Kue Keju Jepang Yang Lembut (Japanese Cheesecake)

Resep Japanese Cheesecake
Japanese Cheesecake

Resep mami – Kue asal Jepang yang satu ini (Japanese cheese cake) sempat terkenal sekali di Indonesia, kue ini teksturnya lembut sekali dengan rasa yang agak manis. Tergantung resep toko kue masing-masing sih ya untuk rasanya, kue ini sudah ada sejak 1948 dengan nama “Uncle Tetsu” kue ini mirip dengan kue chiffon tapi kue ini lebih ringan dan lebih lembut. Penasaran bagaimana cara membuatnya? simak apa saja bahan-bahannya dan bagaimana caranya ya.

Japanese cheese cake

Bahan-bahan:

  • 40 gram kuning telur (ukur pakai timbangan)
  • 160 gram putih telur
  • 70 gram keju gouda (keju tua) potong-potong kecil
  • 20 gram whipping cream
  • 250 gram susu cair
  • 30 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir (dibagi menjadi dua bagian)
  • 5 gram brandy aprikot (pilihan)
  • Kertas minyak (kertas untuk memanggang)

Cara membuatnya:

  1. Resep ini menggunakan loyang berukuran 18 cm, setelah itu alasi bagian dalam loyang bawah dan pinggir menggunakan kertas minyak atau kertas panggang. Sisihkan dahulu.
  2. Masukan keju, whipped cream, susu dan tepung (yang sudah diayak) ke dalam panci. Lalu masak sambil diaduk-aduk sampai keju mencair dan semua bahan tercampur rata menggunakan api kecil, jangan sampai gosong ya. Setelah itu matikan api, masih dalam keadaan panas lalu masukan kuning telur dan aduk sampai rata, masukan brandy aduk lagi sampai rata.
  3. Kocok putih telur sampai berubah warna menjadi putih, lalu masukan gula pasir bagian pertama dan kocok sampai putih telur hampir kaku, lalu masukan lagi gula pasir bagian kedua dan kocok lagi sampai putih telur kaku.
  4. Masukan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan keju, aduk terus sampai rata dan tambahkan lagi putih telurnya sampai putih telurnya habis. Setelah itu masukan ke dalam loyang dan ratakan.
  5. Pemanggangan in imenggunakan teknik Au bain marie, keterangannya bisa dilihat di sini. Untuk Au bain marie gunakan air panas. Panggan adonan ke dalam oven dengan suhu 250 derajat Celcius selama 15 menit, setelah itu keluarkan lalu tekan-tekan pelan sekali bagian atasnya, setelah itu masukan lagi ke dalam oven dengan suhu oven 140 derajat celcius selama 45 menit. Dalam waktu 45 menit, keluarkan kuenya lagi  sampai 2 kali dan tekan-tekan pelan sekali diseluruh bagian atas kue, lalu masukan lagi selama beberapa menit dan keluarkan lagi sambil ditekan-tekan perlahan sekali dibagian atasnya. Setelah itu masukan lagi ke dalam oven dan tunggu sampai adonan kuenya naik (ini masih dalam waktu 45 menit ya)  setelah itu keluarkan dari oven dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Untuk cara penyajiannya bisa diolesi selai aprikot diatasnya.
  6. Selamat mencoba.

Nah itu dia penjelasan cara membuat Japanese cheese cake bunda juga bisa membua resep cake yang lain seperti Resep Cake Keju

Baca Juga : Resep Cheese Cake Yang Lezat

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “Kue Keju Jepang Yang Lembut (Japanese Cheesecake)”

Leave a Comment