Resep Nasi Uduk Khas Betawi Istimewa

Nasi Uduk Khas Betawi
Nasi Uduk Khas Betawi

Resep Nasi Usuk Khas Betawi – Nasi uduk itu juga bisa berarti “nasi campur” dalam bahasa Betawi, terkait dengan istilah Indonesia aduk (“campuran”). Namanya menggambarkan persiapan hidangan itu sendiri yang membutuhkan lebih banyak bahan (santan, cengkeh, serai, kayu manis, dan daun pandan). Kalau saya pribadi saya tambahkan daun jeruk purut, jadi nasi lebih wangi menggugah selera dan lebih awet.

Nasi uduk dibuat dengan memasak nasi yang direndam dalam santan sebagai pengganti air, bersama dengan cengkeh, kulit cassia, dan serai untuk menambah aroma. Terkadang daun pandan yang diikat dilemparkan ke dalam nasi sambil dikukus agar lebih harum. Santan dan rempah-rempah memberikan rasa yang kaya dan berminyak pada nasi. Bawang goreng ditaburkan di atas nasi sebelum disajikan. Hidangan lainnya biasanya disajikan sebagai lauk. Nasi uduk ini kalau dijual biasanya dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut.

Nasi uduk yang dijual di warung atau tempat makan lainnya biasanya ditawarkan dengan berbagai macam lauk, yang dipilih oleh pembeli. Nasi uduk yang sudah dikemas biasanya terdiri dari tempe orek (tempe yang digoreng dengan kecap manis), teri kacang (teri dengan kacang), dan telur dadar iris lembut, dengan sambal kacang. Kalau di Bogor biasanya ada menu tambahan berupa gorengan seperti tempe mendoan, tahu isi goreng, bakwan sayur dan masih banyak lagi.

Nasi uduk adalah hidangan populer bagi para komuter yang sibuk di Jakarta, terutama karena terjangkau (satu porsi biaya rata-rata Rp10.000 ). Itu dapat ditemukan sepanjang hari; beberapa kios pinggir jalan buka di pagi, siang, atau malam hari, tergantung pada daerah sekitarnya. Kios-kios di dekat area perumahan, pasar, stasiun kereta api, dan sekolah biasanya buka dari pagi hingga siang, sedangkan yang di dekat kantor dan pinggir jalan biasanya buka siang hingga tengah malam.

Baca Juga: Aneka Sambal Untuk Melengkapi Menu Anda

Ini dia resep nasi uduk aromatik khas betawi

Bahan-bahan:

  • Beras – 400 gram
  • Santan – 600 ml
  • Daun salam – 3 lembar
  • Serai, geprek – 1 batang
  • Jahe, geprek – 2 cm
  • Cengkih 2 butir (optional)
  • Kayu manis secukupnya (optional)
  • Lengkuas, geprek – 2 cm (optional)
  • Daun pandan selembar
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Garam – secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Cuci beras sampai bersih, ini bisa dikukus dulu atau langsung masak bersama bahan lainnya.
  2. Rebus santan, tambahkan daun salam, sere, daun jeruk, daun pandan dan rempah-rempah masak hingga mendidih.
  3. Masukkan beras, aduk aduk lalu matikan apinya.
  4. Aduk terus sampai santan terserap habis. Kukus beras selama 30 menit atau sampai matang.
  5. Memasaknya menggunakan rice cooker juga bisa ya bunda.
  6. Sajikan nasi uduk dengan pelengkap seperti sambal kacang, perkedel, telur dadar iris, orek tempe dan lain-lain sesuai selera anda.

Baca Juga: Resep Aneka Bakwan Yang Enak dan Gurih

Nilai Kualitas Konten