5 Nasi Rames di Berbagai Daerah di Indonesia

Nasi Rames merupakan makanan khas Indonesia dengan beragam variasi khas daerah masing-masin. Beberapa daerah memiliki penjual nasi rames legendaris yang dijamin rasanya dan merupakan racikan tradisional sejak zaman nenek moyang. Misalnya di daerah Bali, terdapat nasi campur Bali, nasi liwet dan nasi ulam. Begitupun di Jogja misalnya terkenal dengan nasi gudeg, dan di Cirebon dengan nasi Jamblangnya.

Makanan ini menjadi sajian favorit masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan karena kelezatan, kelengkapan lauk dan juga praktis. Di daerah Tangerang Selatan, terdapat sebuah warung bernama Soto bu Tjondro yang menyajikan nasi rames di menunya yang tidak kalah laris. Masakan di sini disajikan dengan beberapa pilihan seperti nasi rames ayam, nasi rames komplit dan nasi rames telor.

Nasi rames ini khas Solo, dan penyajian beberapa pilihan lauk dalam sepiring nasi misalnya tepe, krecek, serundeng, goreng ati, serta keripik kentang. Dan Serundeng menjadi ciri khas masakan Bu Tjondro, sebagaimana makanan khas Jawa lainnya.  Di Jawa, nasi rames biasanya banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di pagi hari atau di pinggir-pinggir jalan untuk sarapan pagi.

Nasi rames di atas merupakan nasi rames khas Jawa yang cenderung berkuah, hal ini berbeda dengan nasi rames Bali yang cenderung kering. Nasi rames Bali lebih sering bermain dengan daun untuk menghasilkan rasa yang enak dengan beberapa variasi menu misalnya serundeng, keripik, kacang, aya suwir kecap, telur balado. Tidak lupa taburan bawang merah di atas nasi.

Ada banyak ciri nasi rames dari banyak daerah dan warung makan yang legendaris, akan dijelaskan selanjutnya. Namun yang menjadi catatan kemudian yakni bahwa nasi rames ini menyajikan banyak lauk.

Sejarah Nasi Rames

Konon, nasi rames ini sudah ada sejak zaman Belanda karena mereka seringkali menyajikan rijsttafel. Namun asal usul nasi rames berbeda dengan rijsttafel karena nasi rames merupakn ramuan kemas, hanya mirip rijsttafel di Belanda.  Keduanya berbeda misalnya untuk rijsttafel mereka menyajikan banyak lauk serta pembeli yang bebas memilih sendiri. Sementara nasi rames, penjual meracik sekaligus mengemas, begitulah kemudian berkembang menjadi nasi rames.

Berikut beberapa jenis nasi rames di Indonesia dari berbagai daerah yang sangat legendaris.

1. Nasi Campur Men Weti Bali

nasi rames
foto: https://www.instagram.com/ny.rempong/

Di Sanur Bali, terdapat nasi rames legendaris bernama Nasi Campur Men Weti. Saking populernya, pengunjung harus mengantri lama untuk bisa menikmati nasi campur racikan Weti ini. Nasi di sini disajikan dengan aneka ragam lauk misalnya telur rebus, ayam betutu, kuah pindang, sambal matah, jukut urap, sate lilit hingga kacang tanah. Nasi khas Bali juga bisa dijumpai di berbagai daerah di luar Bali misalnya di Yogyakarta.

Padahal warung nasi men Weti ini kecil, dia pun hanya duduk dengan dikelilingi mangkuk besar berisi lauk seperti yang biasa kita saksikan di pasar tradisional. Warung Makan Made Weti ini berada di Jl. Pantai Segara Sanur.

Baca Juga : 6 Pilihan Resep Nasi Liwet Enak Dan Istimewa

2. Nasi Gudeg Yu Djum

nasi rames
foto: https://www.instagram.com/ria_niknik/

Jogja terkenal sekali dengan Gudegnya, dan hampir semua orang tahu ketika ngomong Gudeg di Jogja pikiran kita pasti akan lari ke Gudeg Yu Djum. Gudeg Djuminten ini sudah ada sejak 1926 yang eksistensinya masih ada hingga saat ini dan dikelola secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Di Yogyakarta, tempat makan gudeg yang paling tua ini menyajikan gudeg versi kering dengan rasa manis.Selain rasanya yang enak, gudeg Yu Djum ini cocok untuk menjadi oleh-oleh bagi para traveller yang berkunjung ke Yogya karena makanan ini relative bertahan lama. Lauk lainnya yang menemani gudeg seperti telur, ayam, tahu serta sambal goreng krecek.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Gudeg Yu Djum, Anda bisa mampir ke warungnya yang berada di Jl. Kaliurang KM 4,5 Karangasem CT III/06 di Mbarek Sleman.

