Resep Kaasstengels Lembut dan Ngeju Banget

Resep Kaasstengels Lembut
Resep Kaasstengels Lembut

Resep Kaasstengels Lembut – Wah… kue kering yang satu ini memang ga kalah enak nya dari kue kering hari Raya yang lain ya. Inipun juga menjadi favorit banyak orang selain nastar. Resepmami bakalan bagikan resep kaasstengels lembut dan ngeju banget untuk buibu semua dengan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Nah untuk mendapatkan rasa yang nikmat, yang perlu diperhatikan adalah kualitas bahan nya ya buibu.

Sebelum sampai ke bahan-bahan nya, kita bahas dulu yuk. Apa sih sebenarnya kaasstengels itu?
Kaasstengels diambil dari bahasa Belanda yaitu Kaas = keju, stengels = tongkat, jadi kalau diterjemahkan itu ya tongkat keju keren nya sih cheese stick gitu ya. Nah dulu itu bikin nya pada masa penjajahan dan resep ini pun ga seutuhnya resep Indonesia karena yang bikin pertama kali adalah nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia.

Dulunya sih berbentuk panjang gitu, tapi mungkin setelah semakin lama jadi semakin pendek biar gampang makannya ya.. hihihihihi.. Bahan yang digunakan untuk membuat kaastengels ini aslinya sih memakai butter, mungkin karena di Indonesia pada saat itu belum ada butter ataupun mentega jadi menggunakan minyak goreng deh.

Baca Juga : Resep Kue Kering Lebaran yang Sayang Jika Dilewatkan

Nah untuk resep asli Dutch nya ada di sini:

Resep Kaasstengels Lembut dan Ngeju Banget

Bahan-bahan:

  • 125 gram mentega asin ( salted butter ) atau bisa juga pakai margarin kalau mau irit.
  • 2 butir kuning telur
  • 25 gram tepung maizena (ga pakai juga ga masalah )
  • 150 gram tepung serba guna (tambahkan sedikit kalau ga pakai tepung maizena)
  • 100 gram keju tua (gouda) kalau ga ada bisa pakai keju edam, diparut atau dipotong kecil-kecil sesuai selera.
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1/4 sdt baking powder (bisa diskip )

Taburan dan olesan :

  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1 butir kuning telur atau sesuaikan dengan banyak nya batang kaasstengels.

Cara membuat:

  1. Kocok butter dan kuning telur sampai lembut lalu masukan keju-kejunya dan campur menggunakan tangan aja ya biar tercampurnya lebih merata. *Kalau bisa sih hindari terlalu sering memakai mixer. Karena bisa menyebabkan kue keringnya lebih keras, setelah tercampur rata masukan tepung serbaguna, baking powder dan tepung maizena.
  2. Lalu uleni sampai adonan kalis, nah ada cara lagi nih buibu supaya adonan nya itu ga keras yaitu dengan cara memasukan tepung serbaguna nya jangan semua tapi sedikit-sedikit nah nanti kalau adonan kurang kalis, jangan ditambah tepung lagi tapi ditambah butter atau mentega aja.
  3. Setelah udah kalis bisa deh itu adonan nya dipipihkan lalu dicetak persegi panjang atau kalau mau lebih rapi lagi ya pakai cetakan kaasstengels, jangan terlalu tebal ya buibu, yang tipis aja.
  4. Nanti adonan akan mengembang kok, kalau bentuknya ga beraturan biarkan aja nanti kalau setelah dioven dan sudah dingin juga bisa mengeras.
  5. Setelah itu olesi dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut.
  6. Lalu panggang deh jangan sampai terlalu kering agar hasilnya lembut dan lumer dimulut.

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “Resep Kaasstengels Lembut dan Ngeju Banget”

Leave a Comment