya. Sehingga rambut akan lebih lebat dan kuat dibandingkan sebelumnya.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain melebatkan rambut, ketumbar juga sangat mampu menjaga kesehatan kulit. Antibakteri dalam kulit juga dapat mengobati jerawat pada wajah Anda. Ketumbar juga berguna untuk menormalkan kulit berminyak, peremajaan kulit dan mencerahkan kulit.

Itulah 15 manfaat ketumbar bagi kesehatan kita.

Efek Samping dari Mengkonsumsi Ketumbar

Ketumbar memang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun begitu, penggunaan yang salah justru akan membuat kesehatan akan memburuk. Ketumbar tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta beberapa penderita penyakit lain. Misalnya penderita gangguan pernapasan, orang yang alergi ketumbar, pemilik kulit sensitif, penderita tekanan darah rendah dan penderita penyakit hati.

Ada beberapa efek samping yang mungkin muncul ketika mengkonsumsi ketumbar. Seperti nafsu makan menurun, mual, muntah, sakit kepala, dan sakit perut. Bagi orang yang hipersensitif, mengkonsumsi ketumbar dapat menimbulkan beberapa alergi seperti ruam merah, mata berair, gatal-gatal ataupun reaksi alergi lainnya.

Meskipun ketumbar telah diolah menjadi produk herbal, Anda juga harus tetap memperhatikan dan berhati-hati dalam menggunakan ketumbar. Pastikan Anda membaca takaran penggunaan ketumbar sesuai dengan yang tertera dalam label kemasan. Alangkah baiknya jika mengkonsumsi ketumbar sebagai obat herbal ini dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter.

Manfaat Ketumbar ternyata tidak hanya sebagai bumbu dapur saja. Biji ketumbar maupun daunnya pun juga memiliki kandungan beraneka ragam yang mampu membantu kesehatan dalam tubuh manusia. Berbagai keluhan akibat pencernaan hingga kanker dapat diatasi dengan ketumbar.

Nilai Kualitas Konten