6 Manfaat Serai Bagi Kesehatan Dan Aromaterapi

Diposting pada

Manfaat serai sebagai bagian dari penyedap rasa atau bumbu dapur tentu sudah tak asing lagi. Tumbuhan dari suku rerumputan ini dapat memberikan aroma yang sedap dan harum pada masakan. Wangi yang ditimbulkan dari batang serai ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya. Biasanya untuk keperluan memasak, batang serai akan diremas atau digeprek terlebih dahulu agar aromanya lebih kuat ketika dimasak. Bumbu dapur ini lebih sering digunakan pada jenis makanan yang berkuah agar menghasilkan cita rasa yang gurih dan mantap.

Berbicara tentang daun serai, sebenarnya tidak melulu hanya tentang bumbu dapur dan masakan saja. Akan tetapi, sebenarnya tumbuhan dengan bentuk daun memanjang mirip daun ilalang ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan dan kebutuhan aromatetapi. Para pakar ahli kimia telah menemukan berbagai kandungan dalam setiap batang serai yang sangat berguna bagi tubuh. Beberapa kandungan yang ada di tanaman dengan nama latin Cymbopogon citratus ini antara lain Zat besi, Zinc, Asam Folat, Magnesium, Mangan, Tembaga, Sodium, Kalsium, Kalium, Selenium, Kalori dan Vitamin yang diantaranya A, B1, B2, B3, dan B6. Banyaknya kandungan zat baik menjadikan tanaman ini sering diracik sebagai bahan dasar utama obat-obatan dan bahan pengharum ruangan.

Atasi Berbagai Keluhan Kesehatan dengan Segudang Manfaat Serai

Manfaat Serai
Gambar : www.instagram.com

Manfaat serai sebagai TOGA atau tanaman obat keluarga tak kalah populer dibandingkan dengan perannya di dapur. Berbagai jenis keluhan dan penyakit dapat dicegah dan diobati dengan konsumsi rutin sari serai. Beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan daun mujarab ini antara lain:

1. Meredakan gejala tekanan darah tinggi atau hypertensi

Penyakit yang satu ini seringkali menjadi hal yang menakutkan di masyarakat. Gejala yang datang tiba-tiba dapat membuat si penderitanya merasa pusing dan lemas. Bahkan jika sudah kronis dapat memicu kematian. Hypertensi adalah suatu kondisi di mana kadar garam dan air pada tubuh seseorang berlebihan. Sedangkan kandungan Kalium yang ada di dalam serai mampu mengontrol kadar garam dan air yang berlebihan pada tubuh penderita melalui sistem ekskresi. Air dan garam yang melampaui batas tersebut dikeluarkan melalui urin dan keringat. Cara pengolahannya cukup mudah dan praktis. Anda hanya perlu merebus potongan batang serai dan meminum air sarinya secara rutin setiap hari sampai merasa kondisi badan menjadi sehat kembali itulah manfaat serai untuk mengurangi darah tinggi atau hypertensi.

2. Ampuh atasi gigi yang berlubang dan infeksi

Berdasarkan penelitian dari para ahli, tanaman serai mampu mengatasi keluhan gigi yang berlubang dan infeksi yang ada di dalam mulut. Menurutnya, di dalam tumbuhan tersebut terdapat zat antimikroba yang secara efektif dapat membasmi kuman dan bakteri berbahaya yang masuk ke mulut. Salah satu bakteri yang dapat ditumpas ialah Streptococcus mutans yang cukup agresif. Bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi sehingga membentuk lubang atau rongga pada bagian gigi. Tentu kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sebagai sarana pencegahan ataupun untuk meringankan gejalanya, rutinlah mengkonsumsi teh serai yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Minuman dalam bentuk teh ini jauh lebih praktis dan ekonomis.

