Resep Sus Kering Keju Cemilan Favorit

Resep sus kering– Sugeng enjang buntik,  ada yang penasaran nih cara membuat sus kering. Cemilan yang satu ini memang bikin kita ga bisa berhenti untuk nambah lagi dan lagi. Apalagi kalau sambil nonton film dan ngeteh, nah kue-kue yang ada di Indonesia ini ga lepas dari pengaruh “aroma” resep Belanda ya. Dalam bahasa Belanda kue sus ini disebut dengan soes.

Jadi kue sus ini ada 2 macam, sus basah dan sus kering. Kalau yang sus basah yang sudah banyak kita ketahui,isinya biasanya custard, cream atau bisa jua ragut. Untuk adonannya disebut choux ( Bahasa Perancis). Cara membuatnya pun juga berbeda dari kita kalau bikin cake, kalau cake kita mengocok telur dan bahan lainnya tanpa dimasak terlebih dahulu kan?

Nah kalau sus ini, caranya dengan memasak air,mentega/margarin dan tepung. Nah perlu diketahui juga, adonan ini harus dingin terlebih dahulu sebelum kita memasukan telur dan mencampurnya. Karena kalau tidak, adonan ini akan menjadi bantat,terlebih lagi oven harus panas terlebih dahulu dan jangan lupa percikan air dan beri air pada adonan tersebut, gunanya agar tidak terbakar saat dipanggang.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat sus kering ya? sebenarnya hampir mirip sih, tapi di sini menggunakan baking powder. Oke buntik, sudah penasaran kan gimana cara buatnya dan apa saja bahan yang akan dibutuhkan nanti. Simak baik-baik resep di bawah ini ya dan ikuti resepnya.

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Kulit Lumpia dan Kulit Risoles

Resep Sus Kering
Gambar : www.instagram.com

Resep Sus Kering Keju Cemilan Favorit

Bahan bahan:

  • 65 gram tepung serba guna
  • 40 gram keju parut
  • 1 butir telur
  • 50 gram margarine
  • 125 ml air
  • 1/2 sdt BP
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya ( resep sus kering ):

  1. Rebus air, garam dan margarin sampai mendidih.
  2. Kecilkan apinya, lalu masukan tepung terigu dan aduk sampai menggumpal dan tidak lengket, lebih baik menggunakan panci anti lengket ya buntik biar ga repot.
  3. Setelah itu, lanjutkan memasak aduk terus sampai 1-2 menit. Matikan api dan pindah ke dalam wadah lain sambil diratakan biar cepet turun suhunya.
  4. Kalau sudah hangat, baru deh masukan telur nya dan kocok sampai rata. Lalu masukan keju parut dan aduk lagi sampai rata.
  5. Lalu masukan Baking Powder dan aduk lagi sampai rata ya buntik, Setelah itu masukan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit.
  6. Cetak-cetakan deh ke loyang yang udah dialasi kertas minyak atau kertas baking agar tidak lengket. Atau bisa juga mengolesi loyang dengan margarin,tapi tipis aja ya buntik. Cipratkan / Semprotkan air sedikit aja diatas adonan dan loyang.
  7. Masukan ke dalam oven yang panas nya sudah mencapai 200 derajat Celcius selama 10 menit.
  8. Setelah itu turunkan suhunya menjadi 130 derajat Celcius dan panggang sampai kurang lebih 30 menit atau sampai buihnya tidak banyak. Itu tandanya sudah kering.
  9. Udah deh buntik, angkat dan dingin kan. Masukin ke toples dan siap dinikmati sebagai cemilan favorit keluarga.
  10. Selamat mencoba!

Nilai Kualitas Konten