Resep Kue Sus Isi Krim Nutella, Enak Banget

Resep Kue – Pagi buntik… siapa sih yang ga suka kue sus? pasti suka kan dengan kue yang satu ini. Nama Kue ini ada yang menyebutnya profiteroles, kue sus, cream puffs dan adonan nya beranama pastri choux bisa juga untuk membuat eclairs, beignets, St. Honore, sus kering, croquembouche, cruller (zeppole san giuseppe), churros ataupun gougere

Adonannya sama aja hanya ada yang untuk digoreng dan dipanggang, yang paling terkenal adalah cream puffs ini custard atau yang sering kita sebut dengan sus vla. Adonan ini aslinya dari Perancis dengan menggunakan bahan butter (kalau di Indonesia disebut mentega), air atau juga bisa menggunakan susu cair atau setengah susu cair dan setengan air, garam dan telur nya ini lumayan juga jumlahnya.

Untuk isiannya sih bisa bermacam-macam, biasanya mereka selain menggunakan custard, mereka juga menggunakan krim yang beraneka rasa. Nah, kali ini Resep mami akan membagikan resep kue sus ini dengan isian krim nutella. Masih ada yang suka nutella kan? Yuk simak resep dan cara membuatnya.

Kue Sus Isi Krim Nutella
Kue Sus Isi Krim Nutella

Resep Kue Sus Isi Krim Nutella, Enak Banget

Bahan-bahan pastri choux:

  • 100 gram mentega tawar (bisa diganti dengan margarin sih…)
  • 125 ml air
  • 125 ml susu cair
  • Secubit garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 150 gram tepung terigu
  • 4 butir telur yang ukurannya besar

Bahan coklat ganache:

  • 100 gram whipped cream cair
  • 75 gram nutella
  • 50 gram coklat batang

Bahan krim nutella:

  • 250 gram whipped cream (cair)
  • 2 sdm nutella

Cara membuatnya:

  1. Panaskan air, susu dan mentega, garam sedikit saja dan gula. Masak hingga mendidih lalu masukan tepung terigu dan aduk cepat sampai tidak lengket dipermukaan panci.
  2. Setelah itu sisihkan dulu dan biarkan dingin sebelum diberi telur. Kira-kira 5-10 menit gitu lah. Setelah dingin, masukan telurnya satu persatu sambil diaduk sampai telur habis dan adonan kalau diangkat dengan sendok membentuk V itu artinya adonan sudah siap dicetak dan dipanggang.
  3. Kalau sudah, masukan ke dalam plastik segitiga, siap dicetak di loyangau yang sudah diberi kertas baking atau yang sudah diolesi mentega dan sedikit tepung, sesuai selera seberapa besarnya, tapi kalau saya sih ya kira-kira 2-3 cm gitu. Lalu diujungnya diberi sedikit air, loyangnya dicipratin air juga boleh tapi dikit aja ya.
  4. Kalau sudah, jangan lupa oven sudah dipanaskan dulu ya biar ngembangnya sempurna. Udah deh masukan ke dalam oven sampai matang (suhu oven 180 derajat Celcius selama 20-25 menit).
  5. Setelah itu keluarkan dari oven dan dinginkan dulu sebelum memasukan krim ke dalamnya.
  6. Sambil nunggu dingin nih buntik, kita bikin krim nutella dan ganache nya dulu yuk.
  7. Untuk membuat ganache, siapkan nutella dan coklat batang yang udah dicincang ke dalam mangkuk, lalu masukan whipped cream yang sudah dipanaskan ke dalam mangkuk tersebut, tunggu beberapa menit dulu lalu aduk rata.
  8. Untuk Krim nutella nya siapkan whipped cream cair dan masukan nutella ke dalamnya, kocok sampai rata dan sampai kaku.
  9. Setelah itu lubangi bagian bawah kuenya menggunakan sumpit atau sejenisnya, masukan krim nutella nya kedalam lubang tersebut ya buntik. Setelah itu bagian atasnya masukan ke dalam ganache coklat.

*Untuk topping itu sesuai selera aja, monggo… dipraktekan. Lumayan kalau ada arisan dan acara-acara lainnya bisa untuk snack yang enak.

** Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Saus Yang Cocok Untuk Olahan Ayam

Nilai Kualitas Konten