5 Tips Menghias Kue Ulang Tahun

Menghias Kue ulang tahun - Kue ulang tahun tak hanya menjadi simbol saja namun akan jauh lebih berarti jika kita sendiri yang membuatnya. Momen ulang tahun adalah momen berharga sehingga harus disiapkan dengan istimewa termasuk kue. Membuat kue tart memang mudah dan semua orang dapat membuatnya. Intinya adalah kue bolu ataupun brownies cokelat yang diberi hiasan.

Selama ini yang sulit adalah bagian menghias kue tersebut agar menarik. Jika kamu juga memiliki pengalaman yang sama, berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan.

5 Tips Menghias Kue Ulang Tahun

1. Tentukan Jenis Kue

Menghias Kue Ulang Tahun
Kue Ulang tahun

Hal pertama yang perlu diketahui adalah jenis kue yang ingin dibuat. Terdapat berbagai jenis kue seperti bolu, brownies, dan juga kue kukus. Menentukan jenis kue akan sangat mempengaruhi dekorasi yang akan digunakan.

Kue ulang tahun yang dibuat dari kue dasar dapat dihias dengan berbagai rasa pada lapisan dekorasinya. Namun, beberapa kue lainnya tidak bisa dihias dan ditambah topping sembarangan. Contohnya, jika ingin menggunakan red velvet, maka topping yang dipilih haruslah strawberry dengan cream vanilla. Jadi, pemilihan topping dan lapisan dekorasi harus disesuaikan dengan jenis kue agar memberikan rasa yang lezat.

2. Siapkan Seluruh Alat Dekorasi

Menghias kue memang mudah asalkan kita memiliki alat yang dibutuhkan. Untuk dapat menghias kue, maka kita harus menggunakan piring putar dan juga pisau palet. Piring putar sangat berguna sebagai tempat kue sedangkan pisau palet akan digunakan untuk membuat lapisan kue.

Selain itu, bisa juga menggunakan plastic segitiga sebagai cetakan cream dan spuit beraneka bentuk. Jadi akan lebih mudah mendapat bentuk yang kita inginkan dengan menggunakan spuit.

3. Tumpuk Kue berdasarkan Bentuk

Setelah semua alat tersedia, kita harus menumpuk kue sesuai bentuk yang kita inginkan. Namun, jika kita hanya memiliki satu buah kue, maka kita bisa langsung menghiasnya. Beberapa orang menggunakan kue yang tebal karena memberikan kesan lebih mewah.

Saat menumpuk kue, pastikan di setiap tumpukan terdapat cream, selai, ataupun sirup. Cara ini digunakan agar kue bertumpuk dengan baik satu sama lain. Selain itu, cream dan selai juga akan menambah rasa pada kue.

4. Hati-Hati Saat Melapisi Kue

Kue ulang tahun
Sumber : www.instagram.com

Setelah kue ditumpuk, maka tahap selanjutnya adalah melapisi kue tersebut. Bahan yang bisa digunakan untuk melapisi kue biasanya adalah fondant, icing, dan frosting. Frosting adalah pelapis kue yang paling mudah digunakan bagi pemula.

Frosting yang terbuat dari whipped cream atau butter cream biasanya lebih banyak digunakan. Pelapis ini bisa ditambahkan warna ataupun rasa sesuai selera, namun juga harus sesuai dengan jenis kue. Gunakan pisau palet untuk melapisi kue agar lebih halus. Pastikan seluruh permukaan kue terlapisi dengan sempurna.

5. Hias Kue Sesuai Selera

Setelah kue dilapisi, ada baiknya untuk menyimpannya di dalam kulkas. Tidak perlu waktu yang lama, simpan kue sekitar 10 menit agar lapisan kue mengeras dan mudah untuk dihias. Setelah lapisan kue mengeras, kue bisa dihias sesuai selera.

Menghias kue ulang tahun akan sangat mudah. Tambahkan coklat tabur, meses, ataupun permen akan membuat kue lebih cantik dan berwarna.  Gunakan spuit untuk membuat berbagai bentuk seperti pita, bunga, ataupun yang lainnya.

Bisa juga ditambahkan tulisan atau nama yang akan membuat kue tersebut lebih istimewa. Tambahan buah seperti cherry atau strawberry juga cocok sebagai dekorasi kue. Mungkin hasilnya tidak akan sama dengan professional. Namun setidaknya kue buatan sendiri akan lebih istimewa.

Leave a Comment