Resep Tang Yuan, Hidangan Wajib Imlek

Diposting pada
Tang Yuan
Tang Yuan

Resep Tang Yuan– Tahun baru Imlek adalah acara penting bagi orang-orang Tionghoa. Biasanya perayaan tahun baru imlek ini diadakan pada bulan pertama dan hari pertama pada penanggalan China dan diakhiri dengan Cap Go Meh pada saat bulan purnama. Malam tahun baru Imlek ini dikenal dengan Chuxi yang berarti malam pergantian tahun.

Adat dan perayaan imlek di Tiongkok ini sangat bermacam-macam pada tiap daerah, tapi yang paling umum dan harus ada adalah “pesta” dengan cara makan-makan bersama pada malam pergantian tahun (malam tahun baru imlek). Ada legendanya nih, jadi menurut legenda dulu itu ada raksasa pemakan manusia yang bernama Nian yang munculnya pada akhir musim dingin dan akan memakan semua hasil panen, ternak dan bahkan penduduk sekitar.

Nah, untuk melindungi diri mereka dari ancaman Nian ini, para penduduk desa ini menyediakan makanan di depan pintu rumah mereka pada awal tahun. Bertujuan agar Nian ini memakan apa yang sudah disediakan oleh penduduk desa, bukan makan hasil ternak, pertanian dan manusia. Suatu ketika ada seorang penduduk desa melihat Nian lari ketakutan melihat anak kecil yang memakai pakaian berwarna merah.

Jadilah para penduduk yakin kalau Nian itu takut dengan warna merah, jadi pada akhir tahun ini para penduduk desa sudah menyiapkan lentera, gulungan kertas yang biasa dihias di rumah-rumah mereka menggunakan warna merah. Tidak hanya itu saja, bahkan penduduk desa juga menyalakan kembang api atau petasan pada saat malam tahun baru untuk menakuti Nian. Jadi, begitu deh kira-kira legendanya. Nah, kalau sering lihat barongsai nih itulah lambang dari Nian.

Baca Juga: Resep Jjamppong, Mie Kuah Pedas Seafood Korea

Untuk menu imlek yang wajib salah satunya adalah Tang Yuan, yang mirip sekali dengan wedang ronde yang ada di salatiga. Ada yang menggunakan kuah jahe atau kuah gula,tapi mama saya sering membuatnya dengan menggunakan kuah jahe dengan isian kacang tanah dan tidak hanya saat imlek saja, tapi mama saya membuatnya saat ada yang ulang tahun . Aslinya sih isinya itu adalah wijen hitam, tapi kalau sudah untuk mendapatkannya bisa diganti dengan wijen putih biasa, kacang hijau, kacang merah atau kacang tanah yang dihaluskan. Mirip ronde kan? Penasaran dengan resepnya kan? Yuk, simak

Resep Tang Yuan, Hidangan Wajib Imlek

Bahan-bahan:

  • 200 gram wijen hitam bubuk (bisa menggunakan kacang hijau bubuk atau kacang tanah halus)
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • Bahan adonan:
  • 300 gram tepung beras ketan
  • Air hangat secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campurkan wijen bubuk dengan bahan lainnya sampai bisa dibulat-bulatkan.
  2. Aduk rata tepung ketan dan air hangat sampai kalis, pulung sedikit dan pipihkan lalu masukan bulatan kacang wijen hitam ke dalam nya dan bulatkan adonan menyerupai bola. Sisihkan
  3. Rebus air hingga mendidih dan masukan bola-bola tadi ke dalam air mendidih sampai mengapung (ini tanda bola-bolanya sudah matang). Sisihkan dan buat kuahnya, anda bisa menggunakan kuah jahe atau kuah gula (sirup gula).
  4. Nah, sudah deh bunda, gampang banget kan bikinnya, yuk di coba. Selamat tahun baru Imlek bagi yang Merayakan, semoga tahun baru ini selalu membawa berkah dan kedamaian untuk semuanya. Amin

Baca Juga: Resep Bebek Panggang Peking, Enaknya Melegenda!

Nilai Kualitas Konten