5 Resep Olahan Ikan Yang Banyak Disukai Orang

Kalau ada yang ingin mencari resep-resep olahan ikan bisa simak resep di bawah ini, mungkin ada yang jarang sekali memasak ikan karena belum menemukan ide cara mengolahnya. Atau juga ada yang suka makan ikan dan butuh veriasi resep ikan untuk setiap hari mengolahnya di rumah.

TONGKOL GARO RICA

Ikan tongkol selain harga nya murah rasanya juga lezat dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Apalagi ikan ini tidak memiliki banyak duri sehingga mudah dan nikmat untuk menyantapnya. Tongkol dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi,diasap enak, dikukus juga enak, apalagi kalau dimasak garo rica, pasti bikin nambah-nambah nasinya deh.

Dengan rasa manis, pedas, asin juga ditambah aroma wangi daun jeruk akan membuat anda tak sabar untuk menyantap sajian yang satu ini.Anda juga bisa menambahkan daun kemangi lho dimasakan ini, untuk variasi aja sih, ga ada salahnya untuk dicoba. Lalu, karena tongkol ini sudah memiliki rasa asin pada dagingnya jadi hati-hati ya saat menambahkan garam untuk masakan ini.

Udah ga sabar nih pengen buru-buru ngolah tongkolnya, monggo baca dengan teliti ya resepnya.

Bahan:
1 ekor ikan tongkol ukuran sedang, bersihkan dan potong-potong
2 sdm air jeruk nipis atau lemon
1/2 sdt garam
4 lembar daun jeruk wangi
4 sdm minyak goreng, untuk menumis
10 siung bawang merah, iris kasar
Air panas secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

10 siung bawang merah
10-15 buah cabai merah keriting sesuaikan dengan selera saja ya
5 siung bawang putih
3 cm jahe, lalu parut
Garam secukupnya

Cara:

Cuci bersih ikan tongkol, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, ratakan dan diamkan selama 30 menit.
Lalu, panaskan minyak dalam wajan teflon, tumis bawang merah iris, bumbu halus dan daun jeruk, aduk-aduk rata dan masak hingga harum. Masukan segelas air panas secukupnya dan aduk-aduk sampai mendidih
Masukan ikan tongkol, aduk-aduk sampai rata lalu biarkan sebentar hingga air tinggal sedikit menggunakan api kecil. Tambahkan air panas lagi secukupnya, tutupi wajan tai jangan terlalu rapat ya agar uapnya ada yang bisa keluar, jadi nanti tidak menetes dari tutupnya. Karena akan merusak rasa dan tetap masak diatas api kecil ya sambil sesekali diaduk sampai ikan tongkol matang merata dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

PEMPEK PALEMBANG

Makanan asal kota Palembang ini sudah tersebar sampai ke seluruh Indonesia. Siapa yang tidak merasakan nikmatnya sepiring pempek yang dimakannya bersama kuah cuko yang pedas segar? Apalagi kalau makannya saat siang hari, mulut berasa segar.

Kalau selama ini menikmatinya hanya beli dari rumah makan atau pedagang keliling dan kaki lima, coba deh membuatnya sendiri di rumah.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan tenggiri atau ikan gabus juga bisa dan tepung kanji, bahannya juga tidak susah dicari di pasar kan?Macamnya ada apa saja? ada pempek kapal selam yang menjadi favorit orang-orang, adonan dalam resep pempek ini bisa juga dipakai untuk membuat pempek lenjer. Pempek lenjer adalah pempek tanpa isian yang berbentuk silinder panjang.

Tips menyajikan pempek ini goreng saat belum disajikan agar tetap hangat dan tidak alot. Cara menyajikannya juga berbeda-beda, Kalau di kota Palembang menyajikan pempek dengan disiram kuah cuko, nah kalau di kota Lampung cara menyajikan pempek dipisahkan dari kuah cuko dalam mangkuk kecil dan dinikmati dengan cara disruput atau diteguk seperti kalau kita minum teh. Kalau Anda suka memakan pempek dengan cara yang mana?

