Manfaat Kunyit untuk Pencernaan

Diposting pada

Sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk jamu tradisional, tersimpan puluhan manfaat kunyit untuk pencernaan. Bukan hanya sekedar untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi juga untuk kesenian.

Manfaat Kunyit untuk Pencernaan

Kandungan Kunyit

Kunyit mempunyai beberapa kandungan dan zat aktif yang membuat salah satu bahan bumbu dapur mempunyai segudang manfaat. Kandungan tersebut antara lain sebagai berikut ini :

  • Antipiretik

Antipiretik adalah zat aktif yang dapat menurunkan suhu badan dan mengembalikan suhu seperti kondisi normal.

  • Analgesik

Zat aktif ini biasanya akan bereaksi ketika menstruasi. Karena itulah jika sedang menstruasi sangat dianjurkan meminum kunyit.

  • Kurkumin

Zat ini berfungsi untuk mengurangi produksi dari prostaglandin yang berlebihan. Prostaglandin senjata adalah hormon yang dapat menciptakan rasa sakit serta pembengkakan. Produksi prostaglandin yang tidak normal mempunyai dampak negatif bagi epitel rahim, sebab dapat menghambat masuknya ion kalsium.

Kurkumin juga merupakan zat warna alami yang terkandung dalam kunyit ini. Kandungan ini yang menyebabkan warna kunyit identik dengan warna kuning.

  • Alkaloid, tanin, saponin, phlobotamin dan sesquiterpenes

Kandungan tersebut mempunyai sifat asam yang mempengaruhi kinerja sistem saraf.

  • Vitamin A dan E

Kedua vitamin ini dapat menjaga kesehatan kulit.

  • Phytochemical

Zat ini adalah salah satu jenis antioksidan. Zat tersebut akan berperan aktif dalam memerangi racun / radikal jahat dalam tubuh.

  • Berbagai macam zat – zat mineral

Dalam kunyit mempunyai berbagai macam jenis kandungan zat mineral. Zat tersebut meliputi magnesium, kalsium, kalium, mangan, zinc, natrium, aluminum, timbal, kobalt, dan bismuth. Mineral tersebut mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan tulang, kulit dan lain – lain.

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Berbagai Macam Masalah Pencernaan

Manfaat Kunyi untuk Pencernaan
Gambar : www.instagram.com

Kunyit memang dapat dimanfaatkan sebagai mengatasi berbagai masalah dalam pencernaan dan lambung. Inilah daftar masalah pencernaan yang dapat disembuhkan dengan kunyit :

1. Magg

Kunyit sangat ampuh dalam mengatasi gejala magg maupun magg kronik. Sehingga kunyit dapat dijadikan sebagai terapi penyembuhan dalam penyakit magg.

Rasa sakit pada lambung yang disebabkan oleh magg pun dapat reda seketika. Karena itu, bagi penderita magg sebaiknya sediakan ramuan kunyit untuk mengatasi magg yang datang secara tiba – tiba.

Semua zat yang terkandung dalam kunyit, bukan hanya sekedar meredakan rasa perih tetapi juga dapat menjadi pelapis dinding untuk lambung. Produksi lendir lambung yang lebih dapat menekan produksi asam lambung yang naik secara drastis.

2. Mual

Rasa mual biasanya identik dengan penderita magg. Namun dapat juga disebabkan oleh kondisi sekitar, seperti mencium bau busuk / atau masuk angin. Rasa mual tersebut dapat segera teratasi hanya dengan kunyit. Karena hal tersebut kunyit pun dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pengganti kerokan.

3. Mengontrol produksi gas

Gas merupakan salah satu zat sisa dari metabolisme. Buang gas merupakan hal yang sangat lumrah. Tetapi ada beberapa kasus buang gas dalam frekuensi tidak normal ataupun mempunyai bau yang sangat menyengat.

Dengan konsumsi kunyit, setidaknya dapat mengurangi bau pada zat sisa dalam bentuk gas. Selain itu frekuensinya juga dalam kondisi normal.

4. Perut kembung

Perut kembung juga menjadi salah satu masalah pencernaan. Kondisi ini dimana perut terasa sangat keras dan hampir mirip dengan balon udara. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan perut kembung, salah satunya adalah magg.

