Pizza Margherita, Resep Simple Rasa Lezat

Diposting pada
Pizza Margherita
Pizza Margherita

Hai buibu, ada yang penasaran gimana sih cara bikin pizza yang enak? Sebenernya sih ga begitu sulit untuk adonannya, asalkan mengikuti resep, hal yang terpenting adalah raginya harus masih aktif. Nah, coba yuk bikin pizza Margherita, pizza ini adalah pizza klasik dari Italia yang rasanya lezat banget. Pizza memang aslinya dari Negara Italia ya buibu, bukan dari Amerika dan yang paling terkenal adalah di Naples.

Jadi, pizza dulunya adalah roti bundar tipis yang dipanggang begitu aja tanpa menggunakan olesan saus tomat dan ini biasanya makanan untuk orang-orang miskin gitu (tahun 1600) dan memanggangnya itu menggunakan oven yang terbuat dair tanah lho trus diisi dengan bara api pinggirnya dibagian dalam. Jadi, ga keras nanti hasilnya. Nah, di tahun 1800-an pizza ini diberi olesan saus tomat.

Terus Ratu Margherita ini intinya pengen pizza yang melambangkan bendera Negara Italia (merah, putih, hijau) ya udah deh akhirnya dibuat pizza dengan olesan saus tomat untuk merahnya, lalu keju mozzarella untuk putihnya dan diberi taburan daun basil untuk warna hijaunya. Berhubung nih yang pesen Ratu Margherita dan beliau suka banget dengan pizza tersebut, jadilah namanya Pizza Margherita yang sudah terkenal dimana-mana.

Saya pun lebih suka dengan pizza Margherita soalnya meskipun sederhana cuma gitu aja toppingnya, tapi rasanya enak banget. Dan sukanya lagi itu karena rotinya tipis bukan tebal seperti pizza Amerika. Jadi, ga terlalu kenyang deh.

Pizza Margherita, Resep Simple Rasa Lezat

Untuk adonan pizza yang akan dibagikan ini, simple kok. Dan untuk topping bisa diberi macam-macam topping sesuai selera. Tapi, berhubung judulnya Pizza Magherita jadi nurut dengan resep ya.

Bahan Adonan Pizza:

  • 500 gram tepung “roti” protein tinggi
  • 5 gram garam halus tapi bukan garam meja ya buibu, nanti rasanya beda
  • 10 gram ragi (kering) yang masih aktif ya buibu (biasa pakai fermipan)
  • 325 ml air hangat

Bahan Topping:

  • 150 gram pasta tomat atau saus tomat juga bisa
  • Garam sedikit aja
  • Lada sedikit aja
  • Minyak zaitun yang extra virgin dikit aja untuk dituang diatas adonan pizza nanti
  • Keju mozzarela secukupnya, kalau pakai yang bentuknya bulat bisa pakai semuanya.
  • Daun basil segar secukupnya
  • 1 sdm keju parmesan parut

Cara membuatnya:

  1. Campurkan sampai rata ragi dan air hangat lalu sisihkan dulu, dilain wadah campurkan tepung protein tinggi dengan garam.
  2. setelah itu masukan campuran ragi ke dalam tepung dan aduk sampai rata.
  3. Lalu uleni dengan cara seperti orang kalau ngucek baju gitu lho bun, sampai tidak lengket lagi ditangan ya.
  4. Lalu bagi dua bagian dan bulat-bulatkan adonan. Istirahatkan adonan di dalam loyang selama 1,5 – 2 jam dengan kondisi loyang tertutupi oleh serbet atau kain lembab.
  5. Sebelum diistirahatkan juga sebelumnya bisa ditaburi tepung roti (bukan panir ya buibu) dahulu dasaran loyangnya jadi ngembangnya bisa makin besar dikit gitu.. hihihihi.. tapi kalau ga pakai juga boleh.
  6. Setelah adonan sudah mengembang, taburi alas ulenan dengan tepung terigu letakan adonan diatasnya lalu kempeskan dan pipihkan adonan sampai berbentuk bundar, pinggirnya agak tinggi ya buibu jadi jangan bundar rata gitu. Kan ini mau khasnya Italia.. hihihihi..
  7. Setelah itu beri minyak zaitun 1 sdm aja ya buibu, lalu beri saus tomat ratakan jangan sampai bagian pinggirnya ya, lalu taburi garam dan lada sedikit aja, setelah itu beri keju mozzarela ( ga usah full ya buibu karena khasnya tidak seperti itu) lalu beri daun basil segar,
  8. Setelah ini kalau mau diberi minyak zaitun lagi juga boleh dan panggang di oven yang panas 8-10 menit atau sampai matang.

Nilai Kualitas Konten