Resep Coklat Kacang Cetak Versi Ekonomis Cuma 4 Bahan!

Hai Moms! Kali ini Resep Mami akan membagikan resep camilan hemat yang enak dan sangat mudah untuk dibuat di rumah loh! Resep Coklat Kacang Cetak merupakan resep kudapan yang pastinya akan sangat digemari oleh anak-anak Moms. tidak hanya cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahannya pun juga mudah untuk didapatkan.

resep coklat kacang cetak

Resep Coklat Kacang Cetak merupakan camilan yang terbuat dari kacang yang dicampur dengan coklat meleleh, kemudian dicetak menjadi bentuk yang kecil dan dihentikan untuk mengeras. Camilan ini memiliki rasa yang kaya, gurih, dan manis berkat kombinasi kacang dan lapisan coklat yang lezat.

Resep Coklat Kacang Cetak

resep coklat kacang cetak
SajianMakanan
MasakanIndonesia
KeywordResep Coklat Kacang Cetak
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Pengolahan15 Menit
Porsi4 Porsi
Kalori150 kkal

Berikut adalah resep coklat kacang cetak:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • 750 gram kacang tanah
  • 500 gram coklat blok (bisa menggunakan coklat susu atau coklat hitam sesuai selera)
  • 100 gram margarin
  • Secukupnya springkel atau mesis
  • Cup kecil

Cara Membuat:

  1. Sangrai kacang tanah selama sekitar 5 menit, kemudian pisahkan dari kulitnya dan belah menjadi dua. Sangrai kembali selama sekitar 10 menit hingga kacang tanah harum. Pastikan jangan sampai terlalu gosong.
  2. Siapkan cup kecil dalam loyang.
  3. Lelehkan coklat, pastikan untuk memotong coklat menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah meleleh. Campurkan dengan margarin. Lelehkan coklat dan margarin dengan cara ditim.
  4. Setelah coklat dan margarin meleleh, campurkan kacang tanah yang telah disangrai ke dalam campuran coklat. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Tuangkan campuran coklat dan kacang tanah ke dalam cup kecil yang telah disiapkan. Taburi permukaannya dengan springkel atau mesis sesuai selera untuk memberikan tampilan yang cantik.
  6. Biarkan adonan kacang cetak tersebut dingin dan mengeras, kemudian siap untuk dihidangkan.

Camilan ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

Tips dan Trik Resep Coklat Kacang Cetak

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat membantu Moms saat membuat coklat kacang cetak:

  1. Pemilihan Kacang: Pilih kacang yang berkualitas baik dan tidak tengik. Moms dapat menggunakan kacang tanah, almond, kacang mete, atau campuran berbagai jenis kacang sesuai selera. Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan kacang dengan baik sebelum digunakan.
  2. Melelehkan Coklat: Saat melelehkan coklat, gunakan teknik seperti double boiler atau microwave dengan hati-hati. Jangan biarkan coklat meleleh terlalu panas atau terlalu lama, karena ini dapat menyebabkan coklat menggumpal atau terbakar. Aduk secara berkala untuk memastikan coklat meleleh dengan merata.
  3. Pencampuran Kacang: Setelah melelehkan coklat, campurkan kacang ke dalam coklat dengan lembut. Pastikan kacang terbalut dengan baik oleh coklat. Moms juga dapat menambahkan sedikit garam atau bumbu lain sesuai selera untuk meningkatkan rasa.
  4. Pencetakan: Gunakan cetakan yang bersih dan kering. Moms dapat menggunakan cetakan berbentuk coklat kecil atau membentuk coklat dengan sendok di atas kertas roti. Pastikan Moms menempatkan kacang coklat dengan jarak yang cukup agar tidak saling menempel saat mengeras.
  5. Pendinginan: Setelah mencetak coklat kacang, biarkan mereka mendingin pada suhu kamar terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke lemari es. Ini akan membantu mencegah kondensasi saat Moms memindahkan coklat ke suhu yang lebih dingin.
  6. Penyimpanan: Simpan coklat kacang cetak di dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpannya di tempat yang terlalu panas, karena coklat dapat meleleh.
  7. Kreativitas: Jangan ragu untuk eksperimen dengan berbagai jenis kacang, tambahan seperti rempah-rempah, atau lapisan coklat yang berbeda untuk menciptakan variasi coklat kacang cetak yang unik sesuai selera Moms.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Moms dapat membuat coklat kacang cetak yang lezat dan memuaskan untuk dinikmati sendiri atau dibagikan kepada orang lain.

Variasi Resep Coklat Kacang Cetak

Berikut beberapa variasi resep coklat kacang cetak yang bisa Moms coba:

