Resep Cara Membuat Perkedel Jagung yang Renyah

Cara membuat perkedel jagung - Halo moms, kembali lagi di resepmami! Moms ingin membuat perkedel jagung yang renyah tapi selalu gagal? Mungkin ada yang keliru dalam pembuatannya.

resep perkedel jagung

Moms tau enggak sih kalau tingkat kerenyahan perkedel jagung itu terletak pada penggunaan telur dalam adonan dan pada cara penggorengan.

Jika moms menyukai perkedel jagung yang renyah, sebaiknya moms tidak menggunakan telur dalam adonan dan menggoreng dengan tipis pada teflon.

Namun jika moms menyukai perkedel yang basah (tidak renyah) moms bisa menggunakan telur dalam adonan dan menggoreg perkedel dengan ukuran tebal pada wajan.

Resep Cara Membuat Perkedel Jagung

cara membuat perkedel jagung
SajianMakanan
MasakanIndonesia
KeywordCara membuat Perkedel Jagung
Waktu Persiapan10 Menit
Waktu Memasak15 Menit
Porsi4 Porsi
Kalori101 Kalori/Porsi

Nah, Kali ini resepmami akan membagikan tips cara membuat perkedel jagung yang renyah anti gagal, yuk intip cara pembuatannya.

Bahan-bahan Membuat Perkedel Jagung.

  • 300 gram jagung utuh
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 tangkai bawang daun
  • 180 gram tepung terigu / 180 gram
  • 60 gram tepung beras / 60 gram
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • ½ sendok makan garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh gula
  • Penyedap rasa (sesuai selera)
  • Cabe bubuk (sesuai selera)
  • 350 ml air

Cara Membuat Perkedel Jagung :

  1. Pertama tama, siapkan pisau kemudian kupas biji jagung. Cara mengupasnya adalah dengan membagi jagung menjadi dua bagian kemudian iris secara vertical seluruh sisi jagung
  2. Siapkan wadah kemudian masukkan jagung kedalam wadah
  3. Selanjutnya, iris bawang daun menjadi irisan irisan yang halus dan tipis, lalu masukkan irisan bawang kedalam wadah
  4. Siapkan cobek atau ulekan, kemudian haluskan bawang putih dan bawang merah hingga halus. Lalu, campurkan kedalam wadah yang berisi jagung dan aduk dengan rata
  5. Selanjutnya, tuangkan tepung terigu dan tepung beras kedalam wadah dan aduk dengan rata
  6. Tahap selanjutnya adalah menuangkan bumbu. Masukkan lada bubuk, penyedap rasa sesuai dengan selera, garam dan gula
  7. Kemudian, tuangkan juga 1 sendok teh baking powder. Tujuan dari baking powder ini adalah supaya perkedel jagung memiliki tekstur yang renyah.
  8. Jika moms menyukai perkedel jagung tang bertekstur basah, moms bisa menambahkan satu butir telur pada tahap ini. Namun karna kita akan membuat perkedel jagung yang bertekstur renyah, maka step ini dilewat saja.
  9. Selanjutnya, tuangkan air perlahan lahan pada adonan sambil mengaduk adonan hingga adonan tercampur semua dengan rata.
  10. Kemudian, tuangkan sedikit cabai bubuk pada adonan untuk menambah sedikit rasa pedas, namun disesuaikan kembali dengan selera anda dan keluarga ya moms
  11. Siapkan teflon, kemudian panaskan minyak dengan api sedang. Jika minyak telah panas, masukkan adonan kedalam teflon dengan bentuk melebar dan tipis agar perkedel jagung menjadi renyah. Jika moms menyukai tekstur basah maka dianjurkan untuk menggunakan wajan dan memasukkan adonan dengan bentuk tebal ditengah. Tunggu hingga perkedel jagung berwarna kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan
  12. Siapkan piring saji dan tuangkan perkedel jagung pada piring saji.
  13. Perkedel jagung renyah telah siap untuk dinikmati dan dihidangkan.

Itulah tahapan cara membuat perkedel jagung mudah bukan? Perkedel jagung ini sangat cocok untuk dijadikan camilan, lauk ataupun teman lauk yang disajikkan dengan sayur bayam hangat.

Untuk menambah kenikmatan sajikan perkedel jagung selagi hangat dan tambahkan pula sambal ya moms.

Selamat mencoba:)