11 Oleh Oleh Khas Jakarta Wajib dibawa Pulang

Oleh Oleh Khas Jakarta dapat Anda bawa pulang dengan mudah. Karena di Kota Metropolitan banyak ditemukan toko yang menjual berbagai oleh oleh khas Jakarta. Rasanya ada yang kurang jika Anda sebagai orang perantauan tidak membeli oleh oleh ketika akan mudik maupun Anda yang sedang berlibur di Ibu Kota. Berikut ini beberapa oleh oleh khas Jakarta yang harus Anda bawa pulang.

11 Oleh Oleh Khas Jakarta Murah dan Lezat

1. Dodol Betawi

Oleh Oleh Khas Jakarta
foto: https://www.instagram.com/putritaruno/

Salah satu Oleh Oleh Khas Jakarta yang banyak diminati oleh para wisatawan yaitu dodol asli dari betawi. Dodol betawi berwarna kehitaman dengan varian rasa yang dapat Anda pilih sesuai selera. Misalnya ketan hitam, ketan putih, dan durian. Rasa manis dodol betawi berasal dari gula merah yang ada pada adonan dodol tersebut.

Bahan baku dodol betawi diantaranya adalah gula merah, gula pasir, ketan dan santan. Seluruh bahan dimasak dalam wajan besar selama 8 jam lamanya. Memasak dodok biasanya menggunakan tungku kayu bakar. Ketika memasaknya pun tidak boleh didiamkan, harus di diaduk terus menerus.

2. Bir Pletok

oleh-oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/anggarini/

Mungkin Anda masih terlalu asing dengan bir pletok bukan? Meskipun namanya bir pletok, tetapi minuman ini tidak memabukkan. Melainkan oleh oleh khas Jakarta akan menghangatkan tubuh Anda. Minuman yang satu ini terbuat dari rempah-rempah seperti daun pandan, jahe, dan serai sebagai bahan baku pembuatannya.

Bir Pletok menjadi minuman yang sangat terkenal di kalangan orang betawi. Untuk memberikan warna minuman yang menarik, bir pletok biasanya ditambahkan dengan kayu secang sehingga memberikan warna kemerahan. Bir pletok juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

3. Geplak

oleh-oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/jogjafooddestinations/

Oleh oleh khas Jakarta yang selanjutnya yaitu kue geplak. Makanan khas Jakarta ini terbuat dari beras. Warna geplak yang didominasi oleh coklat dan putih ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Kue dinamakan geplak karena dalam proses meratakan adonan dengan cara ditepuk-tepuk.

Geplak juga menjadi salah satu hantaran yang harus dibawa oleh calon pengantin pria ketika melamar. Meskipun geplak agak sulit ditemukan, tapi Anda tetap bisa membeli geplak di beberapa toko oleh oleh di Jakarta.

Baca Juga : Makanan Khas Jakarta Yang Rekomended

4. Roti Buaya

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/duo_nyamnyam/

Sesuai dengan namanya, roti buaya memiliki bentuk yang mirip dengan buaya. Roti khas Betawi ini pun memiliki arti yang sangat dalam terutama ketika akan melangsungkan pernikahan. Roti buaya melambangkan kemapanan dan kesetiaan dari kedua pasangan. Calon pengantin pria ketika lamaran akan memberikan hantaran berupa roti buaya sebagai syarat yang harus dipenuhi.

Roti buaya dulu hanya dapat dimakan oleh para bangsawan saja. Seiring berjalannya waktu, roti dapat dimakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan kini menjadi salah satu makanan khas dari Betawi.

5. Kembang Goyang

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/dianfaizin17/

Kembang Goyang menjadi salah satu makanan khas Jakarta yang terbuat dari tepung beras. Dinamakan kembang goyang karena ketika proses menggoreng harus digoyangkan dalam minyak panas. Sedangkan kembang diambil dari makanannya yang berbentuk bunga. Bunga dalam bahasa jawa adalah kembang.

Bahan-bahan kue kembang goyang yaitu tepung beras, gula, santan dan garam. Makanan ini memiliki perpaduan rasa yang sempurna yaitu manis dan gurih. Seiring dengan perkembangan zaman, kue ini memiliki varian rasa seperti keju, coklat dan sebagainya.