Bahan:

500 gram daging ikan tengiri atau ikan gabus giling halus
100 gram tepung kanji
2 butir telur ayam ukuran sedang
6 butir telur bebek atau telur ayam untuk isian
50 ml air biasa yang bersih
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Kuah Cuko:

6 siung bawang putih iris
6 buah cabai merah iris
8 buah cabai rawit iris
100 gram gula merah iris-iris agar cepat mencair
2 sdm ebi kering ( rendam dahulu sebentar)
600 ml air biasa yang bersih
5 sdm air asam jawa atau bisa menggunakan cuka, tapi lebih nikmat menggunakan air asam jawa yang kental

Pelengkap pempek:
1 buah timun muda, potong-potong seperti kalau akan membuat acar
Mie kuning basah

Cara:

Campur daging tengiri atau daging ikan gabus,tepung kanji, telur dan air. Blender sampai tercampur rata dan halus.Lalu uleni sampai kalis. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu pipihkan, buatnya untuk sepasang-sepasang ya. Karena nanti akan dibentuk seperti kantung lalu diisi dengan telur ayam atau telur bebek dan direkatkan. Lakukan hingga jadi 6 ‘kapal selam’.
Rebus pempek kapal selam sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu goreng dengan minyak panas menggunakan api sedang, sampai kecoklatan lalu angkat dan tiriskan. Potong-potong sesuai selera.

Kuah cuko:

Campurkan semua bahan kuah cuko, lalu masak sampai mendidih menggunakan api kecil. Tata pempek yang sudah dipotong-potong di piring lalu siran dengan kuah cuko atau disajikan terpisah dengan kuah cuko.

Tips: agar pempek yang dihasilkan tidak alot, cara menguleninya jangan teralu lama dan jangan terlalu kuat.

PINDANG SERANI

Pindang serani adalah makanan khas dari kota Jepara, biasanya menggunakan ikan laut. Tapi untuk saya pribadi lebih suka menggunakan ikan bandeng karena menurut saya, ikan ini membuat kuahnya terasa gurih. Anda bisa juga menggunakan ikan-ikan laut yang lainya asalkan yang berdaging putih ya, untuk ikan salmon juga enak lho kalau dimasak pindang serani.

Bahan:

2 ekor ikan bandeng yang masih segar, cuci dan bersihkan dan potong menjadi 3 bagian

10 siung bawang merah iris-iris

3 siung bawang putih iris-iris

1 ruas jari kunyit segar

4 lembar daun jeruk wangi

1 batang serai ukuran besar, memarkan

1 lembar daun salam ukuran besar

2 cm lengkuas geprek

10 buah cabai rawit hijau atau merah, iris atau biarkan utuh sesuaikan selera

Belimbing wuluh secukupnya, atau anda juga bisa menggunakan asam jawa

Minyak untuk menumis

Air secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara:

Uleg kunyit dan daun jeruk wangi ( daun jeruk wangi jangan sampai lembut, cukup uleg kasar saja), lalu tumis bawnag merah, bawang putih, cabai rawit, serai, kunyit, daun jeruk, daun salam dan lengkuas sampai harum dan jangan sampai gosong ya. Lalu masukan air dan biarkan mendidih setelah mendidih masukan ikan bandeng, belimbing wuluh atau asam jawa dan pastikan airnya sampai menutupi ikan bandeng ya, masak menggunakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api dan beri garam dan gula, aduk-aduk pelam sampai rata lalu tutupi wajan atau panci jangan sampai rapat, sisakan ruang agar uap bisa keluar. Masak sampai air agak menyusut dan rasa ikan bandeng sudah tercampur dikuahnya.

Setelah itu matikan api, lalu pindahkan ke dalam mangkuk dan sajikan.

IKAN MAS ARSIK

 

Ikan Arsik ini adalah makanan khas dari kota Tapanuli, Sumatra Utara. Perpaduan rasa pedas, rasa asam, dan rasa manis dalam campuran bumbu kuning Arsik ini sangat cocok dengan eksotisme kuliner Indonesia. Yang unik adalah makanan ini dibuat bersama dengan sisik yang masih menempel pada ikan.

