Resep Kue Cubit Super Fluffy

Resep Kue Cubit - Halo moms, apa si kecil terkadang suka nakal atau jail? Kalau si kecil nakal jangan dicubit, lebih enak bikin kue cubit. Manis, lembut, dan empuk.

Resep Kue Cubit

Kue yang beberapa tahun ke belakang mulai populer ini ada yang menyebutkan berasal dari Betawi tetapi ada juga yang menyebutkan berasal dari Bandung.

Kue cubit juga mirip dengan kudapan Belanda bernama poffertjes.  Karena kepopulerannya ini, kue cubit bisa ditemukan di pasar, mal, supermarket, restoran juga sudah mulai menyediakan.

Kue cubit dinamakan seperti itu karena cara pembuatannya. Adonan yang berbahan dasar terigu, telur, dan susu dimasak dengan cetakan berbagai macam bentuk.

Ketika matang dicungkil dari cetakan dan dicubit agar tidak jatuh.

Banyak orang menyukai kue cubit yang setengah matang. Katanya kue cubit setengah matang sangat lembut dan ada sensasi lumer yang menggoda.

Akan tetapi, para dokter dan ahli kesehatan tidak merekomendasikan hal tersebut karena berpotensi menjadi sumber infeksi bakteri E.coli.

Selain itu, karena adonan kue cubit mengandung terlu mentah berpotensi juga menyimpan bakteri Salmonela. Jadi moms, konsumsi kue cubit yang matang dengan sempurna tentu lebih aman.

Ayo moms buat juga kue cubit di rumah. Cetakannya tidak harus cetakan besi seperti yang ada di penjual kue cubit lho. Moms bisa menggunakan cetakan lain yang mirip.

Yuk, baca dulu cara membuat kue cubit super fluffy dari resepmami berikut ini.

Resep Kue Cubit

Resep Kue Cubit Unik
SajianCamilan
MasakanIndonesia
KeywordResep kue cubit
Waktu persiapan30 menit
Waktu memasak20 menit
Porsi2 porsi
Kalori180 kal

Bahan-bahan membuat Kue Cubit

  • 2 butir telur
  • 150 gr tepung terigu, ayak
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 150 ml susu cair putih
  • ½  sdt baking powder
  • ¼  sdt soda kue
  • ½  sdt vanilli bubuk
  • ¼  sdt garam
  • Meises secukupnya (untuk toping)

Cara Membuat Kue Cubit:

  1. Masukkan telur dan gula ke dalam wadah kemudian kocok dengan menggunakan mixer. Gunakan kecepatan paling tinggi ya moms. Kocok terus hingga mengembang dan berwarna putih.
  2. Kecilkan kecepatan mixer ke yang paling rendah lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak, baking powder, soda kue, vanili bubuk, dan garam sedikit demi sedikit sambil terus dikocok
  3. Matikan mixer. Kemudian masukkan susu cair dan margarin yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Pastikan margarin cair sudah dingin yang moms.
  4. Aduk terus hingga rata dan tidak ada adonan yang menggumpal
  5. Tutup dengan menggunakan serbet dan diamkan selama 15 menit.
  6. Panaskan cetakan di atas api kemudian olesi dengan margarin atau jika tidak ada bisa menggunakan minyak goreng. Oles tipis-tipis saja ya moms.
  7. Masukkan adonan kue cubit hingga memenuhi ¾ cetakan. Tutup dan biarkan.
  8. Jika sudah setengah matang, tambahkan meises atau toping lain sesuai selera di atas kue cubit. Tutup kembali hingga kue cubit matang yaitu pinggirannya berwarna kecoklatan dan atasnya sudah tidak lengket lagi
  9. Kue cubit siap dihidangkan

Nah, itulah resep kue cubit yang super fluffly. Moms bisa mengkreasikan topingnya sesuai selera. Bisa menggunakan keju, marshmallow, cokelat, dan lain sebagainya.

Ajak juga si kecil untuk berkreasi.

Selamat memasak moms 🙂