17 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat kunyit ternyata begitu luar biasa bagi kesehatan karena mengurangi peradangan, menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan kulit, melindungi kemampuan kognitif, dan meredakan kesulitan menstruasi dan masih banyak lagi. Apa sajakah manfaat kunyit lebih lengkapi lagi? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi yang Ada Dalam Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang kaya nutrisi. Kunyit  mengandung jumlah protein, vitamin C, kalsium, zat besi, serat makanan, natrium, dan sekitar 24 kalori dalam 1 sendok makan bubuk kunyit. Kunyit  juga menyediakan banyak vitamin B6, kalium, magnesium, dan mangan. Berikut adalah fakta nutrisi dari kunyit :

  • Air 12,85 g
  • Energi [kkal] 312
  • Protein 9.68 g
  • Total lipid (lemak) 3,25
  • Serat, makanan total 22,7 g
  • Gula, total 3,21g
  • Kalsium 168 mg
  • Besi, 55 mg
  • Magnesium 208 mg
  • Fosfor, 299 mg
  • Kalium, 2080 mg
  • Sodium, 27 mg
  • Seng 4,5 mg
  • Thiamin 0,06 mg
  • Riboflavin 0,15 mg
  • Niasin 1,35 mg
  • Vitamin B-6 0,11 mg
  • Vitamin B-12 0 mg

Kunyit adalah rempah yang sangat serbaguna dan dapat ditambahkan ke makanan dalam berbagai cara, termasuk:

  • Menambahkan kunyit ke dalam campuran rempah-rempah seperti kari
  • Membuat saus buatan sendiri menggunakan minyak b, cuka, dan bumbu termasuk kunyit
  • Membuat jamu dari

Baca Juga : Berbagai Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh dan Rambut

17 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit
Gambar : www.instagram.com

Kunyit memiliki warna kuning cerah dan warna ini telah menginspirasi banyak engara untuk menggunakannya sebagai pewarna. Kunyit bubuk juga merupakan bahan utama dalam bubuk kari. Kapsul, teh, bubuk, dan ekstrak adalah beberapa produk kunyit yang tersedia secara komersial.

Curcumin adalah bahan aktif dalam kunyit, dan memiliki sifat biologis yang kuat. Pengobatan Ayurvedic, sistem pengobatan tradisional India, merekomendasikan kunyit untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan termasuk nyeri kronis dan peradangan. Manfaat kunyit untuk kesehatan meliputi:

1. Antiinflamasi

Kunyit dapat bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat sehingga bisa mengurangi peradangan wasir

2. Kaya akan Antioksidan

Curcumin hadir dalam kunyit sebagaiagen antioksidan yang membantu dalam banyak seperti mencegah hadirnya oksigen radikal yang menyerang tubuh.

3. Membantu Menurunkan berat badan

Kunyit  membantu mempercepat laju metabolisme dan membuat tubuh a membakar sejumlah besar kalori, yang menyebabkan penurunan berat badan. Kunyit  juga berguna dalam mengurangi massa lemak dan detoksifikasi hati, yang merupakan kontributor penting dalam upaya penurunan berat badan.

Kunyit juga bisa menjadi suplemen penurun berat badan yang ideal karena menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk). Kunyit juga bertanggung jawab untuk menekan inflamasi pada otot, pankreas, dan sel-sel lemak.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Kunyit dan senyawa organik aktifnya meningkatkan fungsi hati dan mengurangi tingkat toksisitas dalam tubuh dengan merangsang sistem limfatik dan membuang racun secara efisien. Menurut penelitian, aktivitas antioksidan kunyit efektif mampu mengurangi kerusakan hati seperti sirosis dan penyakit hati berlemak.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kunyit yang kaya akan curcumin dan vitamin B6 juga meningkatkan kesehatan jantung Anda. Vitamin B6 secara efisien dapat menghambat produksi homocysteine yang merusak dinding sel. Dinding yang lemah ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi di jantung, terutama ketika diperburuk oleh tekanan darah tinggi atau penumpukan plak.

Curcumin secara langsung menyeimbangkan kadar kolesterol Anda dengan menghilangkan kelebihan LDL (kolesterol jahat) dari arteri dan pembuluh darah. Kunyit juga dapat membantu mencegah aterosklerosis.

