Resep Cara Membuat Yoghurt Homemade

Cara membuat yoghurt - Moms ingin hidup sehat namun tetap enak? Mengonsumsi yoghurt adalah salah satu solusinya! kali ini resep mami akan membuat resep cara membuat yoghurt simak trus yaa.

Cara membuat yoghurt homemade

Yoghurt merupakan minuman hasil dari fermentasi akibat dari berkembangnya bakteri lactobasillus bulgaricus dalam susu.

Yoghurt pertama kali ditemukan di firlandia, dimana saat itu firlandia mengalami kelebihan produksi susu, kemudian lahir lah minuman asam yang kaya manfaat dan tentunya awet dalam jangka panjang, yakni yoghurt.

Yoghurt terbukti mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan karna yoghurt kaya akan vitamin dan kalsium.

Kandungan bakteri probiotik ternyata dapat mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem imunitas dan mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

9 Cara Membuat Dressing Salad

Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat menjadi penyebab dari cancer, sehingga secara tidak langsung minuman yoghurt ini dapat mencegah kita dari bahaya penyakit cancer loh moms.

SajianMinuman
KeywordResep Membuat Yoghurt, Cara Membuat Yoghurt
Waktu Persiapan15 Menit
Waktu Memasak12-24 jam
Porsi3 Porsi
Kalori63 Kalori/Porsi
Masakan-

Untuk merasakan manfaat kesehatan dari yoghurt, moms sebenarnya bisa membuat sendiri homemade yoghurt dirumah loh!

Bahan bahan untuk membuat yoghurt tenyata sangat mudah didapatkan dan cara membuat pun sangat mudah.

Yuk simak resep cara membuat yoghurt bagaimana caranya

Cara Membuat Yoghurt Homemade

resep yoghurt homemade

Bahan-bahan Membuat Yoghurt :

  • 1 liter susu segar
  • 2 sendok makan biang yoghurt

Cara Membuat Yoghurt :

  1. Pertama-tama siapkan panci kemudian panaskan susu terlebih dahulu ya moms. Susu dipanaskan jangan sampai mendidih. Jika moms memiliki thermometer, ukur sampai suhu susu mencapai 35-38 derajat saja ya moms. Atau jika moms tidak memiliki thermometer moms bisa menggunakan jari untuk memperkirakan suhunya. Intinya suhu susu harus mendekati suhu tubuh kita ya moms.
  2. Untuk susu yang digunakan, jangan gunakan susu kental manis ataupun susu skim bubuk, gunakan susu segar (boleh susu uht) atau susu perah murni ya moms.
  3. Selanjutnya, jika susu telah hangat, angkat susu kemudian campurkan dengan 2 sendok makan biang yoghurt. Moms bisa menggunakan merk apapun untuk biangnya, atau jika moms memiliki yoghurt greek (yoghurt kental homemade), moms bisa mencampurkan 2 sendok makan yoghurt greek kedalam susu. Kemudian aduk dengan rata.
  4. Selanjutnya, siapkan termos atau wadah kedap udara untuk memfermentasi susu. Jika moms menggunakan wadah, pastikan wadah kedap udara, moms bisa melilit wadah dengan plastik yang dilakban kemudian dibungkus menggunakan kain gelap. Tujuannya agar suhu susu stabil, karna jika suhu terlalu panas, bakteri bisa mati, namun jika terlalu dingin bakteri bisa membeku dan tidak berkembang.
  5. Setelah memastika bahwa susu disimpan di tempat yang kedap udara, diamkan susu selama 12-24 jam. Semakin lama didiamkan maka yoghurt akan semakin bertekstur kental.
  6. Jika telah didiamkan selama 12-24 jam, yoghurt plan telah siap untuk diminum dan dinikmati. Jika moms ingin menambahkan rasa manis, moms bisa mencapurkan madu atau jus buah agar yoghurt menjadi lebih nikmat dan tentunya bervitamin.

        Bagaimana, mudah kan moms cara membuat yoghurt ? Membuat yoghurt sendiri tentunya lebih menghemat biaya dibandingkan membeli yoghurt di supermarket.

Selain mudah dan lebih murah kandungan yoghurt ternyata dapat memenuhi 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa, mencegah darah tinggi dan menyehatkan gigi.

Yoghurt sangat baik dikonsumsi saat perut kosong, karena kondisi asam lambung saat perut kosong lebih rendah dibanding perut berisi.

Sehingga, bakteri bisa bertahan hingga usus dan menyehatkan pencernaan kita.

Meskipun demikian, meminum yoghurt tentunya tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan ya moms.

Selamat mencoba membuat yoghurtJ