Spaghetti Bolognese Tidak Ada Di Italia? Simak Sejarahnya

Spaghetti Bolognese
Gambar : Spaghetti Bolognese

Spaghetti Bolognese – Hidangan ini adalah hidangan Italia yang sangat populer di Dunia. Topik ini sempat menghebohkan dunia maya, kenapa tidak ada menu spaghetti bolognese pada menu-menu di restoran yang ada di Negara Italia ini? dan banyak sekali orang-orang wisatawan yang berkunjung ke restoran di Italia ini kebingungan dengan menu-menu mereka yang tidak mengikut sertakan menu spaghetti alla Bolognese.

Dan sepertinya menu Spaghetti Bolognese adalah menu makanan Italia yang berada di Restoran Italia di Luar Negara ini. Baru-baru ini hidangan terkenal itu menjadi topik kontroversi online yang panas, dipicu oleh New York Times menerbitkan resep untuk saus Bolognese ‘putih’, tanpa tomat. Resep itu diciptakan oleh banyak orang Italia, terutama yang dari Bologna, di jalur perang.

Mereka dengan cepat mempertahankan cara yang ‘tepat’ dalam mempersiapkan Ragù alla Bolognese – dengan tomat sebagai salah satu bahan utama. Pertama-tama, Ragù alla Bolognese, atau saus Bolognese, hanyalah salah satu dari banyak cara yang bisa disiapkan oleh saus daging – atau Ragù – di Italia.

Ragù di Italia adalah istilah umum, digunakan untuk menunjukkan saus daging yang dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Setiap kain terdiri dari banyak bahan, yang bervariasi sesuai dengan daerah masing-masing – maka “alla Bolognese”, yang berarti dari kota Bologna.

Lalu dihidangkan hanya dengan pasta tagliatelle, pasta tortellini atau dengan pasta gnocchi, dan tidak pernah dimasak dan dihidangkan dengan pasta spaghetti. Kecuali kalau Anda memesan menu spaghetti Bolognese ini di restoran yang hanya untuk para wisatawan. Karena pasta yang teksturnya lebih tebal ini mampu menjaga konsistensi dari saus yang “berat”, contohnya Ragù alla Bolognese.

Baca Juga: Pasta Conchiglie Itu Apa Sih? Beserta Resepnya

Spaghetti Bolognese Tidak Ada Di Italia? Yuk kita simak sejarahnya….!!

Menurut Livio Cerini, salah satu penulis buku resep Italia terbesar abad kedua puluh, kita harus berterima kasih pada orang Romawi untuk gaya menyajikan saus daging yang sangat menggugah selera.

Tetapi istilah Ragù berasal dari kata Perancis ragôuter, kata kerja yang dapat diterjemahkan menjadi sesuatu seperti “untuk menambah rasa pada sesuatu”. Ini karena selama periode invasi Romawi, Galia menyusun ulang resep Romawi, mengubahnya menjadi ragout, sangat mirip dengan saus yang kita kenal sekarang.

Awalnya, saus ragù adalah sejenis sup yang dimakan sebagai hidangan utama, tetapi mereka kemudian mulai dinikmati sebagai topping roti panggang. Tentu saja, semua hidangan ragù awal ini dibuat tanpa tomat, karena tomat tidak tiba di Eropa dari Dunia Baru hingga tahun 1500-an, berkat Hernan Cortes dan Conquistadores.

Diperkirakan bahwa kelahiran resep asli untuk Ragu alla Bolognese dapat ditelusuri kembali ke akhir 1700-an. Saat itulah Alberto Alvisi, koki dari Cardial of Imola, memasak saus daging nyata berbasis tomat, yang disajikan dengan sepiring pasta makaroni. Pada awal 1800-an, resep untuk ragù berbasis tomat mulai muncul di beberapa buku masak dari wilayah Emilia-Romagna.

Namun, saat ini itu adalah hidangan yang, umumnya disediakan untuk liburan atau acara-acara khusus. Resep asli untuk saus Bolognese dibentuk selama bertahun-tahun dan versi ‘resmi’ resep itu didaftarkan oleh Akademi Masakan Italia di Kamar Dagang Bologna pada 17 Oktober 1982.

Dalam versi resmi, bacon dan susu terdaftar di antara bahan-bahan yang biasa. Susu! Mengejutkan, bukan? Tetapi apakah Anda memasukkan susu ke dalam Bolognese Anda atau tidak, satu hal utama tetap ada. Tanpa tomat, kami akan merujuk saus ini hanya sebagai ragù. Karena itu, kemarahan banyak orang Italia terhadap seorang Bologna ‘putih’. Di Italia, mungkin hanya dalam hal makanan kita sangat teknis dan tepat!

Saat ini, di Italia, saus Ragu tidak hanya dibuat dari daging :

Mereka juga dapat disiapkan dengan ikan (ikan bass dan sea bream adalah pilihan populer), sayuran dan bahkan tahu. Tapi berapa banyak jenis saus daging di luar sana? Versi yang tak terhitung jumlahnya! Beberapa orang menyiapkannya hanya dengan satu jenis daging, beberapa menggunakan bawang putih, yang lain menggunakan rosemary, dan beberapa menggunakan daging rusa. babi hutan dan bahkan domba untuk membuat saus mereka.

Terlepas dari Bolognese, versi paling terkenal dari ragù berbasis tomat mungkin dari Naples. Ragu Neapolitan, dibuat dengan tomat dan potongan daging utuh, dipotong seolah-olah itu adalah potongan rebusan. Dagingnya berasal dari hewan yang berbeda: daging sapi, sapi, dan babi. Semuanya dididihkan selama beberapa jam, hingga menjadi lunak dan lezat.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Nilai Kualitas Konten