Selain gudeg Yu Djum, ada banyak warung-warung serupa yang menyajikan gudeg. Di Yogya, tempat yang paling terkenal dengan gudegnya yakni di daerah Wijilan.

3. Nasi Ulam Encim Sukaria

nasi rames
foto: https://engineeration.files.wordpress.com

Dari namanya saja kita sudah paham bahwa jenis nasi rames ini berasal dari Betawi. Salah satu penjual nasi rames yang sangat terkenal misalnya di Tangerang terdapat penjual nasi ulam warung Encim Sukaria. Warung ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Pemiliknya merupakan perempuan Tionghoa dan berjualan nasi uduk serta nasi ulam di Gang Sukaria, Kapling Tangerang. Namun pemiliknya kini sudah tiada dan bisnis tersebut diteruskan oleh penggantinya.

Nasi rames yang disebut dengan nasi ulam ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan serundeng atau kelaa parut goreng. Kemudian lauknya dilengkapi dengan bihun goreng, irisan dadar telur serta semur kentang. Selain itu juga dikasih irisan timun, daun kemangi dan kacang-kacangan seperti kedelai.

Jika Anda tertarik silahkan datang ke Warung Encim Sukarian yang terletak di Jl. Soleh Ali Kapling Tangerang.

Baca Juga : 5 Pilihan Resep Nasi Uduk Yang Enak Dan Istimewa

4. Nasi Liwet Wongso Lemu

nasi rames
foto: https://www.instagram.com/e_ndro/

Nasi Liwet Wongso Lemu merupakan warung makan legendaris yang menyajikan makanan khas Solo. Warung ini sudah ada sejak tahun 1950 an dan terdapat di berbagai lokasi setidaknya terdapat tiga cabang dengan rasa yang tidak berbeda.

Warung Nasi Liwet Wongso Lemu ini menyajikan nasi sekaligus pelengkapnya seperti sayur labu siam, telur, areh dan suwiran ayam. Untuk nasi liwet komplet biasanya terdapat tambahan ati ampela. Serunya lagi, warung ini juga menyajikan hiburan khas Jawa yakni sinden yang menyanyikan lagu-lagu Jawa. Sehingga, pengunjung bisa menikmati makanan sembari mendengarkan musik Jawa, seru to.

Nasi Liwet Wongso Lemu ini berada di Jl. Teuku Umar atau di depan gedung Balai Muhammadiyah Solo.

5. Nasi Jamblang Mang Dul

nasi rames
foto:https://www.instagram.com/mutiaw/

Warung nasi rames selanjutnya yakni Nasi Jamblang yang merupakan nasi rames khas Cirebon. Penyajian nasi jamblang yang menjadi ciri khas yakni karena nasi putihnya dibungkus dengan daun jati sehingga nempel aroma daun jatinya.

Di Cirebon, salah satu yang menjadi tempat legendaris yakni warung rames mang Dul yang selalu ramai. Bahkan, warung Nasi Jamblang Mang Dul in sudah ada sejak tahun 1970-an hingga kini yang sudah berganti dari generasi ke generasi.

Nasi putih di sini biasanya ditemani dengan berbagai lauk kurang lebih sekitar 20 macam lauk seperti sayur tahu, pepes, tempe goreng, sambal kerang dan paru goreng. Selain itu tentu masih ada banyak lauk lainnya yang tidak kalah menarik. Sesekali jika ada kesempatan ke Cirebon, silahkan cobalah sesekali untuk menikmati sajian makanan nusantara.

Begitulah, aneka ragam sajian nasi rames dari berbagai daerah dengan keunikan masing-masing. Selain dari beberapa yang sudah disebutkan diatas, tentu masih banyak lagi kekayaan nasi rames dari berbagai daerah lain yang tidak kalah menarik.

Baca Juga : Nasi Goreng Spesial Untuk Keluarga Coba yuk Bunda

Nilai Kualitas Konten