6. Mencegah Alzheimer

Sebagai ramuan antioksidan yang kuat, kunyit dapat merangsang aktivitas saraf dan mencegah degradasi kognitif, yang sering kali datang dalam bentuk penyakit Alzheimer dan demensia. Curcumin dalam kunyit sangat efisien dalam membersihkan plak amiloid, yang merupakan indikator utama perkembangan Alzheimer.

7. Mengobati Depresi

Curcumin benar-benar adalah zat serbaguna karena membantu keseimbangan hormon dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa curcumin memiliki efek yang mirip seperti Prozac pada pasien yang menderita depresi, perubahan suasana hati, kecemasan, dan stres. Jadi dengan mengonsumsi kunyit ini bisa menjadi alternatif yang kuat untuk sebagai obat mengobati depresi.

8. Melawan tanda-tanda penuaan

Curcumin sebagai  komponen utama dalam kunyit, sarat dengan antioksidan sehingga mampu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi dengan mengekang pertumbuhan radikal bebas.

9. Mengobati Iritable Bowel Disease (IBD)

Suplemen kunyit sering direkomendasikan untuk pasien yang menderita penyakit radang usus (IBD) dan bahkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit Crohn. Kandungan serat makanan yang ditemukan di dalam kunyit dapat membantu memperlancar proses pencernaan Anda.

10. Mengobati Masalah Gastrointestinal

Kunyit telah lama digunakan sebagai penenang lambung dan sangat berguna dalam mengobati sembelit, kram, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). [Aktivitas anti-inflamasi curcumin juga ikut berperan karena menurunkan risiko mengembangkan borok, berdarah di usus, dan umumnya menghilangkan iritasi di seluruh usus.

11. Mengobati Masalah Menstruasi

Jika Anda menderita ketidaknyamanan menstruasi yang parah, kram, kembung, pendarahan berlebihan, atau perubahan suasana hati, kunyit mungkin tepat untuk mengobati penyakit Anda, Sifat anti-inflamasi dan menenangkan dari senyawa alami ramuan kunyit dapat meringankan sebagian besar gejala menstruasi.

12. Mengobati Cystic Fibrosis

Meskipun penyakit genetik fatal yang melumpuhkan ini tidak dibahas sesering kanker atau penyakit jantung, kondisi khusus ini bisa menyerang paru-paru dengan lendir yang kental serta pankreas. Curcumin yang ditemukan dalam kunyit telah terbukti memperbaiki keadaan tersebut yang dapat menyebabkan perkembangan penyakit mematikan ini.

13. Dapat Melambat atau Mencegah Gumpalan Darah

Dalam penelitian laboratorium dan hewan, penggunaan kurkumin kunyit sangat mengurangi kejadian agregasi trombosit dan berpotensi mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah. Bahkan  curcumin mungkin merupakan metode pengobatan yang lebih disukai untuk orang-orang yang rentan terhadap trombosis vaskular dan membutuhkan terapi antiarthritic.

14. Meningkatkan Fungsi Otak yang Lebih Baik

Curcumin dapat meningkatkan kadar BDNF otak  dan dengan mengonsumsi  kunyit maka bisa efektif untuk menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Kunyit juga dapat meningkatkan memori dan membuat Anda lebih pintar,.

15. Perawatan kulit

Manfaat kunyit selanjutnya  juga membantu menjaga kulit Anda sehat dalam banyak hal karena kunyit mencegah jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi sekresi minyak oleh kelenjar sebaceous.

Penggunaan kunyit secara teratur juga membersihkan bekas jerawat, yang membuat kulit Anda sempurna dan bercahaya. Sifat antiseptik dan anti-inflamasinya mempercepat penyembuhan iritasi kulit yang terpotong dan menenangkan.

16. Mengobati Diabetes

Curcumin dalam kunyit juga  membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah risiko diabetes tipe-1 dan tipe-2.

17. Mencegah Artritis dan Mengurangi Rasa Sakit

Suplemen kunyit sering disarankan untuk menguran gi nyeri artritis, asam urat, dan nyeri otot setelah latihan atau cedera. Dengan mengonsumsi kunyit, maka hal ini akan membantu mengurangi gangguan yang berkaitan dengan usia seperti atherosclerosis.

Bagitu banyak sekali bukan manfaat kunyit ? Anda harus memasukkan kunyit ke dalam daftar makanan yang harus Anda konsumsi.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Ketumbar yang Berguna untuk Kesehatan Anda

Nilai Kualitas Konten