Masalah pencernaan tersebut juga dapat teratasi dengan kunyit. Khusus untuk penyakit ini mempunyai cara sembuh yang cukup berbeda, yaitu diare dan buang gas. Perut kembung akan kembali pada kondisi normal setelah mengalami diare dan buang gas.

Namun untuk masalah ini kunyit tidak mampu mengontrol zat sisa gas yang dikeluarkan akibat perut kembung. Selain itu, juga tidak dapat mengontrol diare.

5. Radang usus besar

Radang usus besar / Irritable bowel syndrome disebabkan oleh frekuensi buang air besar yang tidak normal secara terus – menerus. Jika terdapat kontraksi, hal tersebut dapat menyebabkan diare kronik. Tetapi jika tidak ada suatu kontraksi apapun dapat memicu sembelit kronik.

Untuk diare kronik mungkin dapat disembuhkan dengan mudah dan hanya dengan perawatan intensif. Namun untuk sembelit kronik, maka harus dilakukan operasi. Karena semua zat sisa yang tidak dapat keluar akan mengeras di dalam tubuh. Masalah pencernaan ini merupakan masalah yang paling akut diantara gangguan pencernaan lain.

Kandungan dalam kunyit sangat efektif dalam memperlancar pencernaan serta menjaga kestabilan pencernaan. Kunyit pun dapat membuat keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Karena itulah, dalam upaya mencegah peradangan segera atasi dengan mengkonsumsi kunyit. Selain itu juga periksa kondisi organ pencernaan jika telah sering mengalami pembuangan zat sisa dengan frekuensi non normal.

6. Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana tubuh tidak mengeluarkan zat sisa yang berupa fases sama sekali dalam beberapa hari. Sembelit pun mempunyai beberapa dampak pada kondisi lambung, seperti mual dan perut kembung.

Ramuan kunyit pun dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Selain itu, tidak ada zat sisa yang tertimbun dalam tubuh yang membuat akibat fatal.

7. Diare

Selain dapat mengatasi sembelit, kunyit juga dapat mengatasi diare. Zat yang ada dapat mengontrol terjadinya metabolisme yang berlebihan.

Untuk kasus ini sering terjadi bagi pengguna obat diet. Biasanya tubuh akan mengalami metabolisme 2 kali dari kondisi normal. Hal tersebut memang dapat membuat tubuh menjadi kurus, namun dampaknya pun juga sangat buruk bagi tubuh.

Jika tubuh tidak dapat bertoleransi dengan obat diet, akan mengalami kontraksi yang dapat memicu diare walaupun penggunaan obat diet telah dihentikan.

8. Cacingan

Khusus untuk gangguan pencernaan satu ini sering terjadi pada anak – anak. Karena itulah anak – anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit. Supaya produksi bakteri baik yang dipicu oleh kunyit dapat memerangi cacing pada usus.

9. Anoreksia

Secara garis besar, anoreksia bukan merupakan permasalahan pada pencernaan. Kondisi ini terjadi dimana tubuh merasa malas untuk mengkonsumsi makanan apapun. Jika tubuh tidak menerima asupan makanan, sistem pencernaan pun akan mengalami gangguan dan dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan mulai dari perut kembung, magg dan lain – lain.

Karena hal itu, minumlah ramuan kunyit jika tubuh mengalami gangguan anoreksia. Reaksi yang ditimbulkan hanya perut menjadi lapar dan ingin mengkonsumsi sesuatu.

Batas Konsumsi Kunyit

Walaupun manfaat kunyit yang terkandung didalamnya  sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk pencernaan.

Tetapi kunyit tidak dapat dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu lama.

Ada batasan tertentu dalam penggunaan kunyit untuk sehari. Maksimal konsumsi kunyit yang tidak boleh dilanggar adalah 200 mg / 1 sendok teh.

Lalu waktu untuk mengkonsumsi kunyit pun juga harus diperhatikan. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kunyit adalah setelah makan. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit sesudah makan.

Khusus bagi penderita fungsi hati dan gangguan ginjal tidak diperbolehkan untuk terapi menggunakan kunyit dalam penyakit apapun.

Itulah manfaat kunyit bagi pencernaan. Selain itu kunyit juga dapat digunakan dalam berbagai macam hal

Baca Juga : Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Nilai Kualitas Konten