  1. Resep Coklat Kacang Almond Cetak: Gantilah kacang tanah dengan almond panggang. Almond memberikan rasa dan tekstur yang berbeda pada coklat kacang cetak.
  2. Resep Coklat Kacang Mete Cetak: Kacang mete juga merupakan pilihan yang populer. Campurkan kacang mete panggang dengan coklat dan cetak seperti biasa.
  3. Resep Coklat Kacang Hazelnut Cetak: Untuk rasa seperti coklat hazelnut yang terkenal, tambahkan kacang hazelnut panggang yang dicincang ke dalam adonan coklat.
  4. Resep Coklat Putih Kacang Macadamia Cetak: Kombinasikan coklat putih dengan kacang macadamia untuk membuat varian yang lebih ringan dan renyah.
  5. Resep Coklat Kacang dan Buah Kering: Tambahkan buah kering seperti cranberry, kismis, atau apricot ke dalam adonan coklat kacang cetak. Ini akan memberikan tambahan rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan.
  6. Resep Coklat Kacang Garam: Taburi sedikit garam laut di atas coklat kacang cetak setelah mencetaknya. Kontras antara manis coklat dan rasa gurih garam bisa sangat menggugah selera.
  7. Resep Coklat Kacang Bumbu: Tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, bubuk cabai, atau bubuk kari ke dalam adonan coklat untuk memberikan sentuhan bumbu yang menarik.
  8. Resep Coklat Kacang Cetak dengan Keju: Ya, Moms bisa mencoba mencampurkan keju parmesan atau keju cheddar yang diparut ke dalam coklat cair sebelum mencetaknya. Ini memberikan kombinasi rasa manis dan asin yang unik.
  9. Resep Coklat Kacang Cetak dengan Buah Kacang: Tambahkan irisan kacang atau biji bunga matahari ke atas coklat sebelum mengeras. Ini akan memberikan tekstur renyah dan gurih.
  10. Resep Coklat Kacang Cetak dengan Ekstrak Rasa: Cobalah menambahkan sedikit ekstrak rasa seperti vanila, peppermint, atau kopi ke dalam adonan coklat untuk memberikan aroma dan rasa yang berbeda.

Jangan takut untuk berkreasi dan menciptakan variasi coklat kacang cetak sesuai selera Moms. Dengan berbagai bahan tambahan dan rasa yang berbeda, Moms dapat membuat coklat kacang cetak yang unik dan lezat untuk dinikmati.

Kesimpulan

Proses pembuatan resep coklat kacang cetak melibatkan beberapa langkah dasar seperti memanggang kacang (jika diperlukan), melelehkan coklat bersama mentega atau minyak, mencampurkan kacang dengan coklat cair, dan mencetaknya ke dalam cetakan kecil atau wadah tertentu. Setelah dicetak, coklat dan kacang kemudian didinginkan hingga mengeras menjadi camilan yang siap disantap.

Resep coklat kacang cetak sering kali menjadi pilihan camilan yang populer dalam acara-acara khusus, sebagai hadiah, atau hanya untuk dinikmati secara pribadi. Ini juga merupakan camilan yang mudah dibuat di rumah, memungkinkan variasi dalam pilihan kacang, coklat, atau tambahan lainnya sesuai selera individu.

FAQ Coklat Kacang Cetak

  1. Apa itu coklat kacang cetak? Coklat kacang cetak adalah camilan yang terbuat dari coklat yang dilelehkan yang dicampur dengan kacang tanah panggang atau kacang-kacangan lainnya, lalu dicetak dalam cetakan kecil dan dibiarkan mengeras.
  2. Dapatkah saya menggunakan jenis coklat tertentu dalam resep ini? Ya, Moms dapat menggunakan coklat susu, coklat hitam, atau bahkan coklat putih sesuai dengan preferensi Moms. Pilihan coklat akan mempengaruhi rasa coklat kacang cetak.
  3. Bagaimana cara memastikan coklat kacang cetak saya mengeras dengan baik? Pastikan Moms telah melelehkan coklat dengan baik dan mencampurkannya dengan kacang tanah atau bahan lainnya dengan rata. Selain itu, memastikan coklat kacang cetak telah didinginkan sepenuhnya dalam lemari es akan membantu agar mengeras dengan baik.
  4. Bisakah saya menambahkan bahan tambahan seperti kismis atau cranberry ke dalam coklat kacang cetak? Ya, Moms bisa menambahkan bahan tambahan seperti kismis, cranberry, potongan kacang, atau bahkan potongan buah kering lainnya sesuai dengan selera Moms.
  5. Apakah coklat kacang cetak cocok untuk disajikan dalam acara tertentu atau sebagai hadiah? Ya, coklat kacang cetak adalah camilan yang populer untuk disajikan dalam berbagai acara, seperti pesta, perayaan, atau sebagai hadiah kreatif. Moms dapat mengkreasikan cetakan dan hiasan sesuai tema acara.
  6. Berapa lama coklat kacang cetak bisa disimpan? Coklat kacang cetak dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau bungkus kertas khusus selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada penyimpanan dan suhu lingkungan.
  7. Bisakah saya menggunakan kacang lain selain kacang tanah? Ya, Moms dapat mengganti kacang tanah dengan jenis kacang lain, seperti almond, kenari, atau kacang-kacangan lainnya sesuai dengan preferensi Moms.
  8. Bagaimana cara memotong coklat kacang cetak dengan rapi? Untuk memotong coklat kacang cetak dengan rapi, Moms dapat menggunakan pisau yang telah dicelupkan ke dalam air panas. Ini akan membantu coklat tidak pecah dan memberikan potongan yang lebih rapi.

Semoga FAQ ini membantu Moms memahami lebih baik tentang resep coklat kacang cetak! Jika Moms memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.

About Soraya F

Avatar
Hai Moms! Soraya disini. Selain hunting kuliner-kuliner lezat, mencari dan berbagi resep masakan dari berbagai platform sangat menarik untuk saya lakukan. Dan akan ada banyak resep-resep lezat yang akan saya bagikan kepada Moms semua nantinya!

Check Also

Resep pisang coklat meses

Resep Pisang Coklat Meses, Ga Perlu Jajan Keluar Lagi Deh..

Hai, Mom! Moms pasti sudah familiar dengan resep pisang coklat meses, bukan hanya camilan manis …