Macam-Macam Resep Daging Sapi Simpel dan Lezat

Diposting pada

Resep daging sapi olahan rumah terkadang alot dan masih berbau amis. Cara memasak yang kurang tepat adalah faktor utama penyebabnya. Selain itu, memasak daging sapi membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga banyak orang yang kurang sabar.

Lama waktu pemasakan daging sapi ini juga akan berpengaruh pada tekstur daging sapi. Jika daging sapi belum matang sempurna, maka dagingnya akan cenderung keras. Pemilihan bumbu yang kurang tepat dan cara pencucian juga akan mempengaruhi aroma dari daging sapi yang dimasak. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan daging sapi yang sempurna, berikut adalah tips dalam memilih daging tersebut.

Tips Memasak Daging Sapi

Resep daging sapi sangat bervariasi dan juga memiliki rasa yang khas di setiap resepnya. Daging sapi merupakan salah satu daging yang dapat diolah menjadi berbagai masakan.berikut adalah tips dalam mengolah daging sapi agar tidak keras dan hambar maupun amis.

  1. Potong daging dengan ukuran yang sesuai. Memotong daging terlalu besar akan menambah waktu untuk memasaknya. Jadi, potongan yang lebih kecil dan tipis akan menghemat waktu dalam memasak. Sesuaikan potongan daging dengan resep masakan yang akan digunakan.
  2. Masak daging bersama lobak. Lobak dapat membantu agar daging menjadi lebih lunak. Merebus daging sapi dengan lobak selama 30 menit di awal akan sangat bermanfaat. Setelah 30 menit, lobak bisa dibuang dan daging sapi bisa diolah dengan bumbu yang diinginkan.
  3. 1 kilogram daging vs 10 gram kacang hijau. Penggunaan kacang hijau yang dimasukkan ke dalam rebusan daging akan menghilangkan bau amis. Daging sapi akan lebih netral baunya setelah direndam bersama dengan kacang hijau selama 15 menit.
  4. Teteskan air jeruk nipis. Air jeruk nipis sangat berguna dalam menghilangkan bau amis. Jeruk nipis juga banyak digunakan untuk olahan ikan. Sebelum memasak daging, perah jeruk nipis di atas daging  tersebut agar menghilangkan bau amis.

Resep Daging Sapi Cincang Mudah dan Lezat

Daging sapi bisa diolah dengan berbagai cara, misalnya rending, steak, tumis, bbq, maupun bakso. Olahan dari daging sapi selalu menggoda selera. Salah satu olahan yang mudah dan dapat dimasak di rumah yaitu cincang daging sapi.

Tumis daging sapi ini membutuhkan bahan dan bumbu yaitu:

  • 250 gram kentang yang sudah dipotong melintang dan digoreng setengah matang
  • 150 gram daging sapi yang sudah dicincang
  • 50 gram kacang kapri
  • 2 buah daun bawang yang masing-masing sudah dipotong ¬Ĺ cm
  • 4 siung bawang merah yang sudah diiris tipis
  • 4 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 2 buah cabai merah tanpa biji dan sudah dipotong memanjang
  • 1 cm jahe dan sudah dicincang halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt margarine sebagai pengganti minyak goreng
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 5 sdm air

Panaskan margarine di atas wajan dan tumis semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan daging cincang dan masak hingga matang (sehingga tidak berair lagi). Kemudian, tambahkan kentang yang telah digoreng dan sedikit air. Jika sudah matang, masukkan kacang kapri dan daun bawang. Matikan api dan sajikan.

Resep daging sapi ini sangat simple dan dapat dimasak di rumah sebagai lauk makan siang. Penggunaan kentang sudah mewakili karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Jadi cincang ini sangat bergizi dan lezat.

Nilai Kualitas Konten