Resep Bakso Sapi China Enak, Mudah Cuma Diblender Aja

Resep Daging– Pecinta bakso pastilah penasaran gimana sih cara buat bakso yang mudah, ga perlu ke tempat penggilingan daging (bakso). Bahan utamanya adalah daging terutama daging yang segar ya, jadi biar rasa baksonya itu lebih lezat.

Nah untuk kaldu sih bermacam-macam, kalau saya pribadi tidak suka menggunakan kaldu yang terlalu berminyak, jadi biasanya sih cuma rebusan kaldu dari tulang-tulang yang masih ada sedikit sisa dagingnya dengan tambahan, bawang putih atau bawang bombay, nah kalau kaldunya biar berasa segar biasanya saya tambahkan lobak putih.

Nah, resepmami ingin membagikan resep bakso yang ga usah ribet, tinggal pakai blender atau food processor aja langsung  bisa jadi. Kuncinya biar rasa baksonya itu daging banget, hindari pencampuran tepung yang banyak. Selengkapnya, simak resep dibawah ini ya.

Bakso Sapi China
Bakso Sapi China

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Yang Banyak Disukai Orang

Resep Bakso Sapi China Enak, Mudah Cuma Diblender Aja

Bahan-bahan:

  • 250-300 Gram daging sapi segar, biar gampang diolahnya potong-potong kecil ya. Atau bisa langsung menggunakan daging giling. Tutup wadahnya lalu masukan ke freezer selama 30-45 menit.
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • Garam secubit aja biar ada rasa-rasa sedapnya
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt penyedap rasa (saya pakai totole, kaldu rasa jamur)
  • 1 sdm chinese cooking wine (pilihan, tapi kalau ingin merasakan bakso dari resep ini wajib dipakai)
  • Aduk semua bumbu, lalu masukan ke dalam freezer selama 10 menit
  • 1 cangkir kecil air dingin
  • 1 mangkuk kecil jamur champignon segar yang dicincang halus (kalau suka)
  • Air secukupnya untuk merebus bakso
  • Es batu secukupnya dan air untuk merendam bakso yang sudah direbus

Cara membuatnya Resep Bakso Sapi China:

  1. Blender atau lumatkan daging yang baru keluar dari freezer tadi sampai lembut bersama dengan bumbu, lalu tambahkan air dan blender lagi sampai tercampur rata dan lembut.
  2. Tanda daging yang diblender ini sudah siap untuk diproses ke tahap berikutnya adalah mempunyai tekstur yang sudah lengket,lembut dan berserat kecil. Sebelum dibentuk, tambahkan cincangan jamur champignon dan aduk sampai benar-benar rata. Sebelum membentuk bulatan baksonya, basahi tangan dulu dengan air biar nanti ga begitu lengket.
  3. Ambil adonan daging ke salah satu tangan sambil dilumat-lumat sampai permukaan dagingnya halus lalu tekan sampai adonan keluar diantara kepalan jari telunjuk dan ibu jari, lalu ambil menggunakan sendok dan sisihkan ke dalam wadah.
  4. Setelah itu panaskan air tapi jangan sampai mendidih ya, kira-kira 76-80 derajat Celcius panasnya. Jadi, tandanya itu sudah keluar gelembung kecil, menggunakan api kecil, ingat ya buibu jangan sampai mendidih, biar bakso ga hancur.
  5. Masukan bakso ke dalam air panas yang masih diatas api, lalu tutup pancinya dan biarkan selama 3 menit sampai bakso mengapung.
  6. Setelah mengapung semuanya, naikan api menjadi api sedang sebentar saja, teknik ini gunanya agar baksonya mempunyai tekstur yang lebih baik, lalu angkat tiriskan dan segera masukan ke dalam air yang sudah diberi es batu tadi. Kalau ingin dimasak langsung, harus direbus kembali ya buibu, karena tadi belum mateng sampai kedalamnya. Atau bisa langsung masukan ke dalam wadah dan masukan ke freezer, masak kapanpun buibu mau, jangan sampai lebih dari 1 bulan ya buibu, bakso ini setelah masuk freezer cuma bisa tahan 1 bulan aja.
  7. Selamat mencoba.

Baca Juga: Kreasi Olahan Daging Sapi Tetelan

Nilai Kualitas Konten