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan Mas, tapi Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan ikan lainnya contohnya ikan kakap atau ikan kembung.

Bahan:

2 ekor ikan mas masing-masing beratnya 750 gram, bersihkan dalamnya dan cuci bersih
Air jeruk nipis dari 3 buah jeruk
10 batang serai ukuran besar
1 ikat daun kemangi cuci bersih
4 buah bunga kecombrang (optional)
5 lembar daun mangkokan, sobek-sobek kecil

Bumbu halus:

10 buah cabai merah, iris-iris
10 butir bawang merah iris-iris
1 sdm andaliman (kalau ada)
6 butir kemiri yang sudah disangrai
10 cm kunyit bakar sebentar
5 cm jahe iris-iris
5 cm lengkuas, iris-iris
2 potong asam kandis
Garam secukupnya

Cara:

Lumuri ikan mas yang sudah dibersihkan dengan air jeruk nipis, rendam selama 10 menit. Setelah itu
lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, isi rongga perutnya dengan sebagian bumbu dan bunga kecombrang
Letakkan batang serai diwajan sebagai alas ikan, setelah itu letakkan ikan di atasnya. Langkah selanjutnya adalah letakkan daun kemangi, bunga kecombrang, daun mangkokan, dan asam potong.
Beri air hingga ikan benar-benar terendam.
Seperti biasa ya, masak menggunakan api yang kecil sampai air menyusut.

FISH AND CHIPS

Fish and chips ini berasal dari Negara Inggris sekitar tahun 1850an. Resep ini ada awalnya dari para pekerja yang ingin hidangan ikannya praktis, dan muncullah resep fish and chips ini. Pada awalnya ikan yang digunakan adalah jenis ikan seperti cod, flake, haddock, ataupun ray. Tapi dengan semakin menyebarnya resep ini, sampai akhirnya masuk ke benua Asia, maka semakin banyak jenis ikan yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan fish and chips ini. Hampir semua jenis ikan yang bisa dibuat fillet (irisan besar tanpa duri) dapat dijadikan bahan dasar fish and chips, dan ikannya harus ikan yang mempunyai daging putih karena dianggap tidak memiliki lemak yang tinggi dan tidak terlalu amis. Resep yang dibawah ini adonannya menggunakan beer, jadi ingin membuatkan untuk anak-anak beernya bisa diganti dengan air dingin atau air soda.

Bahan:
4 potong ikan dori atau ikan kakap yang sudah dihilangkan durinya (fillet) dna hilangkan kulitnya, kondisi ikan harus benar-benar sudah dikeringkan menggunakan kertas tissue, lalu bumbui dengan sejumput garam dan sejumput lada bubuk

Untuk adonannya :

Garam secukupnya
250 gram tepung terigu
300 ml beer (hitam atau putih sesuai selera)
1 sdt baking powder
1 sdt madu
Lada bubuk secukupnya

Bahan lain:
Minyak yang banyak untuk deep frying
Kentang ukuran besar, kupas lalu potong-potong memanjang dengan ukuran 1 cm
Air untuk merebus kentang.

Cara:
Kita membuat adonannya dulu ya, masukan tepung, beer, baking soda, madu, lada dan garam ke dalam mangkuk besar lalu kocok sampai tercampur rata. Masukan ke dalam kulkas sebentar.

Untuk kentangnya, setelah dipotong-potong rebus kentang sampai matang lalu tiriskan dan keringkan menggunakan kertas tissue. Lalu goreng menggunakan minyak yang panas dengan api kecil sampai kentang kecoklatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

Setelah itu ke bagian ikan, potong-potong ikan sesuai selera. Bumbui dengan garam dan lada secukupnya, lalu baluri dengan tepung sampai tertutup rata. Lalu masukan ke dalam adonan beer, balut sampai tertutup seluruh ikannya, goreng menggunakan minyak panas yang banyak. Goreng sampai kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
Sajikan bersama kentang goreng dan saus tartar.

 

Nilai Kualitas Konten

3 thoughts on “5 Resep Olahan Ikan Yang Banyak Disukai Orang”

Leave a Comment