6. Tape Uli

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/bigbearpo/

Tape uli dulunya dijajakan di gerobak lengkap dengan ketan hitam legit. Seiring dengan perkembangan zaman, tapi uli kini menjadi salah satu makanan khas Betawi yang disuguhkan secara lebih praktis. Anda dapat memilih tape uli sebagai oleh oleh keluarga di rumah.

Tape uli merupakan makanan yang dibuat dari campuran beras ketan putih dan kelapa yang dikukus. Tape uli biasanya dibungkus menggunakan daun pisang sebagai tempat penyimpanannya. Makanan yang satu ini memiliki aroma yang begitu harum dengan rasa yang gurih.

Baca Juga : Resep Soto Betawi Asli Jakarta Lezat

7. Telur Gabus Keju

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/resepcamilan/

Telur Gabus Keju menjadi salah satu makanan favorit orang Betawi yang kini menjadi oleh oleh khas Jakarta. Makanan ini memiliki rasa yang manis, gurih dan renyah. Tidak heran jika telur gabus keju menjadi pilihan tepat sebagai camilan.

Telur Gabus Keju atau telur belanak dibuat dari tepung kanji, gula, telur, keju  dan air. Makanan dibentuk memanjang menyerupai telur ikan gabus. Dinamakan telur belanak karena nama lain dari ikan gabus adalah ikan belanak.

8. Marguerite Nougat

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/delicious_indonesia/

Nougat sejenis permen yang terbuat dari gula atau madu dan kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang digunakan pun bermacam-macam seperti kenari, hazel, dan pistavhio. Marguerite Nougat memiliki rasa yang manis dengan tekstur kenyal. Penyajian nougat juga berbeda-beda yaitu ada nougat yang berbentuk biasa, ataupun dicampur dengan makanan lain seperti coklat batangan.

9. Kue Akar Kelapa

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/prida.cooking/

Kue akar kelapa yang merupakan makanan khas Betawi memiliki rasa yang manis dan gurih. Dinamakan akar kelapa karena bentuk dari kue mirip dengan akar pohon kelapa. Kue dengan bentuk unik memiliki daya tarik tersendiri. Makanan yang menyerupai akar kelapa ini terbuat dari tepung beras, gula, telur dan santan. Bentuknya panjang dengan bagian pinggir yang agak bergigi.

Baca Juga : 7 Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin Ketagihan

10. Semprong

oleh oleh khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/ayudiahrespatih/

Semprong merupakan salah satu jenis makanan kering yang menjadi oleh oleh khas jakarta. Keunikan dari kue yatu berbentuk silinder yang memanjang seperti pipa atau semprong. Tidak heran jika kue dinamakan dengan kue semprong.

Kue semprong sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan ketika sedang bersantai, apalagi ketika menikmati segelas kopi atau teh hangat. Makanan ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis tetapi gurih. Kue khas ini mudah ditemukan, hampir seluruh pusat oleh oleh menyediakan jenis makanan satu ini.

11. Pencok

foto: https://www.instagram.com/ayyana_homemade/

Makanan khas Jakarta yang dapat Anda bawa pulang yaitu pencok betawi. Pencok betawi merupakan makanan favorit orang betawi dan masyarakat Jakarta umumnya. Pencok telat ada sejak beratus-ratus tahun lamanya. Makanan ini dulunya disajikan ketika melaksanakan upacara pernikahan dan upacara adat lainnya.

Pencok yang berbahan dasar kentang kini dapat Anda nikmati kapanpun. Pendok dikemas secara lebih modern sehingga dapat dijadikan sebagai oleh oleh ketika Anda mengunjungi Jakarta. Makanan ini juga memiliki banyak manfaat sesuai dengan bahan dasarnya yaitu kentang yang memiliki segudang manfaat.

Pencok dulunya hanya memiliki rasa original saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Anda dapat menikmati pencok dengan berbagai rasa menarik. Misalnya rasa bawang, rasa pedas ataupun yang lainnya. Bahkan pencok tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Pencok telah dikenal hingga mancanegara atau luar negeri. Tentu Anda akan merasa ada yang kurang jika pergi ke Jakarta namun tidak menyempatkan diri membeli makanan khas yang satu ini.

Oleh Oleh Khas Jakarta banyak diminati oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Jakarta sendiri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki berbagai tempat wisata menarik. Tidak heran jika banyak wisatawan berkunjung dan ingin membawa pulang oleh oleh khas Jakarta.

Baca Juga : Makanan Khas Indonesia Wajib Anda Coba

Nilai Kualitas Konten

Leave a Comment