3. Penangkal radikal bebas

Kandungan daun serai lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah Asam Klorogenat, Isoorientin, Swertiajaponin. Tiga jenis zat ini termasuk dalam kategori antioksidan yang mampu menangkis radikal bebas.  Kondisi ini dapat berasal dari dalam tubuh yang merupakan hasil proses metabolisme maupun akibat paparan lingkungan sekitar. Beberapa contoh radikal bebas yang sering dijumpai di lingkungan sekitar antara lain asap rokok, sinar UV, polusi udara, dan zat-zat kimia yang ada di dalam makanan. Penyakit yang sering dipicu oleh radikal bebas diantaranya kangker dan sakit jantung. Oleh karena itu, biasakan mengkonsumsi serai dengan cara mencampurkan beberapa potongan batangnya pada bumbu masakan yang akan dikonsumsi. Selain itu, dapat pula disajikan dalam bentuk air rebusan serai minimal satu minggu sekali.

4. Memperkuat kinerja otot dan syaraf

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa tanaman serai banyak mengandung Magnesium dan Kalium. Tahukah Anda bahwa kedua zat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan fungsi otot, sistem syaraf, dan juga jantung. Anda menjadi lebih bertenaga dan tidak gampang lelah saat beraktivitas. Daya tahan tubuh akan tetap terjaga bahkan di saat menghadapi jadwal kerja yang cukup padat. Jadi, jangan lupa sertakan serai pada minuman atau makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. Jangan lupa pula untuk membiasakan diri berolahraga di pagi hari demi menjaga tubuh agar tetap sehat.

5. Mampu meredakan stres dan depresi

Padatnya aktivitas dan jadwal pekerjaan seringkali menjadi pemicu seseorang mengalami stres. Biasanya ketika seseorang mengalami stres, mereka akan rentan terkena sakit kepala dan kelelahan. Salah satu solusi terbaik atasi masalah tersebut adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk melakukan pijat aromaterapi minyak serai di bagian kepala. Rasa penat dan lelah akan berangsur-angsur hilang. Sebaiknya gunakan pula pengharum ruangan aroma serai di tempat kerja atau di kamar tidur agar pikiran jauh lebih tenang dan rilex. Aroma menenangkan ini dapat membantu Anda atasi gejala insomnia dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

6. Meredakan gejala masuk angin dan perut kembung

Akar serai adalah salah satu bagian yang sering dijadikah sebagai bahan pembuat teh. Ketika badan menunjukkan gejala seperti demam, masuk angin, panas dalam, ataupun perut kembung, segera konsumsi teh akar serai yang hangat. Badan akan terasa hangat sehingga keringat akan keluar dan badan akan menjadi bugar kembali.

Khasiat serai yang telah dijelaskan di atas dapat Anda praktekkan di rumah ketika mengalami gejala maupun gangguan kesehatan tersebut. Namun perlu diingat bahwa bahan alami ini harus dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak boleh berlebihan. Konsumsi yang berlebihan dan terlalu sering justru akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Biasanya seseorang akan mengalami gejala pusing, lemas, dan mulut kering ketika berlebihan dalam mengkonsumsinya. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya seperti dokter maupun pakar kesehatan agar tidak mengalami efek samping yang dapat ditimbulkan.

Manfaat serai lain yang harus diketahui ialah sebagai bahan pengharum ruangan. Aroma minyak atsiri yang segar dan kuat mampu menghilangkan bau apek dan pengap di dalam ruangan. Kesegarannya mampu memberikan efek aromaterapi dan relaxasi untuk menenangkan hati dan pikiran. Perlu dicatat bahwa ketika memanfaatkan kandungan minyak atsiri untuk obat gosok atau pijat, usahakan agar dicampur dulu dengan minyak pembawa agar tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Hebatnya lagi, aroma segar nan menyejukkan itu justru tidak disukai nyamuk sehingga ruangan akan terbebas dari gangguan serangga kecil yang menyebalkan itu.

Nilai Kualitas Konten