Pasta Conchiglie Itu Apa Sih? Beserta Resepnya

Resep MamiPasta Conchiglie itu apa sih? Atau anda sudah tahu bentuknya tapi tidak tahu namanya? Di Italia banyak sekali jenis pasta yang ditemui, ada ratusan lebih. Pasta adalah makanan yang digunakan pada menu-menu orang Italia yang terbuat dari tepung gandum, olive oil, air dan telur. Mirip seperti mie telur bahan dasarnya ya, bahan adonan pasta ini bisa untuk membuat mie telur atau kulit pangsit. Dan adonan tersebut bisa dijadikan berbagai macam dan bentuk pasta yang ada di Italia. Kalau di Indonesia sih masih sedikit yang diimport ya, tapi kalau anda ke Italia pasti akan kagum dengan berbagai macam bentuk dan jenis pasta yang dijual di pasar. Di sana selain dijual kering juga banyak yang menjualnya masih segar untuk langsung diolah kembali.

Untuk cara mengolahnya rebus salah satu jenis pasta yang anda sukai dan dimasak menggunakan bumbu dan saus yang anda sukai. Pasta ini juga tidak harus menggunakan saus pasta khusus, tapi ada beberapa masakan sup yang mengikut sertakan pasta ke dalamnya, contohnya sup ayam, soup seafood, sup tomat dan masih banyak lagi.

Makanan-makan yang mirip dengan pasta ini banyak juga dijumpai juga sudah dari zaman dulu sekali. Terutama di berbagai Negara yang banyak sekali terdapat tanaman gandum. Lalu conchiglie itu sebenarnya pasta jenis apa? Ini dia penjelasannya

Kerang laut tidak hanya ditemukan di pantai! Biasanya disebut ‘kerang’ atau ‘kerang laut’ karena bentuknya, conchiglie adalah jenis pasta yang benar-benar terlihat seperti kerang keong. Kenyataannya, kata ‘conchiglia’ dalam bahasa Italia berarti kerang laut. Mereka biasanya dijual kering dalam varietas gandum durum biasa, tetapi juga dapat ditemukan dalam varietas berwarna dengan pewarna alami, seperti ekstrak tomat, tinta cumi atau bayam, atau dalam versi gandum utuh.

Conchiglie memiliki bagian luar yang bergerigi dan bagian dalamnya yang halus yang berarti bagian dalamnya terisi ketika diaduk dalam saus, sementara bagian punggungnya memungkinkan saus melekat ke luar juga. Jadi setiap suapan benar-benar nikmat! Di Indonesia juga ada kok pasta jenis ini dan sudah lama ada di Indonesia, biasanya untuk campuran sup ayam atau sup sayuran.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

3 Ukuran berbeda.

Bentuk pasta ini tersedia dalam 3 ukuran. Conchigliette adalah yang terkecil dan secara tradisional digunakan dalam sup. Conchiglie adalah versi ukuran menengah dan sangat baik dengan saus kental, tetapi juga bisa dipanggang. Akhirnya, conchiglioni adalah cangkang jumbo, yang ukurannya hampir sama dengan lumaconi (pasta cangkang keong) dan sangat baik diisi dan dipanggang.

Pasta conchiglie yang terbaik terbuat dari gandum durum keras yang tahan lama saat dimasak. Gandum ini akan menahan bentuknya lebih baik terutama saat direbus dan kemudian dipanggang seperti yang sering dilakukan dengan kerang pasta yang ukurannya lebih besar, conchiglioni.

Conchiglie bukan bentuk pasta yang kuno banget sih dan hanya diproduksi kering. Karena mereka sudah lama tidak ada, mereka tidak memiliki sejarah yang khusus untuk wilayah Italia tertentu, meskipun mereka tampaknya lebih populer di Selatan. Mungkin karena orang Italia Selatan makan lebih banyak pasta kering dan orang Utara makan lebih banyak pasta segar. Plus banyak bentuk khusus pasta pertama kali diproduksi di Selatan, terutama di Gragnano dekat Naples.

Berikut adalah salah satu resep di seluruh Italia untuk bentuk pasta kerang ini. Mereka disajikan dengan saus daging, ikan dan sayuran dan conchigliette kecil digunakan dalam sup, dengan saus pesto dan salad. Saya menantikan untuk berbagi beberapa resep ini dengan Anda. Sementara itu, jika Anda belum pernah mencobanya dan Anda melihat conchiglie atau pasta kerang di supermarket lokal Anda, taruh di keranjang Anda. Anda tidak akan menyesal!

Baca Juga: Spaghetti Bolognese Tidak Ada Di Italia? Simak Sejarahnya

Beef Stroganoff with Conchiglie Pasta

Beef Stroganoff with Conchiglie Pasta
Gambar : instagram.com Beef Stroganoff with Conchiglie Pasta

Bahan-bahan  :

  • 250 g Conchiglie Pasta direbus dahulu, lalu sisihkan
  • 300 g Daging sapi Sirloin dipotong tipis
  • 200 g Jamur Swiss Brown dipotong tipis
  • 1/2 Bawang potong-potong
  • 3 siung Bawang putih cincang halus
  • 175 g Krim asam (anda bisa menggunakan yogurt kental)
  • 2 sdm Tepung
  • 1 sdt kaldu daging sapi
  • 1 sdm Mentega tawar (unsalted butter)
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 3 gelas Air
  • 1 sdt Paprika bubuk atau cabai bubuk
  • Garam & Merica sesuai selera Anda
  • Peterseli kering opsional (untuk hiasan)

Cara membuatnya Beef Stroganoff with Conchiglie Pasta :

  1. Masak pasta conchiglie sesuai dengan paketnya. Setelah pasta dikeringkan, tambahkan 1 sdm minyak goreng untuk mencegah pasta lengket.
  2. Dalam wajan, panaskan ke panas yang sangat tinggi. Tambahkan 2 sdm minyak goreng. Tambahkan setengah daging sapi sirloin. Masak selama 30 detik setiap sisinya. Sisihkan dan ulangi untuk sisa daging sirloin. Sisihkan di atas piring. Jangan matikan api.
  3. Di wajan yang sama tambahkan jamur dan bawang. Tumis selama 5-7 menit. Tambahkan bawang putih dan sejumput garam dan aduk selama 1 menit.
  4. Tambahkan mentega sampai semua meleleh. Tambahkan 2 sdm tepung dan aduk selama 2 menit. Tambahkan 3 gelas air.
  5. Tambahkan bumbu daging sapi, bubuk paprika, garam dan merica. Sesuaikan rasa asin dengan kesukaan Anda.
  6. Setelah sup mendidih, tambahkan daging sapi sirloin dan aduk selama 1 menit. Matikan api. Tambahkan krim asam dan aduk sampai rata.
  7. Letakan pasta conchiglie yang sudah dimasak ke piring. Tambahkan stroganoff daging sapi di atasnya. Hiasi dengan peterseli.
  8. Stroganoff daging sapi siap disajikan.

Catatan resep

  • Anda bisa mengganti bumbu daging sapi dan air dengan kaldu sapi.
  • Anda dapat mengganti jamur cokelat swiss dengan jamur kancing biasa.

Baca Juga: Resep kulit pangsit, mie telur dan pasta paling mudah

Nilai Kualitas Konten

3 thoughts on “Pasta Conchiglie Itu Apa Sih? Beserta Resepnya”

Leave a Comment